thif-live.com

Spesial! Ayam Ingkung dan Garang Asem Bambu di Resto Tradisional Jogja

Resep Ayam Ingkung Jawa
Foto: iStock

Jakarta -

Loc: Jogja
Foto: Instagram kandangingkung (minta tolong diupload ya soalnya dari biro ga ada fotonya)
Tag: kuliner jogja, resto tradisional jogja, rekomendasi resto keluarga di jogja, ayam ingkung, kandang ingkung

Bertambah lagi destinasi wisata kuliner di Jogja. Kalau mau cicip menu spesial di restoran tradisional Jogja, coba mampir ke sini. Ada menu ayam ingkung dan garang asem bambu yang nikmat!

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jogja tak ada habisnya menawarkan pilihan makanan enak. Dari kategori menu tradisional, kamu bisa mencoba ayam ingkung yang disajikan utuh per ekor dengan bumbu gurih meresap.

Olahan ayam yang biasanya hanya tersaji saat perayaan spesial ini bisa ditemui di Kandang Ingkung Resto & Kopi. Alamatnya di RT.01, RW.27, Jitengan, Balecatur, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 10 kilometer atau 25 sampai 30 menit dari pusat kota Jogja.

ADVERTISEMENT

Letaknya yang sedikit tersembunyi dari keramaian kota Jogja membuat tempat ini sering disebut sebagai 'hidden gem'.

Akan tetapi, walaupun tempatnya yang tersembunyi, menurut pengakuan karyawannya perhari Kandang Ingkung Resto & Kopi bisa menghabiskan sekitar 200-300 ekor ayam.

Ayam Ingkung dan Garang Asem Bambu di Resto Tradisional JogjaAyam Ingkung dan Garang Asem Bambu di Resto Tradisional Jogja Foto: Instagram kandangingkung

Sesampainya di sana, kamu akan menemui tempat makan yang asri dengan suasana khas pedesaan. Ditambah menunya yang khas tradisional Jawa, membuat suasana makan masakan rumahan Jawa semakin terasa.

Ayam Ingkung dan Garang Asem Bambu jadi menu andalan

Ingkung merujuk pada makanan yang sering disajikan pada syukuran atau perayaan dalam adat Jawa. Makanan ini berupa ayam yang dimasak secara utuh tanpa dipotong-potong.

Sesuai namanya, Kandang Ingkung memiliki menu andalan yaitu 'Ayam Ingkung Spesial'. Yang membuat spesial dari ayam ini adalah cara masaknya yang diungkep dengan bumbu khas dan dimasak hingga 4-6 jam. Ini membuat bumbunya meresap sampai ketulang-tulangnya.

Ayam ini akan disajikan dengan tampah yang dilapisi daun pisang. Kamu juga bisa menambahkan menu pelengkap seperti oseng jantung pisang, oseng daun pepaya, sambal, mentimun, lalap, dan peyek bayam.

Selain Ingkung Ayam Spesial, menu ayam lain yang menjadi favorit di tempat ini adalah Garang Asem Bambu. Garang asem merupakan makanan tradisional Jawa berupa ayam yang dimasak dengan kuah gurih, segar, dan asam karena asem jawa, serta pedas. Pokoknya garang asem memiliki cita rasa yang kaya dan sangat menggugah selera.

Tetapi yang menjadi keunikan tersendiri dari Garang Asem Bambu Kandang Ingkung adalah dimasak dengan menggunakan bambu dan dibakar. Ini menambah cita rasa yang sangat khas dari bambunya yang dibakar.

Setidaknya dua menu tersebut yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Kandang Ingkung Resto & Kopi. Selain menu utama, kamu juga bisa menyantap camilan rumahan tradisional, seperti tempe garit goreng, bakwan jagung, tempe mendoan, pisang goreng kepok kuning, dan singkong keju.

Adapun minuman yang khas dari tempat ini yaitu kopi arabika gayo dan robusta lampung yang diseduh dengan rempah tradisional seperti kapulaga, jahe, dan sereh.

Harga menu di Kandang Ingkung

Ayam Ingkung dan Garang Asem Bambu di Resto Tradisional JogjaAyam Ingkung dan Garang Asem Bambu di Resto Tradisional Jogja Foto: Instagram kandangingkung

Harga yang dipatok untuk paket ayam ingkung 1 ekor di sini yaitu Rp 149.000, ini bisa untuk 4-5 orang. Sementara itu, untuk paket perorangan yaitu Rp 38.000. Paket tersebut sudah mencakup nasi gurih, oseng jantung pisang, dan sambal.

Untuk Garang Asem Bambu sendiri dibanderol dengan harga Rp 75.000. Jika kamu ingin menambah camilan, harga yang tersedia berkisar antara Rp 4.000 hingga Rp 14.000.

Uniknya, untuk minuman kopi tradisional di sini tidak dipatok harga, alias kamu bisa menikmati sepuasnya dengan membayar seikhlasnya.

Tetapi untuk minuman lain seperti es teh manis, es jeruk, es kelapa muda durian, lemon tea, es dawet pelangi, dan aneka jus buah bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 17.000.

Jika kamu ingin menikmati dan memasak sendiri ayam ingkung ini di rumah. Kandang Ingkung juga menyediakannya dalam bentuk frozen food.

Untuk ayam ingkung frozen bisa kamu bawa pulang dengan harga Rp 129.000, sementara garang asem bambu frozen bisa dibeli dengan harga Rp 79.000.

Ada Musala dan Ruang Rapat

Ayam Ingkung dan Garang Asem Bambu di Resto Tradisional JogjaAyam Ingkung dan Garang Asem Bambu di Resto Tradisional Jogja Foto: Instagram kandangingkung

Kandang Ingkung Resto & Kopi saat ini buka sebanyak empat cabang, 2 di antaranya ada di Yogyakarta. Satu yang utama terletak di RT.01, RW.27, Jitengan, Balecatur, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman. Sementara cabang satunya berada di Gentan, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Adapun untuk cabangnya di luar daerah Jogja yaitu Bekasi dan Madiun. Kandang Ingkung cabang Bekasi terletak di Jl. Mutiara Gading City, Kedungjaya, Kec. Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sementara Kandang Ingkung cabang Madiun terletak di Jl. Raya Dungus KM 2, Mojopurno, Wungu, Madiun.

Untuk dua lokasi di Jogja, jam bukanya sama dari pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB. Sementara itu untuk cabang Madiun buka dari jam 10.00 sampai 18.00 WIB dan cabang Bekasi buka dari jam 12.00 sampai 20.00 WIB.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti tempat makan lesehan, kursi kayu di luar ruangan, serta kursi kayu di dalam bangunan limasan yang khas.

Bahkan di sana juga tersedia ruang rapat jika kamu berniat membawa kolega untuk rapat di Kandang Ingkung sembari menikmati kulinernya yang nikmat.

Fasilitas lainnya juga mencakup musala, kamar mandi, dan lain sebagainya. Area bermain anak juga tersedia di sini dengan karpet rumput sintetis dan Wall of Hope. Anak-anak juga bisa bisa bermain panahan yang tersedia gratis.

Artikel ini sudah tayang di detikjogja dengan judul "Kandang Ingkung, Tempat Makan Tradisional Hidden Gem di Jogja"



Simak Video "Nostalgia Kuliner Jadul di Pasar Kangen Jogja"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Terkini Lainnya

  • Ayam Ingkung dan Garang Asem Bambu jadi menu andalan

  • Harga menu di Kandang Ingkung

  • Ada Musala dan Ruang Rapat

Tautan Sahabat