thif-live.com

5 Kombinasi Madu dan Bahan Alami untuk Turunkan Berat Badan

Jar of liquid honey with honeycomb inside and bunch of dry lavender over old wooden table. Dark rustic style, selective focus
Foto: Ilustrasi madu (iStock)

Daftar Isi
  • Kombinasi Madu dan Bahan Alami untuk Turunkan Berat Badan
  • 1. Madu dan Susu 2. Madu dan Teh Hijau 3. Madu dan Air Lemon 4. Madu dan Kayu Manis 5. Madu dan Air Hangat
Jakarta -

Menurunkan berat badan seringkali menjadi tantangan bagi banyak orang. Banyak cara diet yang ditawarkan untuk mencapai berat badan ideal.

Salah satu bahan alami yang dapat membantu dalam proses penurunan berat badan adalah madu. Tak hanya dikenal sebagai pemanis alami, madu mengandung berbagai nutrisi seperti asam amino, vitamin, zat besi, seng, dan antioksidan.

Madu juga digunakan sebagai zat anti inflamasi, antioksidan, dan juga antibakteri. Untuk menurunkan berat badan dengan madu, kamu bisa mengkombinasikannya bersama bahan alami lainnya. Apa saja?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kombinasi Madu dan Bahan Alami untuk Turunkan Berat Badan

Ada beberapa bahan alami yang dapat dicampurkan dengan madu untuk menurunkan berat badan. Berikut di antaranya.

1. Madu dan Susu

Susu sarat dengan nutrisi penting sumber protein yang baik. Menurut healthline minum susu baik untuk tulang dan penurunan berat badan.

ADVERTISEMENT

Langkah pertama untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi gula dan menggantinya dengan madu. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam segelas susu hangat. Mengutip India Times, minum segelas susu di malam hari juga akan membantu meningkatkan kualitas tidur.

2. Madu dan Teh Hijau

Teh hijau mengandung zat bioaktif seperti kafein dan EGCG (epigallocatechin gallate), zat yang bisa meningkatkan metabolisme yang bisa membantu meningkatkan metabolisme dan memecah sel-sel lemak. Mungkin sebagian orang tidak menyukai rasa pahit teh hijau. Untuk memberi rasa manis pada minuman ini, jangan tambahkan gula, namun gantilah dengan madu.

3. Madu dan Air Lemon

Lemon adalah sumber vitamin C yang sangat baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. Mengutip laman Purple, kombinasi madu dan air lemon dapat menjadi pilihan yang tepat sebab memiliki zat antioksidan tinggi.

Cara membuat minuman ini cukup mudah. Tambahkan satu sendok makan madu murni dan satu sendok makan air lemon ke dalam 300 ml air hangat.

4. Madu dan Kayu Manis

Menurut WebMD, air kayu manis bisa membantu menurunkan berat badan dan mencegah penyakit metabolisme. Air kayu manis bisa menurunkan nafsu makan, hingga bisa membantu menghindari ngemil di malam hari.

Untuk mengkombinasikannya dengan madu, rebus kayu manis dengan 150 ml sampai mendidih. Tuangkan ke gelas, lalu tambahkan satu sendok madu.

5. Madu dan Air Hangat

Menurut studi dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, air hangat bisa meningkatkan thermogenesis. Hal ini berkaitan dengan berkurangnya berat badan dan indeks massa tubuh, serta meningkatkan komposisi tubuh bagi yang kelebihan berat badan.

Sehingga, mengkonsumsi madu dengan tujuan menurunkan berat badan bisa dengan mencampurkannya dengan air hangat. Minum air madu ini saat kondisinya masih hangat.

Itulah kelima kombinasi madu dengan bahan alami yang dapat membantu menurunkan berat badan. Selamat mencoba.

(elk/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat