thif-live.com

Kuotie dan Gyoza Serupa Tapi Tak Sama, Apa Bedanya?

Kuotie Shantung AA87 yang viral di Taman Sunter Indah
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Daftar Isi
  • Perbedaan Kuotie dan Gyoza
  • 1. Asal Daerah 2. Ketebalan Kulit dan Ukuran 3. Penggunaan Saus
Jakarta -

Kuotie dan gyoza adalah dua hidangan yang serupa tapi tak sama. Keduanya adalah masakan berupa daging cincang yang dilapisi kulit tepung terigu. Dua-duanya pun termasuk dalam kategori makanan dimsum.

Oleh karena itu, tak heran jika masih banyak yang bingung dengan perbedaan kuotie dan gyoza.

Tak usah bingung lagi, simak perbedaan kuotie dan gyoza di artikel berikut ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perbedaan Kuotie dan Gyoza

Resep Gyoza Goreng Isi Ayam UdangFoto: iStock

Apa perbedaan kuotie dan gyoza? Sebenarnya, keduanya merupakan variasi dari jiaozi (餃子), dumpling yang berasal dari Tiongkok. Isinya pun cukup mirip, yaitu daging yang sudah digiling, bawang putih, dan sayur-sayuran.

Lalu, apa yang membedakan keduanya?

ADVERTISEMENT

1. Asal Daerah

Mengutip Taste Atlas, kuotie atau guotie (锅贴) adalah jenis jiaozi yang digoreng. Kuotie berasal dari Tiongkok bagian utara.

Bagaimana dengan gyoza? Mengutip byFood, gyoza (餃子) adalah variasi jiaozi yang berasal dari Jepang. Jika diperhatikan, huruf yang digunakan untuk kata "gyoza" sama dengan huruf untuk "jiaozi".

Gyoza diperkenalkan ke Jepang dari Tiongkok pada awal tahun 1800-an. Tetapi, di Jepang, gyoza belum dikonsumsi secara luas sampai setelah Perang Dunia II. Tentara Jepang yang pulang dari perang rindu akan makanan street food Tiongkok yang murah, sehingga banyak restoran pun mulai menjual gyoza.

2. Ketebalan Kulit dan Ukuran

Perbedaan lain antara kuotie dan gyoza adalah ketebalan kulit yang melapisi isinya. Mengutip The Kitchn, isian gyoza dilapisi kulit tepung terigu yang lebih tipis dan lebih rapuh. Isinya pun memiliki tekstur yang lebih halus.

Selain itu, gyoza pun rata-rata berukuran lebih kecil daripada kuotie. Satu potong gyoza bisa dihabiskan dalam 1-2 gigitan saja.

3. Penggunaan Saus

Baik kuotie maupun gyoza sama-sama dimakan dengan saus, tetapi saus yang digunakan berbeda.

Mengutip Sporked, kuotie umumnya dihidangkan dengan saus yang terbuat kecap, cuka beras, cuka hitam, atau minyak wijen.

Sementara gyoza disajikan dengan saus yang terbuat dari kecap, cuka beras, minyak wijen, minyak cabai, dan bawang putih. Gyoza juga kadang disajikan dengan ponzu, semacam saus celup berbasis jeruk.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi dengan perbedaan kuotie dan gyoza, ya. Keduanya merupakan variasi dari jiaozi, dumpling asal Tiongkok. Gyoza berukuran lebih kecil dari kuotie serta kulitnya lebih tipis. Selain itu, saus yang digunakan pun berbeda.



Simak Video "Nikmatnya Kuotie Khas Tiongkok"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat