thif-live.com

8 Arti Letak Alat Makan di Restoran, Jangan Sampai Salah Ya!

ilustrasi makan bersama di restoran
Foto: Ilustrasi makan di restoran (Getty Images/surachetsh)

Daftar Isi
  • 8 Arti Letak Alat Makan di Restoran
  • 1. Siap untuk Makan 2. Belum Selesai Makan 3. Siap untuk Hidangan Berikutnya 4. Tidak Puas dengan Makanan 5. Puas dengan Makanan 6. Akan Datang Kembali 7. Kecewa dengan Pelayanan 8. Saya Sudah Selesai Makan
Jakarta -

Bagi sebagian orang, letak garpu dan pisau di atas piring mungkin tampak sepele. Tapi ternyata, ada makna dan pesan tersembunyi di balik penataannya.

Dengan memahami arti dari setiap posisi alat makan, kamu bisa berkomunikasi dengan halus dengan staf restoran. Selain itu, hal ini juga menunjukkan kesopanan dan pengetahuan tentang tata krama yang baik. Yuk, ketahui beberapa arti letak alat makan di restoran!

8 Arti Letak Alat Makan di Restoran

Arti letak alat makan di restoran penting untuk diketahui. Sehingga, nantinya kamu tidak asal taruh dan salah dalam memberikan isyarat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Siap untuk Makan

Saat bersiap untuk makan, terdapat kode yang dapat disampaikan ke pelayan restoran. Mengutip Times of India, caranya dengan mengangkat serbet yang biasanya ada di atas piring.

Sementara itu, pisau berada di sisi kanan dan garpu di sisi kiri piring. Dengan begini, pelayan restoran bisa tahu bahwa kamu sudah siap menerima makanan.

ADVERTISEMENT

2. Belum Selesai Makan

Seringkali, santap makan di restoran dilakukan bersama teman atau keluarga.
Ketika ingin berhenti sebentar saat menyantap makanan, misalnya untuk mengobrol, ada isyarat yang bisa ditunjukkan.

Menurut laman Hotel Servigroup Montiboli, letakkan garpu dan pisau di tengah piring dengan ujung saling berhadapan membentuk huruf V terbalik. Dengan begitu, pelayan tahu bahwa kamu masih ingin melanjutkan makan.

3. Siap untuk Hidangan Berikutnya

Jika siap untuk menyantap makanan selanjutnya, kamu juga bisa memberikan isyarat. Caranya yaitu ubah sedikit posisi garpu.

Letakkan pisau dan garpu menjadi bentuk tanda plus atau tambah. Pisau diletakkan secara horizontal dan garpu dalam posisi vertikal di atasnya.

4. Tidak Puas dengan Makanan

Kamu bisa menunjukkan kepuasan atau ketidakpuasan mengenai makanan yang dihidangkan melalui isyarat. Jika tidak suka dengan rasa makanannya, letakkan garpu dan pisau secara menyilang.

Dengan cara ini, pelayan akan mengetahui penilaianmu tanpa memberitahukannya secara langsung. Sehingga, isyarat yang diberikan akan meminimalisisr perkataan yang mungkin menyakitkan para pekerja restoran.

5. Puas dengan Makanan

Untuk menunjukkan kepuasan terhadap hidangan yang disajikan dan ingin mengucapkan terima kasih kepada juru masak kamu bisa memberikan isyarat dengan mudah. Mengutip laman Falcon Company, letakkan garpu dan pisau secara horizontal di atas piring dengan posisi pegangan pisau dan garpu berada di sebelah kiri.

6. Akan Datang Kembali

Saat merasa puas dengan hidangan, kamu tak hanya bisa menunjukkan isyarat bahwa masakan tersebut enak. Kamu juga bisa mengisyarakan bahwa akan datang kembali ke restoran tersebut.

Cara menyampaikan kode itu adalah dengan meletakkan garpu secara terbalik di atas piring. Bagian gagang garpu mengarah ke jarum jam angka 7.

7. Kecewa dengan Pelayanan

Tak jarang, pengunjung restoran kecewa dengan pelayanan yang diberikan. Sebab, selain rasa makan, pelayanan juga menjadi pertimbangan pengunjung datang kembali atau tidak ke restoran.

Masukkan pisau ke dalam ujung garpu di atas piring. Dengan begitu, secara tidak langsung hal itu menunjukkan isyarat bahwa kamu tidak menikmati layanan yang diberikan.

8. Saya Sudah Selesai Makan

Selain memulai makanan, ada isyarat yang diberikan ketika selesai makan. Letakkan garpu dan pisau sejajar ke arah vertikal di atas piring. Hal ini bisa dilakukan ketika kamu ingin menyudahi makan karena sudah merasa kenyang.

Itulah delapan arti letak alat makan di restoran. Sekarang kamu sudah memahaminya bukan?



Warung Joglo Si Embah: Aneka Lauk ala Jawa di Bekasi

Warung Joglo Si Embah: Aneka Lauk ala Jawa di Bekasi


(elk/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat