thif-live.com

Hati-Hati! 3 Kesalahan Ini Bikin Daun Bawang Cepat Busuk

daun bawang
Foto: Getty Images/Jamesmcq24

Jakarta -

Daun bawang menjadi bahan yang sering dipakai dalam masakan. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan dan mengolahnya agar tidak cepat layu.

Daun bawang merupakan salah satu bahan yang seringkali dipakai dalam berbagai masakan dari penjuru dunia, mulai dari masakan Indonesia, China, Korea, hingga India.

Penambahan daun bawang dapat membuat aroma dan rasanya semakin nikmat. Terlebih, daun bawang juga menawarkan manfaat sehat jika dikonsumsi rutin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meskipun terlihat sepele, tetapi penambahan daun bawang dalam masakan dapat memberi perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, pastikan untuk menambahkan daun bawang berkualitas baik.

Selain itu, cara penyimpanan dan pengolahannya juga harus tepat. Untuk menghindari daun bawang cepat rusak atau busuk, kamu perlu memerhatikan kesalahan sederhana ini, seperti dilansir dari thedailymeal.com (28/06/2024).

ADVERTISEMENT

1. Mencuci daun bawang

Daun bawangTidak perlu sampa mencucinya karena bisa membuat daun bawang cepat lembek. Foto: Getty Images/Semen Antonov

Beberapa orang mencuci daun bawang sebelum memakainya. Namun, langkah ini sebenarnya merugikan.

Daun bawang akan rusak karena terlalu banyak air. Mencucinya terlebih dahulu hanya akan membuat daun bawang cepat lembek.

Oleh karena itu, lebih baik daun bawang dibilas sebentar secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar daun bawang tetap segar, renyah, dan siap digunakan.

2. Membiarkan daun bawang tergenang air

Daun bawangJangan sampa juga membiarkan daun bawang tergenang air. Foto: Getty Images/Semen Antonov

Selain dicuci, daun bawang juga sebaiknya tidak dibiarkan menggenang dalam air. Terlalu banyak air akan merusak daun bawang dan membuatnya menjadi kering.

Mencuci daun bawang sebelum disimpan berarti menghilangkan semua pertahanan luarnya. Namun, bukan berarti kamu harus langsung memasukkannya ke dalam kulkas.

Ketika membeli daun bawang, carilah yang terlihat kurang matang. Artinya, punya daun yang tidak terlalu layu dan memiliki daun hijau berwarna muda.

Sebelum menyimpannya, lepaskan karet atau pengikat yang menyatukannya karena ini dapat memerangkap kelembaban. Letakkan daun bawang di atas tisu dapur kering tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu.

Gulung tisu dapur dengan longgar sehingga membentuk satu bundel daun bawang. Simpan daun bawang berbungkus tisu itu di dalam kantong plastik tertutup rapat.

Tisu dapur yang kering akan mencegah daun bawang berjamur, tetapi menyegelnya dalam kantong plastik akan memerangkap kelembaban yang ada. Sehingga, menciptakan lingkungan yang seimbang.

Setelah dibungkus kantong plastik, barulah daun bawang itu disimpan dalam kulkas. Daun bawang pun dapat bertahan sampai tiga minggu berikutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat