thif-live.com

Daging Kurban di Freezer Tahan Berapa Lama?

Daging Sapi Impor asal Brasil
Ilustrasi daging kurban. Foto: Almadinah Putri Brilian

Daftar Isi
  • Tujuan Menyimpan Daging dalam Freezer
  • Berapa Lama Daging yang Dibekukan di Dalam Freezer?
  • Apakah Daging Beku Tetap Aman Dikonsumsi?
  • Cara Membekukan Daging dengan Benar
  • Cara Mencairkan Daging Beku
Jakarta -

Saat hari raya kurban atau Idul Adha banyak masyarakat muslim yang berkurban dengan menyembelih kambing atau sapi untuk dibagikan ke kerabat atau tetangga-tetangganya.

Tak jarang saat momen ini tiba, daging merah melimpah di rumah. Karena tidak habis dalam sekali masak, beberapa orang memilih untuk menyimpannya di dalam freezer untuk waktu yang lama.

Namun, sebenarnya seberapa tahan lama daging merah disimpan di dalam freezer? Berikut penjelasan lengkap hingga ciri-ciri daging freezer yang sudah tidak layak konsumsi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tujuan Menyimpan Daging dalam Freezer

Menyimpan daging pada suhu ruangan memang agak riskan, dalam waktu 2 jam daging merah pada suhu ruangan akan segera terkontaminasi oleh bakteri. Bakteri akan terus membelah bahkan jika lebih lama lagi jutaan bakteri akan mengkontaminasi daging merah.

Menurut Hadja (2006) dalam jurnal tahun 2022 oleh Vinensia Ghina Gani, dkk, daging segar yang disimpan pada suhu ruang hanya bertahan selama 24 jam. Setelah itu, daging sudah menunjukan adanya kerusakan.

Kerusakannya dapat terjadi karena adanya pertumbuhan mikroorganisme, yang pada akhirnya mengakibatkan terjadinya pembusukan. Jika tetap dikonsumsi, daging yang sudah tidak layak makan didalamnya mengandung bakteri dan patogen yang efeknya sangat berbahaya bagi tubuh.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu untuk menyimpan daging kurban yang sangat banyak saat Idul Adha, sebaiknya disimpan di dalam freezer.

Dilansir dari National Institute of Health, menyimpan daging dalam freezer ditujukan untuk memperpanjang umur daging, menghambat pertumbuhan mikroba, serta mengurangi kerusakan pada daging.

Akan tetapi mengutip dari The Best Stop, apabila pembekuan daging tidak dilakukan dengan benar bisa merusak cita rasa dan kualitas daging. Lebih parahnya, hal ini juga bisa mengembangkan bakteri yang berbahaya.

Berapa Lama Daging yang Dibekukan di Dalam Freezer?

Walaupun bisa menghambat laju perkembangan bakteri dan patogen, batas waktu penyimpanan daging dalam freezer juga perlu diperhatikan.

Dilansir dari Healthline (11/6/2024), daging merah bisa disimpan dalam freezer selama 4-12 bulan. Sementara itu, untuk daging yang telah dimasak bisa disimpan di dalam kulkas hingga 3-4 hari atau jika disimpan di dalam freezer bisa 2-3 bulan.

Sebagai informasi tambahan, untuk jenis daging ayam bisa tersimpan hingga 9 bulan. Sementara untuk ikan bisa bertahan hingga 6-8 bulan didalam freezer.

Apakah Daging Beku Tetap Aman Dikonsumsi?

Tentu saja daging yang dibekukan dalam freezer akan tetap dikonsumsi. Berdasarkan catatan , meskipun terdapat perubahan kualitas naik dari segi rasa, tekstur, warna, dan lainnya, daging yang disimpan dibekukan tetap aman dikonsumsi.

Suhu nol derajat atau bahkan hingga minus yang ada dalam freezer, akan membekukan daging hingga menonaktifkan pergerakan bakteri dalam daging sehingga dapat mencegah pembusukan.

Belum lagi jika disimpan di dalam wadah yang proper dan kedap udara. Mungkin kualitas daging akan lebih baik.

Cara Membekukan Daging dengan Benar

Dari catatan , membekukan daging minimal kamu harus mengatur suhu - 17 °C atau lebih rendah. Kemudian tempat untuk menyimpannya juga bebas, Food and Drug Administration (FDA) menyarankan wadahnya berbahan alumunium foil, bungkus plastik, atau kertas freezer.

Namun untuk menjaga kualitas daging lebih baik, The Best Stop membagikan tips menyimpan daging dalam freezer agar kualitasnya terjaga pada poin berikut.

  1. Jangan bekukan daging dalam porsi besar sekaligus. Kalau bisa simpan daging dalam porsi sekali makan dengan label jenis potongan, kuantitas, dan tanggal.
  2. Bekukan daging secepat mungkin untuk mencegah pembentukan kristal es besar yang dapat menyebabkan freezer burn dan membuat daging lebih kering dan keras saat dicairkan.
  3. Hindari membiarkan daging beku terkena udara luar. Meskipun vacuum sealer paling ideal, kamu bisa menggunakan kertas freezer, aluminium foil, atau kantong ziplock kedap udara untuk membungkusnya.
  4. Atur suhu setidaknya -17°C.

Cara Mencairkan Daging Beku

Selain membekukan daging, berikut tips untuk mencairkan daging beku dengan baik dan benar.

  1. Jangan mencairkan daging di atas meja atau di luar ruangan karena dapat menyebabkan bakteri.
  2. Lebih baik dicairkan semalaman di dalam kulkas. Atau jika terburu-buru gunakan wadah dengan air dingin dan ganti airnya setiap 30 menit sekali.
  3. Jika mendesak lebih baik gunakan microwave, tetapi konsekuensinya mungkin tekstur daging akan berubah.


Kenali Daging Kurban yang Aman Dikonsumsi

Kenali Daging Kurban yang Aman Dikonsumsi


(khq/khq)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat