thif-live.com

5 Tips Pilih Makanan Enak dan Murah untuk Karyawan Kantoran

Suasana makan siang di kantin karyawan kantoran
Foto: detikfood

Jakarta -

Karyawan kantoran kerap memilih makan siang atau ngemil di kawasan kantor. Ada beberapa tips agar bisa mendapat makanan enak dan murah, menyesuaikan dengan budget yang sering kali tak besar.

Jam makan siang merupakan saat yang ditunggu-tunggu karyawan kantoran. Sebab mereka tak hanya bisa mengisi perut, tapi juga rehat dan bercengkrama dengan teman-teman.

Tak jarang mereka pergi makan siang berkelompok ke tempat makan di sekitar kantor. Pilihannya biasanya mencakup pujasera, kantin, atau warung-warung kaki lima.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Agar mendapat makanan yang enak dan murah, terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan karyawan kantoran. Alhasil, budget makan pun bisa ditekan hingga Rp 10 ribu saja!

Berikut 5 tips pilih makanan enak dan murah untuk karyawan kantoran:

ADVERTISEMENT

1. Cari makanan rumahan

Berbagai kuliner bisa dipilih untuk makan siang karyawan kantoran. Jika sedang berhemat, hindari pilih menu yang berbasis daging-dagingan seperti ayam geprek, bebek goreng, atau soto Betawi daging, misalnya. Kuliner ini biasanya dijual dengan harga Rp 25 ribuan ke atas.

Sebagai gantinya, pilih tempat makan yang menawarkan menu makanan rumahan layaknya warteg. Biasanya pilihan lauknya banyak, termasuk protein yang murah-murah seperti telur, tahu, tempe, dan aneka sayuran.

Karyawan kantoran bisa meracik menu pilihannya sendiri dengan menyesuaikan budget. Biasanya dengan modal Rp 15 ribu atau Rp 20 ribu sudah dapat makan enak dan lengkap.

2. Incar paket makan

Catat! 5 Warteg Enak Puluhan Lauk Ini Buka 24 Jam Cocok Buat SahurFoto: Visual/Food

Bagi yang mencari makanan langsung ke kantin atau pujasera, pastikan memperhatikan menu-menu yang ada. Sebab sering kali penjual menawarkan paket makan yang harganya super terjangkau!

Paket makan ini terpisah dari menu utama yang mereka tawarkan. Sebut saja di Kantin P2 mall Pacific Place Jakarta. Gerai Ayam Bakar Joni yang sebenarnya menawarkan ayam bakar, ternyata punya paket makan seharga Rp 10 ribu saja.

Paket makan itu berisi nasi, telur dadar, 2 macam sayur, dan sambal. Bagi mayoritas karyawan kantoran atau di sekitar kantor yang sedang berhemat, harga ini pastinya sangat cuan.

3. Pilih tempat makan yang dekat

Sering kali karyawan kantoran tergoda makan di luar kawasan kantor, tapi berarti mereka harus mengeluarkan budget ekstra untuk ongkos. Jika sedang berhemat, lebih baik mencari tempat-tempat makan yang dekat dengan kantor. Biasanya mudah dijangkau dengan jalan kaki.

Kehadiran kantin, pujasera, atau penjual-penjual makanan kaki lima di sekitar kantor ini biasanya jadi penyelamat karena tak perlu jauh-jauh, karyawan kantoran sudah bisa makan enak. Alternatif lainnya adalah titip pesan ke Office Boy (OB).

Tak sedikit kantor yang menyediakan jasa OB untuk sekalian bisa titip beli makan. Dengan begitu, karyawan kantoran juga tak perlu meninggalkan tempat kerjanya jika sedang sibuk atau ada deadline pekerjaan.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat