thif-live.com

5 Fakta Menakjubkan Air Zamzam dari Mikroskop hingga Hasil Penelitian

Air zamzam
Foto: Getty Images/Fendi Riandika

Jakarta -

Air zamzam merupakan air suci untuk umat Muslim karena bersumber dari sumur di Masjidil Haram. Menurut berbagai penelitian dan fakta di lapangan, air zamzam punya fakta menakjubkan ini.

Air zamzam adalah air yang menjadi incaran seluruh umat muslim saat beribadah umrah maupun haji. Air ini istimewa karena berasal dari sumur di kawasan Masjidil Haram yang ada sejak ribuan tahun lalu.

Kata 'zamzam' sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya 'melimpah ruah' dalam bahasa Indonesia. Penamaan ini sesuai fakta karena air zamzam tak akan pernah kering sampai akhir zaman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menilik sejarahnya, air zamzam pertama kali ditemukan oleh Siti Hajar. Ibunda Nabi Ismail ini menemukan mata air setelah berlarian antara bukit Shafa dan bukit Marwah untuk mencari air saat sang anak kehausan di tengah padang pasir.

Atas izin Allah SWT, saat itu malaikat Jibril menghentak kaki ke tanah hingga muncullah gemericik air. Dari tempat keluarnya air inilah Siti Hajar menggali tanah untuk menampung air yang keluar. Kemudian air tersebut ia pindahkan ke dalam kantung air untuk diberikan kepada sang anak.

ADVERTISEMENT

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1910 SM atau 2572 tahun sebelum kelahiran Rasulullah. Sampai sekarang air zamzam masih terus mengalir dari mata airnya.

Banyak penelitian dan fakta di lapangan juga mengungkap keistimewaan air zamzam. Berikut 5 di antaranya:

1. Keajaiban air zamzam dari sisi ilmiah

Air zamzamFoto: Getty Images/Fendi Riandika

Sumur air zamzam sudah sangat tua dengan usia lebih dari 4.000 tahun. Namun uniknya sumur tersebut tetap bersih. Tidak ada pertumbuhan biologis seperti ganggang atau partikel jamur di dalamnya.

Selain itu, air zamzam mengandung mineral yang sangat beragam. Hal ini tidak ditemukan pada sumber air lain di belahan dunia manapun.

Kualitas air zamzam dan kemurniannya tidak dapat diubah bahkan setelah dicampurkan sejumlah bahan kimia dan mencoba mengubah komposisinya. Oleh karena itu, kemurnian air zamzam tidak hanya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, tetapi juga merupakan sebuah keajaiban.

2. 34 komposisi air zamzam

Air zamzamFoto: Getty Images/Fendi Riandika

Selain kemunculannya yang istimewa dan mata airnya yang tidak pernah kering sampai sekarang, keunggulan air zamzam juga terlihat pada komposisinya. Air zamzam mengandung 34 unsur.

Komposisinya antara lain kalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium (Na) dan klorida (Cl) dalam konsentrasi yang lebih tinggi daripada air alami. Kemudian ada unsur antimon (Sb), berilium (Be), bismut (Bi), brom (Br), kobalt (Co), yodium (I), dan molibdenum (Mo) kurang dari 0,01 ppm. Jejak kromium (Cr), mangan (Mn), dan titanium (Ti) juga terlihat dalam air zamzam.

Sebuah studi hidrokimia memperlihatkan, air zamzam adalah air natrium klorida yang berasal dari meteorit. Keajaiban lain adalah bahwa jumlah empat unsur berbahaya, arsenik (As), kadmium (Cd), timbal (Pb), dan selenium (Se), berada di bawah tingkat risiko untuk diminum manusia.

Artinya, meskipun memiliki kandungan yang biasanya dianggap berbahaya, air zamzam secara ajaib masih aman dan sehat untuk dikonsumsi manusia. Tingginya kadar kalsium dalam air zamzam juga membuatnya lebih baik untuk dikonsumsi manusia.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah soal Keajaiban Air Zamzam

3. Kemurnian air zamzam menurut peneliti Jepang

Masya Allah! Kemurnian Air Zam Zam Diungkap oleh Peneliti JepangFoto: Facebook The Deen Show

Peneliti asal Jepang, Masaru Emoto melakukan penelitian ekstensif tentang air, namun tidak 'full' seperti penelitian ilmiah, tetapi lebih kepada perspektif pemikir orisinal seperti dikutip dari Facebook The Deen Show (9/8/19).

Ia pun meneliti air zamzam. Tidak seperti air lain, Emoto bilang sulit membekukannya meski sudah mengencerkan air zamzam dengan air sulingan.

Namun akhirnya ia berhasil mengkristalkan air zam zam setelah mencampurkan satu tetes air zam zam dengan 1.000 tetes air sulingan. Emoto lantas mendapati bentuk kristal yang unik pada air zam zam.

Ada dua kristal yang terbentuk yaitu satu kristal berada di atas kristal lainnya. Rekan peneliti Emoto lantas bilang terbentuknya dua kristal ini bisa jadi karena air zam zam terdiri dari dua kata yaitu "zam" dan "zam".

Ia menegaskan kualitas dan kemurnian air zam zam tidak ditemukan pada air manapun di dunia ini. Bahkan ketika air zam zam dicampurkan dengan air biasa, maka air biasa itu malah akan meningkat kualitasnya menyerupai air zam zam.

Mineral pada air zam zam juga jauh lebih tinggi dari pada air lain yang pernah diuji Emoto. Lebih istimewanya lagi, kualitas air zam zam tidak berubah meski didaur ulang. Air zam zam tetap terjaga kemurniannya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat