thif-live.com

Keluh Kesah Pemilik Kafe pada Rojali alias Rombongan Jarang Beli

Ngopi di kafe
Foto: iStock

Jakarta -

Pemilik kafe di Yogyakarta mengungkapkan keluh kesahnya terhadap fenomena rojali alias rombongan jarang beli. Pasalnya, rojali bisa bikin usaha kafe tak jalan.

Nongkrong di kafe kian menjadi pilihan banyak orang sebagai tempat yang nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari diskusi, meeting, kerja, dan lainnya.

Itu merupakan hal yang wajar, selama pengunjung tersebut juga membeli makanan dan minuman dari kafe yang dikunjunginya. Pasalnya, tak sedikit orang yang ogah rugi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Maksudnya, mereka berkunjung ke kafe untuk memanfaatkan tempat dan wifi tanpa memesan makanan. Hal ini menjadi sorotan khususnya bagi pemilik kafe.

1. Keluh kesah pemilik kafe

ADVERTISEMENT
Ngopi di kafeNgopi di kafe Foto: iStock

Seperti yang disampaikan oleh Agus Arya, pemilik kafe bernama Kopi Pakpho di Yogyakarta. Lewat Instagramnya @agus_arrya (14/06/24) ia menyampaikan keluh kesahnya.

Dalam video yang dikonfirmasi (19/06/24) ia mengaku resah dengan rojali atau rombongan jarang beli. Menurutnya, rojali didominasi oleh oknum mahasiswa.

"Istilah ini ditujukan untuk mereka yang datang ke kafe atau kedai kopi tapi gak order, melainkan hanya numpang duduk dan menggunakan wifi," tutur Agus Arya.

2. Ciri-ciri rojali

Ngopi di kafeNgopi di kafe Foto: iStock

Agus Arya mengatakan bahwa ciri-ciri rojali biasanya datang satu sampai dua orang di awal. Kemudian, lama-kelamaan akan menjadi banyak dan bergerombol.

"Lama-kelamaan jadi berkembang biak menjadi banyak. Setiap kali kita tawarin menu, jawabannya masih nunggu teman. Setelah kita tunggu, temannya itu datang dengan membawa cilok dan es teh dari luar," ujar Agus Arya.

"Lain kali saran saya, kalau melakukan rapat atau diskusi mending di depan tukang cilok ajar, gelar tikar. Malah lebih syahdu," lanjut Agus Arya.

Keluh kesah barista soal rojali ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Rekomendasi Tempat Ngafe Sambil Main Board Game yang Seru"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat