thif-live.com

15 Makanan Korea Halal yang Enak dan Patut Dicoba

Resep Mie Pedas Tteokbokki dan Sosis
Foto: iStockphoto

Daftar Isi
  • Makanan Korea yang Halal
  • 1. Tteokbokki 2. Bulgogi 3. Hotteok 4. Japchae 5. Tteok 6. Bibimbap 7. Twigim 8. Galbitang 9. Mayak Kimbap 10. Samgyetang (Chicken Soup with Ginseng) 11. Pajeon 12. Doenjang Jjigae 13. Bungeoppang 14. Miyeokguk 15. Chikin
Jakarta -

Jalan-jalan ke Korea Selatan tidak lengkap jika tak mencicipi makanan khasnya. Akan tetapi, muslim harus pandai-pandai memilih karena tak semua hidangan maupun jajanan Korea itu halal.

Di Negeri Ginseng, banyak makanan menggunakan daging atau bagian lain dari babi. Begitu pula penggunaan alkohol dan sejenisnya pada hidangan juga cukup tinggi.

Nah, kalau sedang di Korea dan ingin membeli santapan, bisa cek daftar makanan Korea halal di bawah ini agar tak salah pilih.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makanan Korea yang Halal

Ada sejumlah makanan Korea Selatan yang tergolong halal tanpa menggunakan bahan-bahan yang tidak diperbolehkan. Berikut beberapa daftarnya, dikutip dari Halal Hada dan Taste Atlas.

1. Tteokbokki

Tteokbokki merupakan jajanan Korea paling populer. Makanan ini terbuat dari kue beras kenyal (tteok), kue ikan, dan bumbu pasta cabai (gochujang). Sayuran seperti daun bawang, wortel, dan bawang bombay juga bisa ditambahkan.

ADVERTISEMENT

Rasanya yang pedas manis sangat lezat dinikmati selagi panas. Biasanya tteokbokki dijajakan di kios kaki lima yang dapat ditemukan di kawasan street food.

2. Bulgogi

Bulgogi terbuat dari irisan daging sapi yang dimarinasi dalam campuran seperti kecap asin dan jus buah pir sampai bumbu meresap. Setelahnya, irisan daging dipanggang hingga matang.

Karena dimarinasi terlebih dulu, cita rasa bulgogi sangat kaya dan nikmat. Dan ini yang menjadikannya sebagai salah satu makanan Korea terpopuler.

3. Hotteok

Hotteok adalah panekuk Korea yang biasanya diisi dengan kayu manis, gula merah, dan kacang-kacangan. Makanan ini kemudian dimasak di atas wajan sambil ditekan rata.

Bagian luar renyah dan bagian dalamnya yang lembut berpadu sempurna dengan isiannya yang manis. Hotteok paling pas dimakan selagi panas dan memang terkenal sebagai jajanan musim dingin.

4. Japchae

Makanan Korea satu ini cukup mirip dengan masakan Indonesia, yaitu japchae. Japchae terbuat dari bihun yang ditumis dengan irisan daging sapi, aneka sayuran seperti bawang bombay, wortel, daun bawang, serta dibumbui dengan kecap asin.

Rasanya gurih manis berpadu dengan tekstur bihunnya yang lembut dan sedikit kenyal. Japchae termasuk hidangan penting di Korea pada saat acara atau pesta khusus. Makanan ini kerap disajikan sebagai lauk maupun hidangan utama.

5. Tteok

Kalau hidangan sebelumnya diberi pasta cabai sehingga rasanya pedas, tteok satu ini punya rasa manis karena termasuk dessert.

Tteok mengacu ke kue beras Korea yang dibuat dari tepung beras ketan dan dikukus. Bisa diberi isian atau taburan di atasnya dengan kacang-kacangan, buah kering, serta biji wijen.

Tteok termasuk camilan populer di Korea dan terdapat banyak jenisnya. Kue beras tradisional umumnya disajikan pada acara khusus seperti Hari Tahun Baru atau pesta pernikahan dan hari ulang tahun.

6. Bibimbap

Bibimbap artinya nasi campur dalam bahasa Korea. Sesuai namanya, hidangan ini terdiri dari nasi yang diberi topping telur, daging sapi, berbagai sayuran yang telah dibumbui dan tumis, dan gochujang. Sayuran yang biasa digunakan, seperti mentimun, wortel, lobak, jamur, tauge, dan bayam.

Aneka topping diletakkan di atas nasi dalam sebuah wadah. Semua bahan kemudian diaduk rata sebelum dimakan. Perlu diingat juga, topping bibimbap tergantung penjualnya sehingga daging babi seperti ham atau bacon bisa termasuk.

7. Twigim

Di Korea juga ada yang jual gorengan lho, tapi namanya twigim. Twigim dibuat dengan membalut bahan dengan tepung lalu digoreng sampai renyah. Gorengan khas Korea ini sebenarnya lebih mirip dengan tempura asal Jepang.

Bahan yang biasa digunakan untuk twigim, yakni cumi-cumi, udang, cabai hijau, ubi, pangsit, bihun bumbu digulung nori (gimmari), hingga aneka sayuran yang mirip dengan bakwan.

8. Galbitang

Masuk ke sup, ada galbitang. Hidangan ini terbuat dari iga sapi yang direbus dengan lobak sampai dagingnya empuk. Masakan ini dibumbui dengan bawang putih, daun bawang, minyak wijen, serta kecap asin.

Galbitang punya cita rasa lezat dengan daging iganya yang lunak. Hidangan ini dianggap istimewa karena menggunakan potongan daging mahal dan biasanya disajikan di acara khusus seperti pernikahan dan jamuan makan.

9. Mayak Kimbap

Mayak kimbap juga termasuk makanan Korea yang populer. Makanan ini merupakan variasi kimbap mini atau nasi yang digulung.

Mayak kimbap terdiri dari nasi dan rumput laut yang diberi isian aneka sayuran seperti wortel, acar lobak, dan bayam. Jenis kimbap ini biasanya tidak diiris karena ukurannya yang kecil.

Nama mayak diterjemahkan sebagai narkoba. Dinamakan begitu bukan karena mengandung narkotika tetapi orang yang mencicipinya bisa ketagihan terus-menerus.

Selain mayak, varian kimbap halal yang dapat dipilih yaitu samgak kimbap atau kimbap berbentuk segitiga. Isian yang dapat dipilih antara ikan tuna atau kimchi.

10. Samgyetang (Chicken Soup with Ginseng)

Sup lain yang bisa dicoba yakni samgyetang. Hidangan ini terbuat dari ayam utuh yang direbus dengan ginseng, buah jujube kering, dan bawang putih. Supnya gurih dan rasa serta aroma ginsengnya tidak terlalu menyengat.

Di Korea, samgyetang disajikan saat musim panas. Kala itu, orang-orang kekurangan nutrisi karena keringat berlebih. Karenanya, makanan ini sangat cocok untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan stamina berkat kandungan ginsengnya.

11. Pajeon

Pajeon merupakan variasi panekuk Korea versi gurih (jeon). Makanan ini terbuat dari daun bawang atau kucai yang diberi adonan tepung yang dicampur telur lalu dimasak di atas wajan.

Pajeon disajikan sebagai hidangan pembuka, lauk, ataupun camilan bersama cuka dan kecap asin sebagai saus celupnya.

Varian jeon sebenarnya sangat beragam. Muslim juga bisa mencoba kimchi jeon yang berbahan dasar kimchi atau sawi yang difermentasi. Selain itu, ada juga jeon dari aneka seafood dan gamjajeon dari kentang.

12. Doenjang Jjigae

Doenjang jjigae termasuk hidangan tradisional Korea halal yang ramah muslim.

Makanan ini terbuat dari kuah kaldu yang dipadukan dengan pasta kedelai fermentasi (doenjang). Isian rebusannya mencakup mentimun, bawang bombay, daun bawang, lobak, tahu, serta daging atau seafood.

Masakan ini disajikan sebagai pendamping nasi. Perlu diperhatikan, isian doenjang jjigae dapat sesuai penjualnya sehingga terkadang bisa menggunakan daging babi.

13. Bungeoppang

Bungeoppang adalah camilan manis berbentuk ikan yang biasanya diisi dengan kacang merah. Kulit luarnya terbuat dari adonan terigu yang ditambahkan bahan lain. Saat dipanggang, adonan dituangkan ke cetakan bentuk ikan lalu diberi pasta kacang merah di tengahnya.

Jajanan khas Korea Selatan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan street food. Sebaiknya bungeoppang disantap selagi hangat karena teksturnya masih renyah di luar dan lembut di dalam.

14. Miyeokguk

Masih dari varian sup Korea, ada miyeokguk. Singkatnya, ini adalah sup rumput laut. Namun, hidangan ini biasa ditambahkan daging sapi, udang, tiram, kerang, ataupun tahu. Kuah kaldunya juga dibumbui dengan minyak wijen dan kecap asin.

Miyeokguk umumnya dikonsumsi oleh wanita setelah melahirkan karena kandungan nutrisi yang disediakan rumput laut bagus. Selain itu, sup ini juga disantap khusus pada perayaan ulang tahun sebagai tradisi.

15. Chikin

Chikin adalah sebutan untuk ayam goreng Korea. Hidangan ini dibuat dari potongan ayam yang dilumuri adonan lalu digoreng kering. Chikin dapat dimakan langsung sebagai camilan atau dijadikan lauk pendamping.

Varian chikin di Korea cukup beragam dengan diberi bumbu-bumbu lain. Ada yang manis seperti gangjeong chikin, asin manis seperti ganjang chikin, dan varian pedas seperti yangnyeom chikin dan buldak chikin.

Itu tadi sederet makanan Korea halal yang bisa dipilih muslim. Namun perlu diingat, ada baiknya bertanya kepada penjual jikalau masih ragu dengan bahan-bahan makanan yang digunakan.



Bikin Laper: Nyobain Daechang Jukkumi ala Korea yang Lagi Viral

Bikin Laper: Nyobain Daechang Jukkumi ala Korea yang Lagi Viral


(azn/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat