thif-live.com

8 Rumah Makan Sunda di Bandung dengan Hidangan yang Menggugah Selera

Dijamin Kenyang! 5 Rumah Makan Prasmanan Sunda Ini Punya Puluhan Lauk
Salah satu hidangan yang biasa ditemukan di rumah makan Sunda. Foto: Visal/Instagram/Site

Daftar Isi
  • Rumah Makan Sunda di Bandung
  • 1. Dago Panyawangan 2. RM Ma Uneh 3. Saung si Bungsu 4. Warung Nasi Ibu Imas 5. Kampung Daun 6. Dapoer Pandan Wangi 7. Nasi Bancakan Bandung 8. Raja Sunda
Jakarta -

Bandung tak hanya memikat banyak orang dengan keindahan alam dan udaranya yang sejuk, namun banyak juga kulinernya yang menggugah selera. Salah satu daya tarik kuliner di Bandung adalah restoran Sunda yang menawarkan makanan khas Jawa Barat.

Restoran-restoran ini menyajikan hidangan menggugah selera dengan suasana yang nyaman. Dengan menu yang beragam, seperti nasi liwet, karedok, aneka hidangan ayam dan ikan, restoran di Bandung menjadi kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Rumah Makan Sunda di Bandung

Ada banyak rumah makan Sunda yang bisa ditemukan di Bandung. Mulai dari Dago Panyawangan, RM Ma Uneh, Saung si Bungsu, hingga Raja Sunda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Dago Panyawangan

Dago Panyawangan merupakan restoran yang cocok untuk kumpul bersama keluarga dan teman, karena tempatnya cukup luas. Restoran ini menawarkan banyak masakan sunda dan olahan seafood.

Menunya mulai dari nasi timbel, bebek goreng, gurame goreng, baronang bakar pedas, ayam serundeng, hingga nasi bakar dan nasi tutug. Harganya mulai dari sekitar Rp 12.000-120.000.

ADVERTISEMENT
  • Lokasi: Jl Ir.H.Juanda 127, Bandung.
  • Jam operasional: 10.00-22.00.

2. RM Ma Uneh

Berlokasi di kawasan Pajajaran, Bandung, RM Ma'uneh sudah berdiri sejak tahun 1960. Restoran ini punya banyak menu andalan yang ditawarkan, salah satunya adalah ayam goreng kampung.

Hidangan ini menggunakan bumbu kuning yang meresap, serta tekstur ayam yang lembut dan empuk. Ada juga cumi asin kuah yang agak berminyak dengan rasa gurih. Harga untuk seporsi makannya sekitar Rp 50.000

  • Lokasi: Jl. Terasana No. 132, Pajajaran, Bandung.
  • Jam operasional: 07.00-16.00 WIB.

3. Saung si Bungsu

Saung si Bungsu menawarkan tempat yang nyaman dengan nuansa yang aesthetic. Restoran ini menggunakan material bambu dan dihiasai dengan tanaman cantik.

Tempatnya cukup luas, sehingga cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga. Menurut laman Instagramnya, Saung si Bungsu memiliki banyak hidangan mulai dari ayam sereh, nasi tutug oncom, sop gurame, paket ayam penyet, hingga paket nasi liwet. Nasi tutug oncomnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 54.000

  • Lokasi: Jl.Terusan Sersan Bajuri, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat.
  • Jam operasional:

- Senin-Jumat: 09.00-21.00 WIB.

- Sabtu-Minggu: 09.00-22.00 WIB.

4. Warung Nasi Ibu Imas

Warung nasi ibu Imas menghidangkan berbagai hidangan khas sunda. Restoran ini begitu terkenal dan digemari pecinta sambal

Berbagai masakan yang ditawarkan sudah dimasak matang dan kamu tinggal pilih mau makan yang mana.Sambal dadaknya dan karedoknya begitu khas dan bisa dicocol dengan paru, ayam goreng, sampai gepuk. Paru gorengnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 17.500.

  • Lokasi: Jl. Balonggede No. 67, Balonggede, Bandung.
  • Jam operasional: 07.00-00.00.

5. Kampung Daun

Kampung Daun punya kawasan yang sangat luas dengan fasilitas yang lengkap. Ada area saung, parkiran yang luas, joglo untuk tempat gathering dengan kapasitas 120 orang, venue yang terletak di area air terjun, galeri bunga, dan juga petting zoo, playground hingga masjid dan toilet.

Tentunya, ada banyak spot-spot cantik dengan nuansa alam yang cocok dijadikan tempat foto-foto. Aneka menu yang ditawarkan di antaranya yaitu bebek goreng, nasi kecombrang, nasi tutug oncom, orak arik asin cumi, nasi bakar bambu, es goyobod, dan es cendol. Untuk nasi bakul tutug oncomnya dibanderol dengan harga Rp 35.000, sementara nasi bakar bambunya Rp 95.000;

  • Lokasi: Jl. Sersan bajuri KM 4,7 No. 88 RRI Villa Triniti.
  • Jam operasional:

- Senin-Jumat 10.00-21.00 WIB.

- Sabtu-Minggu 09.00-22.00 WIB.

6. Dapoer Pandan Wangi

Dapoer Pandan Wangi menghidangkan makanan berat, sayuran sampai dengan camilan. Restoran ini punya area yang begitu luas dan nyaman.

Mulai dari area gubukan untuk pengunjung yang mau duduk lesehan. Salah satu hidangannya adalah nasi liwet yang enak dipadukan dengan ikan gurame yang gurih. terong raosnya juga tak kalah menggoda untuk dicicipi. Gurame bakarnya sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp 83.000

  • Lokasi: Jl. Terusan Pasir Koja No. 380, Pasir Koja, Bandung.
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB.

7. Nasi Bancakan Bandung

Nasi Bancakan Bandung sudah ada sejak tahun 2007. Menurut Instagram resminya, bancakan sendiri berarti nasi gunungan yang diberi sayuran hijau dan lauk pauk sederhana.

Masakannya dihindangkan secara perasmanan. Ada dari nasi liwet, aneka pepesan, aneka hidangan ikan, karedok, dan sayuran. Untuk harga gurame gorengnya adalah sekitar Rp 58.000.

  • Lokasi: Jl. Diponegoro No.25, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.
  • Jam operasional: 10.00-21.00.

8. Raja Sunda

Raja Sunda berada di lokasi yang strategis dekat tol Pasteur. Tempat ini dilengkapi dengan venue gathering dan meeting.

Pilihan menunya yaitu ayam bakar, tahu kipas, udang renyah saus mentega sampai nasi timbel komplit dan gurame cobek. Harga gurame cobeknya sekitar Rp 98.000.

  • Lokasi: Jl. Dr. Djunjunan No.63, Pajajaran, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: 10.00-21.00 WIB

Itulah beberapa restoran sunda dengan hidangan lezat yang bisa ditemukan di Bandung. Selamat mencoba detikers.



Menikmati Hidangan Prasmanan Sunda di Resto Pinggir Danau BSD

Menikmati Hidangan Prasmanan Sunda di Resto Pinggir Danau BSD


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat