thif-live.com

4 Cara Membekukan Ikan agar Tidak Mudah Hancur dan Tetap Enak

albacore on ice background
Ilustrasi cara membekukan ikan. Foto: iStock

Daftar Isi
  • 4 Cara Membekukan Ikan Segar agar Tidak Hancur saat Dimasak
  • 1. Dibungkus dengan Vakum 2. Dibungkus Menggunakan Kertas Freezer 3. Ikan Dibungkus dengan Plastik 4. Mencelupkan Ikan ke Dalam Air Es
  • Berapa Lama Ikan Beku Bisa Disimpan Dalam Kulkas?
Jakarta -

Cara membekukan ikan yang tepat memungkinkan bahan ini tidak mudah hancur saat diolah. Umur simpan dan kualitas ikan juga terjaga dengan baik sehingga menghasilkan rasa yang enak.

Sebaliknya, tahap pembekuan yang salah berisiko menyebabkan ikan berbau tengik dan hancur saat dimasak. Akibatnya, rasa masakan menjadi tidak enak.

4 Cara Membekukan Ikan Segar agar Tidak Hancur saat Dimasak

Dilansir dari laman Meat Eater, berikut langkah yang harus dilakukan sebelum mulai membekukan ikan:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

  • Memilih ikan yang benar-benar segar (mata terlihat jernih dan daging masih empuk).
  • Membersihkan dan membuang isi perut sekaligus insang ikan.
  • Menguliti ikan jika kulitnya berlendir.
  • Memotong ikan sesuai porsi hidangan.
  • Mencuci dan menjaga daging ikan tetap bersih.

Tahap ini harus dilakukan untuk mencegah kerusakan ikan saat dibekukan. Persiapan yang baik mencegah ikan rusak dan tetap berkualitas saat dibekukan hingga dimasak.

Jika langkah persiapan ini sudah selesai, ikan bisa dibekukan dengan metode berikut:

ADVERTISEMENT

1. Dibungkus dengan Vakum

Membungkus dengan vakum adalah cara efektif membekukan ikan agar tidak mudah hancur dan tetap rapi. Cara ini juga simpel, karena cukup dengan memilih kantong vakum sesuai ukuran ikan.

Ikan yang dibekukan dengan cara ini perlu dicek berkala untuk menjamin ujung es tidak merobek kantong atau segel. Udara yang masuk lewat kantong atau segel yang bolong berisiko menyebabkan ikan busuk dan terkontaminasi.

2. Dibungkus Menggunakan Kertas Freezer

Dikutip dari the Spruce Eats, kertas freezer memiliki lapisan plastik dan kertas biasa. Bagian plastik berfungsi mengunci kelembaban, sedangkan kertas menjadi tempat menuliskan nama makanan.

Kertas freezer cocok digunakan dalam mesin pembeku dengan berbagai jenis makanan. Cara ini diklaim membantu ikan beku tahan lebih lama dengan kualitas lebih baik daripada metode vakum.

3. Ikan Dibungkus dengan Plastik

Membungkus ikan dengan plastik dapat mencegah kontaminasi jamur dan bakteri. Ikan yang telah dibersihkan dan dibungkus plastik dijamin awet di dalam freezer selama pembungkusnya tidak rusak.

4. Mencelupkan Ikan ke Dalam Air Es

Membekukan ikan segar dengan cara ini dilakukan dengan cara mencelupkan ke dalam air dingin, lalu memasukkannya dalam freezer. Ikan disusun dalam loyang dan dibekukan pada suhu paling dingin agar kualitasnya terjaga.

Setelah membeku, ikan dicelupkan lagi dalam air es hingga memiliki ketebalan 3,175-6,35 mm. Metode ini hanya bisa dilakukan pada freezer dengan suhu paling dingin dan stabil.

Berapa Lama Ikan Beku Bisa Disimpan Dalam Kulkas?

Ikan segar yang dibekukan sebetulnya bisa tahan hingga satu tahun. Namun, ikan beku yang akan dikonsumsi sebaiknya tidak disimpan lebih dari 6 bulan. Terutama untuk ikan dengan kandungan lemak tinggi, misal salmon dan sarden.

Jika akan diolah, ikan beku sebaiknya tidak langsung dipaparkan pada suhu ruangan. Dikutip dari laman Fresh Seafood, berikut tipsnya agar ikan beku tidak hancur saat dimasak:

  • Pindahkan dari freezer ke kulkas biasa lebih dulu.
  • Ikan beku bisa dicairkan di wadah berisi air mengalir selama 20 menit-1 jam.
  • Sebaiknya ikan dikeluarkan selama 24 jam dari freezer sebelum dimasak.
  • Setelah es mencair, ikan bisa dikeluarkan dari pembungkus lalu diolah.

Artikel cara membekukan ikan ini semoga dapat memperluas wawasan detikers terkait metode penyimpanan dan pengolahan ikan. Jika disimpan dengan baik, ikan dapat bertahan lama dengan kualitas dan rasa yang baik.



Simak Video " Pedas Gurih Mangut Ikan Manyung dari Pati yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat