thif-live.com

7 Cara Bikin Daging Rendang Empuk Tanpa Presto

Rendang Traveler memiliki program Bertamu
Daging rendang. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Daftar Isi
  • Cara Mengempukkan Daging Rendang Tanpa Panci Presto
  • 1. Ukuran dan Jenis Daging 2. Gunakan Api Kecil 3. Mengolah dengan Teknik 5-30-7 4. Mengolah dengan Teknik 17 Menit 5. Pakai Daun Pepaya 6. Pakai Buah Nanas 7. Urutan Memasukkan Santan
Jakarta -

Rendang menjadi salah satu sajian favorit di hari-hari penting. Kamu bisa membuatnya tanpa harus punya panci presto yang bisa membuat daging rendang menjadi empuk dengan mudah.

Tanpa dipresto, daging rendang tetap bisa empuk menggunakan cara yang tepat. Simak 7 cara dan tips membuat daging agar empuk tanpa panci presto berikut ini.

Cara Mengempukkan Daging Rendang Tanpa Panci Presto

Untuk membuat rendang khas Sumatera Barat ini biasanya membutuhkan daging sapi bagian paha atas sapi. Bagian ini lebih berserat dan kokoh sehingga perlu dimasak dengan teknik yang tepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini 7 cara mengempukkan daging rendang tanpa menggunakan panci presto:

1. Ukuran dan Jenis Daging

Dalam buku 27 Set Menu Lengkap Hits di Instagram untuk Hari Istimewa & Sehari-Hari karya Lilik Indrayani, dijelaskan bahwa ukuran rendang sebaiknya diatur seukuran. Jika ingin besar, bagilah menjadi 14-16 potongan per kg. Ukuran sedang bisa dipotong hingga 18-20 bagian, sedangkan ukuran kecil bisa lebih dari 22 potong.

ADVERTISEMENT

Gunakanlah jenis bagian daging yang sama dalam satu kali proses memasak agar daging bisa empuk secara bersamaan. Misalnya kamu pilih has dalam semua. Jika berbeda-beda jenis, bisa jadi ada potongan yang belum empuk dan ada yang terlalu empuk.

2. Gunakan Api Kecil

Saat memasak daging rendang, pastikan selalu menggunakan api kecil. Cara ini dilakukan untuk memastikan daging empuk dan matang merata. Tekstur daging pun tidak akan terlalu lunak, sehingga masih terasa teksturnya.

3. Mengolah dengan Teknik 5-30-7

Teknik 5-30-7 untuk merebus daging rendang disebut mampu mengirit gas dan bisa membuat daging empuk. Caranya adalah dengan merebus air sampai mendidih.

Selanjutnya, masukkan daging sapi dan masak selama 5 menit. Kemudian matikan api kompor dan tutup rapat panci. Biarkan selama 30 menit. Nyalakan kembali api kompor, lalu rebus daging lagi selama 7 menit.

4. Mengolah dengan Teknik 17 Menit

Cara lainnya adalah menggunakan teknik 17 menit. Artinya rendang direbus dalam waktu total 17 menit. Namun caranya tidak dengan merebus daging secara terus-menerus.

Rebus potongan daging sapi selama 7 menit ke dalam air mendidih. Kemudian, tutup rapat panci, matikan api kompor, dan diamkan selama 5 menit. Nyalakan kembali api kompor, lalu rebus daging kembali selama 5 menit.

5. Pakai Daun Pepaya

Cara mengempukkan daging rendang selanjutnya adalah menggunakan daging pepaya. Daun pepaya mengandung getah papain yang dapat membantu daging menjadi cepat empuk saat direbus.

Langkahnya yaitu membungkus daging sapi dengan daun pepaya, lalu diamkan selama 1-2 jam. Jangan terlalu lama agar daging tidak mudah hancur dan berpengaruh pada rasa daging.

6. Pakai Buah Nanas

Nanas juga dikenal bisa membuat daging menjadi empuk. Hal ini karena nanas mengandung bromelain, yaitu enzim protease yang sering digunakan untuk membuat daging empuk.

Caranya mudah, yaitu parut nanas hingga halus, Kemudian balurkan parutan nanas ke potongan daging, dan diamkan beberapa saat sebelum dimasak.

7. Urutan Memasukkan Santan

Pada proses merebus daging dan santan juga ada urutannya. Jika menggunakan jenis daging keras, didihkan daging dengan bumbu terlebih dahulu, rebus sampai empuk, baru masukkan santan.

Tapi jika menggunakan jenis daging empuk, didihkan dulu santan dan bumbu. Tanpa perlu direbus secara terpisah, daging bisa langsung dimasukkan ke dalam santan dan bumbu yang sudah mendidih.

Nah, demikian tadi cara membuat daging rendang agar bisa empuk tanpa menggunakan panci presto. Dengan daging yang empuk, rendang jadi makin enak dinikmati bersama orang-orang terdekat detikers.



Bolehkah Daging yang Sudah Dimasak Dipanaskan Berulang Kali?

Bolehkah Daging yang Sudah Dimasak Dipanaskan Berulang Kali?


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat