thif-live.com

Sering Makan Mie Instan Bisa Picu Batu Ginjal, Ini Faktanya

Efek makan mie
Foto: Getty Images/iStockphoto

Jakarta -

Rasa mie yang gurih sering membuat orang ketagihan. Ada juga anggapan sering konsumsi mie Bisa sena kan batu ginjal. kerap disukai, Ini kata ahli.

Banyak orang menyukai mie karena rasanya yang enak dan memberikan efek yang mengenyangkan. Pada beberapa negara Asia, konsumsi mie menduduki peringkat tinggi.

Sebut saja di Jepang, ada mie yang kini dikenal dengan sebutan ramen. Ramen berkuah kaldu gurih ini disukai banyak orang, bahkan populer di negara lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari Food NDTV (27/5), meski rasanya enak, tapi mengonsumsi mie juga tak boleh sembarangan. Beberapa aturan tentang mengonsumsinya harus diperhatikan.

Pembahasan mengenai efek mengonsumsi mie bisa cms cakue banyak hal. Salah satunya adalah berisiko meningkatkan terbentuknya batu ginjal.

ADVERTISEMENT
Efek makan mieEfek makan mie Foto: Getty Images/iStockphoto

Seorang influencer media sosial berusia 24 tahun bernama Lucy Mourad dirawat di rumah sakit karena batu ginjal. Hal ini terjadi setelah dilaporkan ia sering memakan mie Buldak.

Mourad mengatakan pada sebuah wawancara baru-baru ini bahwa dia telah makan lebih banyak ramen selama beberapa bulan terakhir. Setelahnya, ia mulai mengalami gejala seperti sakit punggung dan sakit perut.

Tak hanya gejala tersebut, tapi Mourad juga memperhatikan perubahan pada urinnya. Untuk itu, Mourad memperingatkan netizen untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi mie.

Kandungan natrium pada mie instan sangat banyak. Padahal, USDA telah merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram per hari.

Sedangkan, mie yang dikonsumsi Mourad adalah ramyun buldak dengan kandungan 1.280 miligram natrium per porsinya. Sudah setengah dosis harian yang dianjurkan.

Viralnya pengalaman Mourad, Dr Anthony Youn memberikan tanggapan serupa. "Bagaimana mie ramen dapat menyebabkan batu ginjal," ujar Dr. ypi.

Menurut Dr Vikram Kalra ramen, seringkali tinggi natrium dan rendah nilai gizinya, dapat berkontribusi pada perkembangan batu ginjal.

Tingginya natrium pada ramen berpotensi meningkatkan kadar kalsium urin, yang bila dikombinasikan dapat menyebabkan batu ginjal. Selain itu, mie ramen juga kekurangan mineral penting seperti sitrat dan magnesium, yang mendukung kesehatan fungsi ginjal secara keseluruhan dan mengurangi risiko batu ginjal.

Agar tetap aman dikonsumsi, Dr.Vikram membagikan tips mencegah batu ginjal. Minum air yang cukup adalah kuncinya. Penting juga mengimbangi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi.



Mie Ayam Porsi Jumbo di Tebet yang Jadi Langganan Artis

Mie Ayam Porsi Jumbo di Tebet yang Jadi Langganan Artis


(yms/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat