thif-live.com

Viral Wanita Ngamuk Minta Susu UHT Dingin, Benar Harus Didinginkan?

Mengenal Perbedaan Susu Evaporasi, Susu UHT, dan Kental Manis
Foto: Getty Images/alvarez

Jakarta -

Sebuah video viral memperlihatkan wanita ngamuk gegara susu UHT yang diterimanya tidak dingin. Memangnya susu UHT harus selalu dingin dan disimpan dalam kulkas? Begini jawabannya!

Susu UHT belakangan jadi perbincangan gara-gara video viral beredar di media sosial. Video itu memperlihatkan seorang wanita mengamuk ke kasir minimarket karena susu UHT pesanannya tidak dingin.

Wanita itu membeli susu UHT ukuran 1 liter. Namun, ia marah karena saat memesan menggunakan kurir, susu UHT yang diterima tidak dingin. Menurutnya, semua susu kotak harus disimpan di kulkas, termasuk susu UHT.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Viral ibu marah-marah beli susu UHT tak dingin.Viral ibu marah-marah beli susu UHT tak dingin. Foto: Tangkapan layar viral

Kejadian ini membuat netizen ramai membahas soal perlu atau tidaknya susu UHT disimpan di kulkas. Pada dasarnya, susu UHT boleh-boleh saja jika memang ingin disimpan di kulkas. Namun, hukumnya tidak wajib.

Mengutip berbagai sumber, susu UHT masih bisa disimpan di suhu ruang selama kemasannya belum pernah dibuka.

ADVERTISEMENT

UHT sendiri merupakan singkatan dari ultra high temperature. Artinya, pembuatan susu telah terkena panas lebih tinggi dari 137 derajat Celcius jika dibandingkan dengan susu pasteurisasi biasa.

Proses pembuatan di atas membuat susu UHT aman jika disimpan di suhu ruang, bahkan dalam waktu lama, asalkan dengan kemasan yang masih tertutup.

Pasalnya, suhu panas tinggi saat susu diproduksi telah membunuh bakteri dan menstabilkannya hingga tahan dari pembusukan.

Promo Susu Kotak di Transmart CarrefourSusu UHT tidak wajib dimasukkan ke dalam kulkas. Foto: Dok. Transmart Carrefour

Susu jenis ini juga dikemas dalam kemasan aseptik yang tidak memungkinkan bakteri masuk ke dalamnya.

Namun, jika kemasan telah dibuka, maka susu UHT harus disimpan di dalam kulkas.

Selain itu, waktu konsumsi atau penggunaannya juga jadi lebih pendek sekitar 7-10 hari dari yang tertera pada kemasan.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul Viral Gegara Wanita Ngamuk, Perlukah Susu UHT Disimpan dalam Kulkas?

(adr/adr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat