thif-live.com

Pengantin Ini Pakai Daun Pisang Untuk Alas Makan di Resepsi Mereka

Pengantin Ini Pakai Daun Pisang Untuk Alas Makan di Resepsi Mereka
Foto: Site News

Jakarta -

Demi mengurangi sampah plastik dari alas makan, pengantin di India ini gunakan daun pisang untuk alas makan para tamu di resepsi pernikahan mereka.

Penggunaan wadah plastik seperti mangkok, gelas sampai piring kerap ditemui di pesta-pesta pernikahan. Penggunaan wadah makanan dari plastik tentunya menyumbang limbah plastik yang cukup besar.

Demi mengurai masalah ini, salah satu pasangan pengantin asal India memutuskan menggelar pesta pernikahan dengan konsep 'zero waste' atau ramah lingkungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari Storypick (10/06), mempelai wanita bernama Dokter Poorvi Bhat baru saja menggelar pesta pernikahannya. Lewat Instagramnya ia membagikan momen resepsinya yang tidak menciptakan sampah sama sekali.

Pengantin Ini Pakai Daun Pisang Untuk Alas Makan di Resepsi MerekaPengantin Ini Pakai Daun Pisang Untuk Alas Makan di Resepsi Mereka Foto: Site News

Salah satunya dengan mengganti wadah makanan dari plastik dengan daun pisang untuk para tamu. Sementara sendok dan garpu plastik sekali pakai juga diganti dengan peralatan makan dari stainless yang bisa digunakan berkali-kali.

ADVERTISEMENT

Alih-alih menggunakan dekorasi yang berakhir jadi sampah, Poorvi memilih buah mangga yang bisa dimakan untuk hiasan resepsinya. Begitu juga dengan adaun kelapa untuk menggantikan dekorasi bunga yang biasanya digunakan di dekorasi pesta pernikahan.

Uniknya lagi, Poorvi menggunakan air cuci tangan dari para tamu yang membasuh tangan mereka setelah makan untuk menyirami pohon-pohon kelapa. Pohon kelapa membutuhkan air lebih sedikit untuk tumbuh, jadi Poorvi tidak membuang apapun dari resepsinya.

Pengantin Ini Pakai Daun Pisang Untuk Alas Makan di Resepsi MerekaPengantin Ini Pakai Daun Pisang Untuk Alas Makan di Resepsi Mereka Foto: Site News

"Saya menggelar pesta pernikahan tanpa menciptakan sampah. Tidak ada satupun tamu yang menggunakan gelas atau piring plastik," ungkap Poorvi di Instagramnya.

Poorvi menjelaskan bahwa sebenarnya dia tidak yakin apakah para ahli lingkungan melihat pernikahanya ini benar-benar tanpa sampah, tapi setidaknya dia berkontribusi mengurangi limbah plastik di pestanya.

"Ini semua tak lepas dari peran dan kerjasama dari semua keluarga yang membantu saya mewujudkan pesta pernikahan ramah lingkungan. Ibu saya adalah orang jenius di balik semua ini, ia yang merencanakan serta mengatur semuanya," pungkas Poorvi.

India menjadi salah satu negara yang cukup banyak memproduksi sampah plastik. Terhitung sejak Juli 2022, pemerintah India sudah melarang produksi sampai penjualan 19 produk sekali pakai untuk mengurai masalah lingkungan ini.



Simak Video "Mencoba Bakmi Bakar di Jakarta Barat, Rasanya Unik Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat