thif-live.com

10 Warung Sunda Prasmanan dengan Sambal Dadak yang Nampol

Warung Nasi Cipunjur: Gurih Nagih! Ada 37 Lauk Prasmanan Sunda yang Sedap di Depok
Foto: detikfood

Jakarta -

Bisa makan enak dan mengenyangkan di warung khas Sunda ini. Apalagi semua lauk disajikan secara prasmanan dan beragam.

Makanan khas Sunda cukup favorit karena cita rasa makanannya yang enak dan familiar di lidah orang. Sebenarnya lauk masakan Sunda hampir mirip dengan masakan rumahan pada umumnya, hanya saja tempat makan Sunda memiliki racikan sambal dadak atau sambal terasi yang bikin selera makan meningkat.

Tak perlu jauh-jauh kulineran ke kota-kota di Jawa Barat untuk menemukan warung makan atau restoran Sunda yang enak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di Jakarta dan sekitarnya, ada banyak warung makan sampai restoran ala Sunda yang berkonsep prasmanan dengan lebih dari 30 pilihan lauk sampai sayur.

Berikut lima sepuluh rekomendasi warung makan Sunda dengan konsep prasmanan yang cocok untuk makan bareng keluarga di akhir pekan.

ADVERTISEMENT

1. RM Khas Sunda Aliful Barokah

10 Warung Sunda Prasmanan dengan Sambal Dadak yang Nampol10 Warung Sunda Prasmanan dengan Sambal Dadak yang Nampol Foto: Visual/Site Culinary

Terletak di Jalan TB Simatupang, warung nasi ala Sunda yang satu ini terkenal dengan nama RM Khas Sunda Aliful Barokah. Dengan konsep prasmanan ala Sunda yang sederhana, pilihan lauk di rumah makan ini cukup lengkap dan rasanya juga enak.

Menu andalannya ada empal goreng, sate udang madu, babat, usus sapi, paru goreng, ayam goreng sampai otak sapi yang gurih dan lezat. Pilihan lauk ikannya juga tak kalah menggoda ada ikan mas, nila sampai gurame goreng.

Untuk aneka pepesnya bisa pilih mau pepes ayam, ikan duri lunak, sampai pepes tahu. Jangan lupa pesan juga karedok sampai oseng oncom leuncanya yang enak. Sambal dadaknya pedas dan kisaran harganya dari Rp 15.000 saja per lauk.


2. Warung Nasi Cipunjur

10 Warung Sunda Prasmanan dengan Sambal Dadak yang Nampol10 Warung Sunda Prasmanan dengan Sambal Dadak yang Nampol Foto: Visual/Site Culinary

Warung Nasi Cipunjur adalah tempat makan baru di Depok yang menarik perhatian pecinta makanan Sunda. Rumah makan yang buka di Depok II Tengah pada akhir Januari 2022 ini tak pernah sepi pembeli.

Untuk lauknya, ada lebih dari 37 lauk di sini. Kamu bisa memilih ayam bakar, ayam goreng, bebek kremes, sate usus, sate kulit, gurame goreng, nila bakar, udang kremes, belut goreng, empal, paru, hingga sayur asem.

Tak ketinggalan aneka pepes seperti pepes jamur, ikan mas, teri basah, peda, dan tahu. Ada juga gorengan yang jadi favorit pengunjung seperti tahu, tempe, perkedel, dan bakwan jagung.

Untuk sambal dan lalapan segar bakal tersedia di tiap meja makan. Sambalnya ada dua yaitu sambal tomat dan sambal dower. Untuk pilihan lalapannya berisi daun selada dan poh-pohan. Kisaran harga lauknya dari Rp 5.000 saja lho.


3. Warung Nasi Ceu Emi

10 Warung Sunda Prasmanan dengan Sambal Dadak yang Nampol10 Warung Sunda Prasmanan dengan Sambal Dadak yang Nampol Foto: Visual/Site Culinary

Warung Nasi Ceu Emi ini bisa jadi pilihan untuk bersantap siang bersama rekan kerja maupun keluarga. Ada dua cabang yang dapat dikunjungi, yakni di kawasan Fatmawati dan Cinere.

Tempat makan hidangan Sunda konsep prasmanan ini mengusung konsep tradisional, dengan gaya bangunan gubukan yang khas. Di sini juga menyediakan area makan dengan duduk lesehan sehingga lebih santai.

Menu yang ditawarkan sangat beragam termasuk pilihan nasi. Salah satu yang jadi favorit adalah nasi timbel dengan paduan lauk berupa pepes ikan mas duri lunak. Kisaran harganya dari Rp 15.000 saja.

4. Warung Doyong

Gurih Wangi! Ayam Goreng Serundeng Legendaris Warung Doyong Sejak 1979Gurih Wangi! Ayam Goreng Serundeng Legendaris Warung Doyong Sejak 1979 Foto:

Menyebut olahan ayam goreng enak ala Sunda di Bogor, tak bisa meninggalkan Warung Doyong yang tersohor. Lokasinya ada di Jalan Pahlawan Nomor 109, Bogor Selatan. Warung makan ala Sunda yang sederhana ini terbilang legendaris karena sudah berjualan sejak tahun 1979.

Meski hanya berupa warung tenda, menu ayam goreng khas Sunda di sini selalu laris diantre. Warung Doyong menyajikan ayam goreng bumbu kuning. Untuk penyajiannya bersama sambal dan lalapan.

Pengunjung bisa pilih mau nasi uduk atau nasi putih biasa. Kalau ke Warung Doyong, jangan lupa juga mencicipi semur jengkol dan pepes oncom yang enak. Kisaran harganya juga masih terjangkau dari Rp 20.000 saja.


5. Warung Alam Sunda

Warung Nasi Alam SundaWarung Nasi Alam Sunda Foto: /Riska Fitria

Salah satu warung makan Sunda yang sudah tak asing di telinga banyak orang adalah Warung Alam Sunda. Warung makan tersebut berasal dari Cianjur yang sudah punya beberapa cabang.

Kebanyakan cabang warung Sunda ini berada di daerah-daerah Jawa Barat. Kini mereka membuka cabang di Jakarta, tepatnya di kawasan Tanah Abang. Konsepnya sejak dulu memang prasmanan, pengunjung akan disambut dengan meja prasmanan isi puluhan lauk yang tersedia.

Mulai dari ayam goreng, ikan goreng, paru, bebek, perkedel, udang, sate ati ampela dan masih banyak lagi. Selain itu, juga tersedia aneka tumisan dan pepes. Nasi putihnya juga bebas bisa tambah sepuasnya, begitu juga dengan aneka sambal khas Sunda yang pedas bikin nagih. Kisaran harga lauknya dari angka Rp 15.000 saja.



Simak Video "Bikin Kalap! Tempat Makan Murah di Gading Serpong yang Punya Aneka Sayur Enak"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat