thif-live.com

Jebena Buna, Tradisi Minum Kopi di Ethiopia yang Disajikan Wanita

Jebena Buna
Foto: iStock

Jakarta -

Sebagai tempat lahirnya kopi, Ethiopia memiliki tradisi minum kopi yang disebut Jebena Buna. Ini dilakukan dengan minum 3 cangkir kopi dalam sekali duduk.

Ethiopia merupakan tempat biji kopi bermula. Di sana ada seorang gembala bernama Kaldi yang hidup sekitar tahun 800 SM. Saat itu, ia tengah melihat kambing-kambingnya makan buah berbentuk berry.

Setelah makan buah tersebut, kambing-kambingnya menjadi lebih aktif bahkan sampai tak bisa tidur sepanjang hari. Kaldi pun penasaran dan mencoba membuat minuman dari buah itu yang kini dikenal jadi biji kopi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sejak saat itu populerlah kopi hingga ke berbagai negara. Bahkan setiap negara memiliki jenis kopi dan tradisi minum kopi sendiri, termasuk Ethiopia.

Dikutip dari Unorthodox Review (24/02/23) berikut faktanya!

1. Apa itu Jebena Buna?

Jebena BunaJebena Buna tradisi minum kopi di Ethiopia. Foto: iStock

Tradisi minum kopi di Ethiopia ini disebut Jebena Buna. Kata Jebena Buna diambil dari bahasa Daerah Amharik. Tradisi ini dilakukan dengan minum 3 cangkir kopi hitam tubruk dalam sekali duduk.

ADVERTISEMENT

Biasanya disajikan ketika tamu datang ke rumah. Kopi pertama disebut Arbol, kopi ini dianggap sebagai sajian kopi dengan cita rasa paling kuat sekaligus paling baik.

Biasanya, kopi pada cangkir pertama rasanya agak ringan, tapi kental. Selain itu, karakteristiknya earthy dan oily di saat bersamaan.

Kopi kedua disebut Tona. Kopi ini diseduh dengan sisa bubuk kopi yang diseduh kembali. Kemudian, ada kopi cangkir ketiga disebut Bereka. Ini merupakan seduhan kopi terakhir sebelum tamu itu pulang.

2. Dimulai dari green bean

Jebena BunaJebena Buna memakan waktu panjang selama proses penyajian. Foto: iStock

Tradisi minum kopi secara tradisional di Ethiopia pada prinsipnya diciptakan bagi mereka yang sedang tak terburu-buru dan ingin menikmati kopi dengan nikmat.

Pasalnya persiapan tradisi minum kopi ini terbilang lama. Dimulai dari tahap yang benar-benar mendasar, yakni kopi green bean yang harus dibersihkan oleh seorang wanita.

Wanita tersebut memakai pakaian tradisional ketika membersihkan biji kopi. Kemudian, biji kopi disangrai di atas arang panas. Setelah itu, biji kopi akan digiling kasar dengan tangan di atas mortar dan alu.

Fakta Jebena Buna ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Cari Makanan Murah di SCBD? Coba ke Kantin Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

  • Ngopi Yuk!

  • Dikutip dari Unorthodox Review (24/02/23) berikut faktanya!

  • 1. Apa itu Jebena Buna?

  • 2. Dimulai dari green bean

  • Fakta Jebena Buna ada di halaman selanjutnya.

Tautan Sahabat