thif-live.com

7 Rekomendasi Gudeg Enak di Jakarta, Ada yang Buka Sejak 1960-an

Gudeg Gejayan Mbak Sasha, sajikan gudeg basah dengan racikan cenderung gurih dan krecek yang pedas.
Gudeg. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Daftar Isi
  • Rekomendasi Gudeg Enak di Jakarta
  • 1. Gudeg Pak Atmo 2. Gudeg Bu Harjo 3. Gudeg Bu Tinah 4. Gudeg Pejompongan 5. Gudeg Kandjeng 6. Gudeg Bu Tjitro 7. Gudeg Jogja Ibu Sudji
Jakarta -

Gudeg merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Meski aslinya dari Jogja, tapi gudeg sudah menyebar ke berbagai kota di Tanah Air, salah satunya Jakarta.

Bahkan, ada beberapa tempat makan gudeg yang buka sejak puluhan tahun lalu dan masih eksis sampai sekarang. Wow!

Jadi, daripada harus pergi jauh-jauh ke Jogja untuk menikmati sepiring gudeg dan krecek, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat makan gudeg yang ada di Jakarta. Simak rekomendasinya dalam artikel ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rekomendasi Gudeg Enak di Jakarta

Sebenarnya, cukup banyak tempat makan gudeg yang tersebar di Jakarta. Daripada bingung memilihnya, telah merangkumnya berdasarkan rasa, harga, dan tempat.

Berikut sejumlah rekomendasi gudeg enak di Jakarta:

ADVERTISEMENT

1. Gudeg Pak Atmo

Rekomendasi yang pertama adalah Gudeg Pak Atmo. Sebagai informasi, tempat makan gudeg ini sudah berdiri sejak 1963, lho.

Rumah makannya buka sejak pukul 08.00-17.00 WIB. Sang peracik, Pak Atmo, konon merupakan kepala koki di Istana Mangkunegaraan pada 1927 lalu.

Ciri khas dari gudeg di sini adalah rasanya tidak terlalu manis dan agak basah. Lalu, tekstur gudegnya juga empuk dengan potongan kecil-kecil.

Untuk menunya, nasi gudeg bisa ditambah dengan krecek, telur, tahu, dan ayam. Harga seporsi gudeg dijual mulai dari Rp 40 ribuan.

Bagi detikers yang ingin mencicipinya langsung, Gudeg Pak Atmo terletak di Jalan Gandaria 1 Persil 2, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Gudeg Pak Atmo juga sudah bisa dipesan lewat aplikasi ojek online.

2. Gudeg Bu Harjo

Rekomendasi berikutnya adalah Gudeg Bu Harjo. Tempat makan gudeg yang satu ini juga disebut legendaris karena sudah buka sejak tahun 1960. Sampai sekarang, Gudeg Bu Harjo telah dikelola secara turun temurun.

Harga seporsi nasi gudeg dan krecek mulai dari Rp 20 ribuan. Jika ditambah lauk telur sekitar Rp 28 ribuan, sedangkan dengan lauk ayam kampung suwir sekitar Rp 40 ribuan.

Gudeg Bu Harjo beralamat di Cikini Gold Center, Jalan Pegangsaan Timur No.7, Jakarta Pusat. Gudeg yang buka dari pukul 09.00-16.00 WIB ini juga bisa dipesan secara online lewat aplikasi ojol.

3. Gudeg Bu Tinah

Kurang lengkap rasanya kalau membahas gudeg enak di Jakarta namun tidak memasukkan nama Gudeg Bu Tinah.

Bagi yang belum tahu, gudeg yang dijajakan di kaki lima di kawasan Stasiun Gondangdia ini jadi menu favorit banyak tokoh ternama, mulai dari Soekarno, Megawati, sampai Erick Thohir.

Kabarnya, Gudeg Bu Tinah sudah buka sejak 1970-an. Lauk yang ditawarkan di sini juga lengkap dan menggugah selera pelanggan. Sebab, lauk-lauknya dijajakan di baskom berukuran besar.

Seporsi nasi gudeg dan telur dijual mulai dari Rp 30 ribuan. Kalau menggunakan ayam paha atau dada, harganya sekitar Rp 40 ribuan.

Sama seperti kedua tempat gudeg sebelumnya, Gudeg Bu Tinah juga sudah bisa dipesan dari aplikasi ojek online.

4. Gudeg Pejompongan

Satu lagi tempat makan gudeg legendaris di Jakarta, yaitu Gudeg Pejompongan. Sudah ada sejak 1964, gudeg ini menawarkan berbagai lauk yang menggugah selera.

Seporsi nasi gudeg komplet dihargai sebesar Rp 50 ribuan. Isinya ada gudeg, krecek, telur, dan ayam opor. Perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas bikin banyak orang ketagihan.

Kalau lauknya kebanyakan, kamu bisa memilih paket nasi gudeg dengan telur dan ati ampela. Penasaran ingin mencicipinya? Segera datang langsung ke jalan Bendungan Hilir Blok G2 No.15.

Gudeg Pejompongan buka sejak pukul 07.30-19.30 WIB. Jika tak sempat membelinya secara langsung, kamu bisa pesan secara online lewat aplikasi ojol.

5. Gudeg Kandjeng

Gudeg Kandjeng bisa menjadi salah satu pilihan menarik jika ingin mencicipi manisnya gudeg dan pedasnya krecek. Tempat makan yang buka pada 2008 ini memang belum terhitung legendaris, namun penggemarnya tak kalah banyak.

Sebab, Gudeg Kandjeng punya ciri khas tersendiri, yaitu teksturnya yang agak basah. Lalu, gudeg disajikan dengan sambal goreng krecek, tahu, dan daun singkong rebus.

Ada juga lauk tambahan seperti ayam opor, ayam goreng, dan telur. Harga seporsi gudeg di aplikasi ojek online mulai dari Rp 50 ribuan.

Kalau penasaran ingin mencobanya langsung, Gudeg Kandjeng terletak di Jalan Hang Tuah X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat makan ini buka dari pukul 08.00-21.00 WIB.

6. Gudeg Bu Tjitro

Satu lagi gudeg legendaris yang wajib dicoba, yakni Gudeg Bu Tjitro. Di kota asalnya, tempat makan ini sudah berdiri sejak 1925 dan dirintis pertama kali oleh Bu Tjitro Sastrodiprodjo. Kini, usaha Gudeg Bu Tjitro diwariskan kepada keturunannya.

Tenang, Gudeg Bu Tjitro sudah membuka cabang di Jakarta. Berlokasi di Jalan Margasatwa Baru No.23, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tempat makan ini selalu ramai ketika jam makan siang.

Untuk harga nasi gudeg dan krecek mulai dari Rp 20 ribuan. Ada juga pilihan lauk seperti ayam opor, ati ampela, telur pindang, serta tahu dan tempe bacem.

7. Gudeg Jogja Ibu Sudji

Rekomendasi yang terakhir adalah Gudeg Ibu Sudji. Berdiri sejak 1962, tempat makan ini berlokasi di Jalan Dr Saharjo No.11C, Manggarai, Jakarta Selatan.

Menu yang ditawarkan di tempat ini sangat lengkap, yakni ada gudeg, krecek, ayam, buntil, tahu dan tempe bacem, hingga jeroan. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 20 ribuan untuk sepiring nasi dan gudeg.

Itu dia tujuh rekomendasi gudeg enak di Jakarta. Sudah pernah mencicipi salah satu gudeg di atas?



Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Gudeg Srikandi Khas Jogja di Tangsel"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat