thif-live.com

Kata Barista, Ini 4 Tips Membuat Es Kopi yang Nikmat ala Kafe

5 Manfaat Es Kopi Vietnam, Es Kopi Viral di Kasus Kopi Sianida
Ilustrasi es kopi. Foto: Getty Images/iStockphoto

Daftar Isi
  • Tips Membuat Es Kopi yang Nikmat Secara Sendiri
  • 1. Pilih Biji Kopi yang Tepat 2. Menggiling Biji Kopi 3. Gunakan Takaran yang Pas 4. Aduk Dahulu Sebelum Dinikmati
  • Bisakah Membuat Es Kopi yang Nikmat dengan Kopi Instan?
Jakarta -

Es kopi merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Selain bikin melek, sensasi dingin dari es kopi juga dapat melepas dahaga. Apalagi diminum saat cuaca sedang panas.

Sebenarnya, es kopi ala kafe juga bisa dibuat sendiri di rumah. Hanya saja, racikannya harus tepat agar tidak terlalu encer.

Jadi, daripada menghabiskan uang untuk jajan es kopi di kafe, lebih baik membuat sendiri di rumah karena lebih hemat. Tapi, bagaimana cara membuat es kopi yang nikmat ala kafe?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nah, sejumlah barista membagikan beberapa tips membuat es kopi nikmat ala kafe. Daripada penasaran, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Tips Membuat Es Kopi yang Nikmat Secara Sendiri

Sebenarnya, membuat es kopi sendiri di rumah tidak begitu sulit. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

ADVERTISEMENT

Dilansir situs Huffpost, berikut sejumlah tips membuat es kopi yang nikmat ala kafe secara sendiri.

1. Pilih Biji Kopi yang Tepat

Tips yang pertama adalah memilih biji kopi yang tepat. Sebab, memilih biji kopi juga akan mempengaruhi aroma dan rasa es kopi.

Tuan Huynh, seorang pemilik kedai kopi Vietfive Chicago yang menyajikan kopi asli Vietnam telah mengetahui racikan es kopi yang tepat. Menurutnya, racikan es kopi yang terkenal di Vietnam adalah es kopi hitam dengan susu kental manis.

Huynh mengatakan, biji kopi untuk membuat es kopi Vietnam hanya satu jenis, yakni robusta. Ia hanya menggunakan biji robusta dengan tingkat keasaman rendah yang mengandung kafein lebih dari dua kali lipat dibandingkan biji arabika.

"Biji Robusta itu warnanya pekat, tapi rasanya tak begitu kuat," kata Huynh.

Jimmy Evans selaku manajer Artisti Coffee Roasters mengungkapkan, sebenarnya biji kopi jenis apapun memiliki kualitas yang baik. Akan tetapi, biji kopi terbaik adalah yang didapat dari pemanggang kopi khusus dan digunakan tak terlalu lama setelah disangrai.

"Biji kopi yang disangrai paling baik antara satu hingga tiga minggu setelah tanggal sangrai," jelas Jimmy.

2. Menggiling Biji Kopi

Kata barista, jika ingin membuat es kopi yang enak sebaiknya jangan menggunakan biji kopi yang telah digiling. Disarankan untuk menggunakan biji kopi yang baru digiling tepat sebelum diseduh.

Kamu bisa menggunakan penggiling kopi manual ataupun instan. Jika kamu memang pecinta kopi, tak ada salahnya berinvestasi untuk membeli penggiling kopi yang agak mahal harganya.

3. Gunakan Takaran yang Pas

Huynh menjelaskan, es kopi yang enak tidak bisa dibuat dengan takaran seadanya. Jadi, pastikan seluruh takarannya secara pas.

"Anda tak bisa hanya menggunakan sendok makan untuk menakar kopi," paparnya.

Huynh merekomendasikan untuk mencoba teknik autentik dalam membuat es kopi ala Vietnam, yakni dengan menggunakan filter kopi phin baja tahan karat. Lalu, tambahkan kopi bubuk ke dalamnya, kemudian tuangkan air panas secara memutar dan tunggu 30 detik sampai kopi mengembang.

Ketika kopi mengembang, tambahkan sisa air panas dan tutup untuk menyeduhnya. Diamkan selama 4-5 menit, baru setelah itu tambahkan es batu dan susu sesuai selera.

4. Aduk Dahulu Sebelum Dinikmati

Agar bisa menikmati es kopi susu yang nikmat, disarankan untuk mengaduknya sebelum dinikmati. Sebab, campuran es kopi terdiri dari kopi hitam dan susu.

"Aduk es kopi agar semuanya tercampur rata. Jadi, jangan lupa mengaduknya sebelum nanti menyesal," pungkas Huynh.

Bisakah Membuat Es Kopi yang Nikmat dengan Kopi Instan?

Ada berbagai alasan mengapa orang lebih senang membeli es kopi di kafe daripada membuatnya di rumah, salah satunya karena tak ada waktu. Apalagi jika harus menggiling kopi terlebih dahulu, tentu butuh waktu lebih untuk menikmati secangkir es kopi.

Namun jangan khawatir, sebenarnya kamu bisa membuat es kopi yang nikmat dengan kopi sachet instan. Agar menghasilkan es kopi yang nikmat dari kopi instan, simak cara membuatnya di bawah ini yang dilansir situs Food Network:

  1. Seduh kopi instan sesuai petunjuk kemasan. Supaya es kopi tidak terlalu encer, disarankan untuk menerapkan cara 2:1, yakni 2 sendok teh kopi instan dengan 1 cangkir air mendidih.
  2. Dinginkan kopi instan hingga mencapai suhu ruangan. Bisa didiamkan di atas meja selama 15-20 menit.
  3. Setelah kopi mulai dingin, tambahkan es batu secukupnya. Kini, es kopi susu dingin dan nikmat siap disajikan.

Sedikit saran, agar es kopi tidak terlalu encer usahakan jangan terlalu banyak es batu. Paling enak es kopi diminum saat sore hari sambil ditemani camilan manis.



Nikmatnya Ngopi di Kafe Slow Bar Bergaya Australia Ini

Nikmatnya Ngopi di Kafe Slow Bar Bergaya Australia Ini


(ilf/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat