thif-live.com

5 Perbedaan Plantain dan Pisang yang Tampilannya Mirip

Pisang
Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

Jakarta -

Di dunia internasional, terdapat dua sebutan untuk pisang yaitu 'plantain' dan 'banana'. Keduanya memang punya sebutan berbeda. Namun, apakah jenis dan fungsinya juga beda?

Di Indonesia sebutan untuk buah pisang hanya satu. Namun, di dunia internasional sebutan pisang ada dua yaitu 'plantain' dan 'banana'. Istilah yang berbeda ini pun seringkali membuat banyak orang bingung. Apakah hanya sebutannya saja yang beda atau memang fungsi dan jenisnya juga beda?

Melansir mekarsari.com, pisang biasa maupun plantain sama-sama tergolong dalam genus Musa. Genus Musa terdiri dari 66 spesies, tetapi hanya ada tiga spesies yang dibudidayakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tiga spesies itu terdiri dari Musa acuminata, Musa balbisiana, dan Musa x paradisiaca. Musa acuminata dan Musa balbisiana yang disebut dengan banana. Sedangkan Musa x paradisiaca yang disebut plantain.

Meskipun mereka tidak persis sama, tetapi bisa dibilang masih bersaudara. Namun, karakteristik keduanya tentu berbeda. Dari segi rasa, pisang lebih manis dan plantain lebih gurih.

ADVERTISEMENT

Dalam hal ukuran juga berbeda, yang satu besar dan yang satu kecil. Pisang bisa dimakan langsung begitu saja, tetapi plantain perlu dimasak sebelum dimakan.

Banyak hal yang membedakan pisang biasa dengan plantain. Agar tidak bingung, simak penjelasannya seperti dilansir dari thedailymeal.com (03/06/2024).

1. Apa itu pisang?

PisangPisangmerupakan buah dengan daging yang lembut dan manis. Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

Pisang merupakan buah panjang dan ramping yang dilapisi kulit kuning. Daging buahnya lembut dan mengandung beragam nutrisi penting untuk kesehatan.

Pisang bukanlah sembarang buah karena tumbuh berkelompok. Pertumbuhan pisang biasanya muncul dari satu bunga dengan satu bakal buah. Meski jarang disadari, tetapi pisang juga penuh dengan biji kecil berwarna hitam.

Pohon pisang tempat mereka bertumbuh sebenarnya tidak memiliki batang berkayu. Mereka hanya memiliki pseudostem yang dibentuk oleh daun-daun saling bergulung rapat.

Pisang juga merupakan tanaman yang bisa tumbuh sampai 15 inci (38 cm) sepanjang hidupnya. Sebab, tanaman ini dibudidayakan manusia dengan dua pucuk tanaman berbeda, bukannya tumbuh dari tanah secara alami.

Tunas-tunas tumbuh di sepanjang bagian atas tanah dan dua siklus pertumbuhan berbeda membuat pertumbuhan tanaman ini berlangsung sedikit lebih lambat.

2. Apa itu plantain?

PisangPlantain adalah sejenis psang yang ukurannya lebih besar dan biasanya perlu diolah terlebih dahulu sebelum dimakan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

Plantain tumbuh dari jenis tanaman sama. Keduanya sama-sama berwarna kuning, tetapi plantain lebih besar dari pisang biasa dengan perbandingan panjang sekitar 12 inci (30 cm) untuk plantain dan 6 inci (15 cm) untuk pisang biasa.

Berbeda dari pisang biasa yang bisa langsung dimakan, pisang ini tidak bisa. Kandungan patinya yang tinggi membuat plantain perlu dimasak terlebih dahulu.

Plantain paling umum dikonsumsi di Afrika Barat dan Tengah, Amerika Latin, dan Karibia. Plantain juga merupakan sumber daya yang penting, terutama di negara-negara berkembang.

Perbedaan cara makan pisang biasa vs plantain bisa dilihat pada halaman selajutnya!



Simak Video "Pisang Goreng Waras, Camilan Krispi yang 'Lahir' di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat