thif-live.com

Terungkap! 5 Kesalahan Paling Umum Bikin Es Kopi Menurut Barista

Terungkap! 5 Kesalahan Paling Umum Saat Bikin Es Kopi Menurut Barista
Foto: Getty Images/PJjaruwan

Jakarta -

Banyak orang kini bikin es kopi sendiri di rumah. Namun barista mengungkap 5 kesalahan paling umum yang sering dilakukan sehingga membuat rasanya kurang maksimal. Jangan dilakukan ya!

Semakin banyak orang yang menggandrungi kopi. Mereka merasa tak bersemangat kalau belum minum kopi pada pagi atau siang hari. Alhasil praktik bikin kopi sendiri di rumah pun jamak dilakukan.

Salah satu jenis minuman yang paling sering dibuat adalah es kopi. Campuran kopi hitam, kadang dengan susu, ditambah es batu dan pemanis sesuai selera.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Es kopi yang nikmat seperti buatan barista di kedai kopi ternyata perlu dibuat dengan trik khusus. Jangan sampai melakukan 5 kesalahan umum berikut, seperti diungkap HuffPost (12/6/2024) berikut ini:

1. Pakai terlalu banyak air

Banyak orang lupa kalau es batu akan mencair perlahan setelah diracik menjadi es kopi. Karenanya jangan menambahkan terlalu banyak air saat membuatnya karena nanti berakhir membuat es kopi terlalu berair (watery). Rasa es kopi pun juga akan semakin kurang kuat.

ADVERTISEMENT

Sebagai solusi, Kathleen McCarthy dari perusahaan kopi Lavazza, Italia merekomendasikan rasio yang lebih kuat untuk meraciknya. Gunakan 1 gram bubuk kopi untuk 12 gram air atau 1:8 kalau mau lebih kuat lagi. Dengan begitu, cita rasa kopi masih akan tetap terasa meski es nantinya mencair. Namun hindari juga menggunakan terlalu sedikit air saat menyeduh kopi karena nanti rasa kopi akan asam.

2. Menuang kopi panas ke atas es

Terungkap! 5 Kesalahan Paling Umum Saat Bikin Es Kopi Menurut BaristaFoto: Getty Images/PJjaruwan

Kesalahan lain yang banyak dilakukan saat bikin es kopi adalah menuangkan langsung kopi yang masih panas ke dalam gelas berisi es batu. Cara ini bikin cita rasa kopi melemah karena membuat rasio air lebih banyak akibat es yang meleleh dengan cepat.

Sebagai solusi, McCarthy menyarankan untuk mendinginkan lebih dulu kopi di kulkas sebelum menuangkannya ke atas es. Kopi pun tidak akan cepat berair. Namun, kalau kamu tak mau menunggu kopi dingin, bisa diakali dengan mengganti es batu biasa memakai es batu yang dibuat dari air kopi.

Cara lain adalah dengan menyeduh kopi bersama es menggunakan komposisi kopi yang lebih kuat. Jika biasanya 1 gram kopi banding 16 gram air, maka bisa diubah menjadi 1 gram kopi banding 12 gram air menjadi 4 gram es. McCarthy menyarankan jika menyeduh 20 gram kopi dengan 240 gram air panas, maka sajikan dengan 80 gram es batu agar rasa kopi tetap terasa sampai tetes terakhir.

3. Tidak menyimpan seduhan kopi dengan benar

Laila Ghambari, pemenang Barista Champion Amerika Serikat tahun 2014 mengungkap kesalahan saat bikin es kopi lainnya. Kesalahan itu adalah kamu menyimpan seduhan kopi di kulkas untuk proses pendinginan, dalam posisi wadah kopi terbuka.

Ghambari bilang ini akan mempengaruhi aroma dan rasa kopi menjadi kurang enak karena terpapar dengan makanan dan minuman lain di kulkas. Solusinya, simpan kopi di wadah tertutup rapat. Hindari menaruhnya di suhu ruang karena kemungkinan akan lebih cepat berjamur.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat