thif-live.com

6 Bumbu Masak Yang Harus Dibatasi ketika Cuaca sedang Panas

5 Manfaat Ginger Shot, Seteguk Sari Jahe yang Bikin Badan Bugar
Jahe, salah satu bumbu yang penggunaannya sebaiknya dibatasi saat cuaca panas. Foto: Getty Images/HandmadePictures

Daftar Isi
  • Bumbu Masak yang Harus Dibatasi ketika Cuaca Panas
  • 1. Jahe 2. Asafoetida/Hing 3. Cabai 4. Cengkih 5. Bawang Putih 6. Lada Hitam Bubuk
Jakarta -

Bumbu masak atau rempah memang dikenal dengan manfaatnya untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Namun ada bumbu yang sebaiknya dihindari atau digunakan seminimal mungkin.

Dikutip dari laman Dinas Kesehatan DIY, cuaca panas seperti di bulan April-Juni 2024 membutuhkan persiapan matang. Konsistensi untuk menjaga imunitas dan konsumsi makanan sehat adalah jurus jitu untuk menaklukannya.

Bumbu Masak yang Harus Dibatasi ketika Cuaca Panas

Dikutip dari laman Hindustan Times, berikut 5 bumbu masak yang konsumsinya harus dipertimbangkan saat suhu lingkungan meningkat:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Rempah ini sudah dikenal bisa menghangatkan dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Penggunaan jahe pada masakan akan memanaskan sistem tubuh khususnya pada pengidap masalah darah, pencernaan, hormon, dan metabolisme. Detikers tetap bisa menggunakan rempah ini dalam jumlah sedikit pada varian kering.

ADVERTISEMENT

2. Asafoetida/Hing

Asafoetida adalah penguat rasa yang sering digunakan dalam makanan India. Bumbu ini juga dikenal bisa untuk meningkatkan metabolism tubuh. Asafoetida sebaiknya jangan dikonsumsi di musim panas khususnya untuk pasien radang darah, pencernaan, hormon, dan metabolisme.

3. Cabai

Peningkatan risiko heat stroke mungkin terjadi ketika komposisi cabai pada masakan terlalu banyak. Hindari penggunaan kelompok cabai pada makanan seperti cabai merah, cabai hijau, dan paprika baik fresh atau bubuk secara berlebihan untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Cengkih

Kandungan minyak atsiri cengkih (eugenol) perlu diperhatikan karena dapat menyebabkan masalah pendarahan seperti wasir, menoragia, dan epistaksis. Rempah ini berbahaya bagi orang pitta karena memiliki karakteristik yang panas sehingga tidak cocok untuk musim panas.

5. Bawang Putih

Bumbu masak utama dalam masakan Indonesia ini khas dengan rasa dan baunya yang menyengat. Konsumsi bawang putih berlebih dapat menyebabkan panas dan keringat dalam jumlah besar yang meningkatkan potensi heat stroke. Konsumsi 1 atau 2 siung bawang putih masih bisa ditolerir selama memasak di cuaca panas.

6. Lada Hitam Bubuk

Lada hitam bubuk dikenal dengan cita rasa pedas yang mampu menghangatkan suhu tubuh. Meski memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan dan kontrol gula darah, konsumsi lada hitam bubuk perlu diperhatikan terutama pada cuaca panas seperti saat ini.

Dengan informasi seputar bumbu masak yang penggunaannya sebaiknya dibatasi selama cuaca panas, detikers bisa mencari alternatif rempah pengganti. Detikers juga bisa memilih makanan yang lebih cocok dikonsumsi saat suhu panas.



Simak Video "Kunci Kelezatan Iga Bakar Bumbu Rempah Khas Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat