thif-live.com

Agar Diet Sukses, Terapkan 5 Tips Merencanakan Menu yang Mudah Ini

Agar Diet Sukses, Terapkan 5 Tips Merencanakan Menu yang Mudah Ini
Foto: Getty Images/Phoenixns

Jakarta -

Ketika melakukan diet dibutuhkan perencanaan menu makanan yang baik. Lima tips ini bisa ditiru dan dipraktikkan agar target diet tercapai.

Menjalani diet bukan hal yang mudah untuk dilakukan seperti yang bisa terlihat. Agar diet berhasil ada beberapa cara yang tak boleh ditinggalkan oleh pelakunya.

Mulai dari kesiapan komitmen, mengendalikan nafsu makan dengan kuat, hingga merencanakan menu makan secara presisi agar tak mengganggu program diet yang dilakukan. Biasanya merencanakan menu makan masih sulit dilakukan karena perhitungan yang kurang tepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Audra Wilson, selaku ahli gizi bariatric, mengatakan ada beberapa hal yang seharusnya sudah diperhatikan sejak membeli bahan makanan. Tips sederhana ini perlu dicatat dan diterapkan jika ingin diet berhasil dan hasilnya lebih efektif.

Baca juga: Beli Dendeng Babi Populer, Pelanggan Ini Kecewa Dapat Dendeng Super Alot

ADVERTISEMENT

Berikut in 5 tips merencanakan menu makan saat diet mengutip Northwestern Medicine:

Agar Diet Sukses, Terapkan 5 Tips Merencanakan Menu yang Mudah IniUntuk merencanakan menu makan, dapat dimulai dengan memilih beberapa menu yang diinginkan selama waktu tertentu. Foto: Getty Images/Phoenixns

1. Mulai dari yang kecil

Wilson mengatakan bahwa merencanakan menu makan bukan hal yang mudah. Apalagi jika hendak membuat perencanaan selama satu minggu yang artinya sudah harus menyiapkan ide makanan selama 7 hari kedepan.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memilih 2 sampai 3 jenis hidangan yang akan disajikan dalam satu minggu. Hindari untuk memilih menu terlalu banyak yang akhirnya justru membuat bingung saat menyiapkannya.

"Mengatur perencanaan menu makan itu sangat membingungkan. Mulailah dengan memilih dua atau tiga menu untuk disiapkan selama seminggu ke depan sebagai tujuan utamanya," kata Wilson.

2. Pola isi piring makan

Biasanya ketika memikirkan menu makan, pelaku diet juga akan kebingungan dengan menu-menu pendampingnya. Maka dibutuhkan keahlian untuk memetakan isi piring makanan yang akan disajikan.

Antara protein, karbohidrat, hingga sayuran pelengkap harus selalu ada dalam piring. Hanya saja komposisinya yang dapat disesuaikan tergantung kebutuhan tubuh dan pola diet yang sedang dijalankan.

Salah satu tips memetakan isi piring makan juga diberikan oleh Wilson yaitu:

25% protein rendah lemak
25% asupan karbohidrat, dan
50% sayuran non-pati

Tips lainnya ada di halaman berikutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat