thif-live.com

Istimewa! Kopi Arabica dari Desa Bulukerto Ditanam di Lereng Gunung Arjuno

Kopi Arabica Andalan Desa Bulukerto Kota Batu
Foto: Istimewa (Dok Prokopim_KWB)

Kota Batu -

Warga Desa Bulukerto di Kota Batu kini menanam kopi Arabica yang sekaligus meningkatkan ekonomi. Hasil kopinya istimewa berkat ditanam di lahan lereng Gunung Arjuno.

Memanfaatkan lahan agar semakin produktif dengan menanam kopi kini dilakukan warga Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Salah satunya Oktavian Dwi Suhermanto yang punya lahan 2.500 meter persegi dan kini siap panen.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, saat pelaksanaan panen perdana Sabtu (7/7/2024), mengaku kagum dengan semangat warga Bulukerto yang menjadikan lahan di Lereng Gunung Arjuno lebih produktif dengan menanam kopi jenis Arabica.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ini sudah kita canangkan di tahun lalu. Dengan menanam kopi, tanah lebih produktif dan dapat mencegah terjadinya banjir dan longsor dengan mekanisme tumpangsari," ujarnya, Selasa (9/7/2024).

Dengan pertanian sistem tumpang sari, Desa Bulukerto menghasilkan kopi dengan rasa kopi yang berbeda. Alhasil kopi Bulukerto yang berada di lereng Gunung Arjuno ini punya rasa khas yang tidak dimiliki daerah lainnya.

ADVERTISEMENT
Kopi Arabica Andalan Desa Bulukerto Kota BatuKopi Arabica Andalan Desa Bulukerto Kota Batu Foto: Istimewa (Dok Prokopim_KWB)

Selain itu, lanjutnya, dengan menanam kopi perekonomian masyarakat akan semakin meningkat, mengingat tingginya harga kopi dan masih banyaknya peluang pemasaran kopi baik dalam dan luar negeri.

Produk kopi berupa bubuk maupun biji-bijian atau green bean mampu dijual dengan harga cukup tinggi. Untuk produk kopi bubuknya ada 2 yaitu 100 Gram harganya Rp 20 ribuan dan 200 Gram harganya Rp 40 ribu. Sedangkan untuk produk olahan green bean, harganya mencapai Rp 350 ribu per 5 Kg-nya.

Aries berharap kopi akan menjadi produk unggulan Kota Batu. Tak hanya itu, lahan kopi yang tersebar di Kota Batu diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata andalan untuk meningkatkan jumlah wisatawan.

"Ini sudah mulai dikembangkan di Desa Bulukerto, dan kita berharap akan menjadi destinasi wisata baru yang semakin meningkatkan jumlah wisatawan ke Kota Batu," tandasnya.

Artikel ini sudah tayang di detikjatim dengan judul Kopi Arabica Khas Desa Bulukerto Jadi Andalan Warga Kota Batu

(adr/adr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat