thif-live.com

5 Warung Kopi Lokal Legendaris di Belitung, Ada yang Berusia 102 Tahun

Warung kopi Belitung
Foto: Instagram @kong_djie_coffee

Jakarta -

Budaya minum kopi yang lekat pada masyarakat Belitung membuat kota ini punya banyak warung kopi, termasuk yang legendaris. Bahkan, ada yang berdiri sejak 1922!

Di Belitung, warung kopi tidak hanya dipakai sebagai tempat untuk menikmati kopi. Disini, warung kopi lokal juga dijadikan tempat bersosialisasi dan bertukar informasi oleh warga masyarakat.

Faktor kemunculan warung kopi di setiap kota di Belitung juga dikaitkan dengan banyak hal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Misalnya kota Tanjung Pandan, ibu Kota Kabupaten Belitung dan Manggar, yang mengaitkan warung kopi dengan masuknya ekonom kapitalis dan kehadiran masyarakat etnik China ke daerah tersebut.

Kota ini juga diketahui memiliki tradisi panjang dalam bisnis warung kopi. Tidak heran jika banyak ditemukan warung kopi lokal di daerah tersebut.

ADVERTISEMENT

Warung kopi lokal itu juga menawarkan kopi dengan teknik penyeduhan tradisional. Misalnya menyeduh biji kopi pilihan dengan air mendidih dari tungku api arang. Setelah diseduh, biasanya kopi disaring dengan saringan kain yang panjang.

Selain kopi tradisional seperti ini, beberapa juga ada yang menawarkan racikan kopi berbeda.

Penasaran dengan sejumlah warung kopi legendaris di Belitung? Ini rekomendasinya!

1. Warung Kopi Ake

Warung kopi BelitungWarung Kopi Ake di Belitung menjadi salah satu yang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1922. Foto: Instagram @warkopake

Warung Kopi Ake menjadi salah satu yang legendaris karena berdiri sejak tahun 1922. Lokasinya berada di Tanjung Pandan, Belitung. Kedai kopi ini telah beroperasi dari generasi ke generasi selama lebih dari 50 tahun.

Tidak sekadar menjadi tempat untuk menikmati secangkir kopi, tetapi juga menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya. Sehingga, mampu menciptakan pengalaman ngopi yang berbeda.

Kopi yang disajikan beragam, mulai dari kopi hitam, kopi susu, hingga teh susu dan teh tarik. Namun, kalau ingin merasakan kopi tradisional, bisa pesan kopi hitamnya yang punya aroma semerbak.

Selain rasa kopi, di sini mereka juga masih menggunakan peralatan jadul dan unik. Bahkan, sejumlah peralatan sudah berusia satu abad.

Warung Kopi Ake lokasinya bisa ditemui di Jl. Veteran no 47. Tanjung Pandan, Bangka Belitung. Buka sejak pukul 07.00 - 00.00 WIB.

2. Warung Tung Tau

Warung kopi BelitungSelain terkenal dengan kopinya, warung kopi legendaris ini juga terkenal dengan roti panggangnya. Foto: Instagram @joypanhar

Warung Tung Tau juga tidak kalah populer. Berdiri sejak tahun 1938 di daerah jalan Muhidin Sungailiat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung.

Salah satu menu yang menarik di warung kopi ini yaitu kopi tariknya. Mereka menggunakan biji kopi dari Lampung yang dipanggang, kemudian diseduh, dan disajikan dengan campuran gula dan mentega.

Cita rasanya perpaduan antara pahit dari kopi dengan rasa manis gurih dari gula dan mentega.

Warung ini juga terkenal dengan hidangan roti panggang yang lezat dan cocok menjadi pendamping kopi tariknya. Roti panggangnya diproduksi sendiri, mulai dari roti sampai selainya. Pembakarannya menggunakan arang sehingga teksturnya lebih renyah dan tidak berminyak.

Warung Tung Tau bisa ditemui di lokasi yang ada di Jl. Muhidin No.87, Sungailiat, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33211. Buka 24 jam.

Penasaran dengan warung kopi legendaris lainnya di Belitung? Bisa dibaca pada halaman berikut ini!



Simak Video "Kedai Kopi M. Aboe Thalib Tabanan Suguhkan Kopi Saring-Susu Sejak 1940"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat