thif-live.com

Ada Kode Sakral '86' di Dapur Restoran, Apa Artinya?

Ada Kode Sakral 86 di Dapur Restoran, Apa Artinya?
Foto: Getty Images/AnnaStills

Jakarta -

Ada beberapa kode yang digunakan pada instansi tertentu untuk menyatakan suatu hal secara rahasia. Ternyata di dapur restoran juga ada kode '86'. Apa artinya?

Setiap instansi dan lembaga biasanya memiliki kode-kode yang bertujuan untuk mengirimkan pesan secara rahasia. Awamnya kode rahasia ini mungkin terdengar hanya dipakai badan intelijen saja, ternyata tidak.

Di dapur restoran sekalipun ada kode-kode yang dilontarkan oleh para chef di dalamnya. Kode angka dan beberapa kode lainnya memiliki arti masing-masing yang menandakan bagaimana sebuah hidangan makanan harus diperlakukan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seorang komedian James Corden pernah suatu kali membocorkan kode rahasia di dapur restoran yang membuat dirinya dilarang datang ke suatu restoran. Menurut penuturannya, ia mengetahui kode tersebut dari Gordon Ramsay selaku selebriti chef terkenal.

Baca juga: Kacau! Sepasang Pelanggan Dihujat Gegara Kotori Meja Restoran

ADVERTISEMENT
Ada Kode Sakral '86' di Dapur Restoran, Apa Artinya?Ada kode rahasia yang ternyata berlaku di restoran dengan makna untuk menyingkirkan sesuatu. Foto: Getty Images/AnnaStills

Melansir Ladbible (3/7) ada salah satu kode rahasia yang jika diucapkan di dapur restoran memiliki artinya yang cukup berbahaya. Kode rahasia ini merupakan angka '86' yang terdengar mirip dengan kode yang seringkali disebutkan oleh anggota kepolisian.

Ternyata James Corden selaku komedian dan pembawa acara pernah membahas arti kode tersebut. Ia mengaku mengetahui dan mempelajari kode itu dari acara televisi Ramsay's Nightmare Kitchen yang dipimpin langsung oleh chef Gordon Ramsay.

Konon setelah ia mengetahui kode tersebut dirinya kini dilarang memasuki sebuah restoran. Balthazar, menjadi restoran populer di New York, Amerika Serikat yang melarang Corden gegara kode tersebut.

Arti kata '86' yang dipakai di restoran ternyata memiliki arti untuk membuang sesuatu. Biasanya kode ini digunakan untuk menyebutkan bahan-bahan makanan di dalam kulkas yang sudah tak layak pakai.

Ada Kode Sakral '86' di Dapur Restoran, Apa Artinya?Tak hanya bahan makanan tetapi tamu restoran juga bisa di-'86'-kan. Foto: Getty Images/AnnaStills

Karenanya bahan-bahan makanan tersebut harus segera dibuang dan disingkirkan untuk tidak dimasak lagi. Tetapi ada beberapa insiden yang seringkali memaksa para pekerja restoran untuk menggunakan istilah '86' guna mengusir tamu.

Salah satu seorang pekerja restoran menyebut keputusan itu diberikan jika memang tamunya mengganggu. Tamu yang kasar dan gemar bikin onar disebut seringkali menjadi korban yang di '86'-kan oleh restoran.

"Aku tidak pernah bertemu James Corden, tetapi selama aku bekerja di restoran-restoran selama bertahun-tahun dan jika kamu di-'86'-kan berarti kalian benar-benar buruk," ujar salah satu netizen yang merahasiakan identitasnya.

Ternyata James Corden angkat suara alasan dirinya berujung di-'86'-kan oleh restoran tersebut. Bukan karena mengetahui rahasianya tetapi dirinya sempat protes di sana saat istrinya dihidangkan makanan yang mengandung alergen dan membahayakan kesehatan istrinya.



Belajar Merajut Sambil Nongkrong di BSD Tangerang

Belajar Merajut Sambil Nongkrong di BSD Tangerang


(dfl/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat