thif-live.com

Bakso di Warung Kaki Lima Rp 40 Ribu Seporsi Dikritik Kemahalan

Bakso di Warung Kaki Lima Rp 40 Ribu Seporsi Dikritik Kemahalan
Foto: X/Twitter

Jakarta -

Perdebatan masalah harga makanan di tempat makan memang tak ada habisnya. Seperti harga seporsi bakso di warung kaki lima ini yang dinilai terlalu mahal.

Selain mie ayam, bakso menjadi jajanan primadona yang mudah ditemukan di pinggir jalan dan di warung makan kaki lima. Kisaran harga bakso di kota-kota besar sekitar Rp 15.000 - Rp 25.000. Memang ada beberapa harga bakso yang bisa mencapai Rp 70.000 per porsinya jika sudah masuk kelas restoran.

Tapi rupanya ada juga seporsi bakso sederhana di warung kaki lima yang harganya mencapai Rp 40.000 per porsinya. Kejadian inilah yang diunggah lewat akun @sosmedkeras di X (Twitter) (09/07).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Akun tersebut membagikan dua foto berisi semangkok bakso isi lima butir, dengan mie kuning dan sawi. Kemudian di foto kedua ada struk yang berisi harga bakso Rp 40.000 seporsi dan es teh seharga Rp 15.000 per gelas.

Bakso di Warung Kaki Lima Rp 40 Ribu Seporsi Dikritik KemahalanBakso di Warung Kaki Lima Rp 40 Ribu Seporsi Dikritik Kemahalan Foto: X/Twitter

"Ditempat kalian berapa kak?" tanya admin @sosmedkeras yang cuitan ini langsung mengundang perdebatan di antara netizen. Banyak yang merasa warung kaki lima yang tak disebutkan lokasinya ini termasuk getok harga karena harga makanan yang terbilang mahal.

ADVERTISEMENT

"Kalau bakso mungkin masih masuk akal dengan asumsi kalau baksonya menggunakan banyak daging sapi. Tapi untuk harga Rp 40.000 tetap gak wajar. Yang saya perhatikan di sini adalah harga es tehnya yaitu Rp 15.000. Margin es teh cuma Rp 3.000 aja itu profitnya udah Rp 2.000. Ini Rp 15.000 berarti mengambil untung dari es teh sekitar Rp 14.000. Warung getok harga begini bahaya banget. Harusnya tanya dulu dari awal," komen @bangv****.

"Baksonya kelihatan mirip bakso yang kemasan harga Rp 10.000 yang isi 10 butir tau. Makanya kalau makan baksomeding liat tempatnya yang ada spanduk pasang menu dan harga, jadi kaya kita tahu dari awal dan gak bisa dibuat-buat tuh harga (oleh penjualnya)," saran @kay***.

Bakso di Warung Kaki Lima Rp 40 Ribu Seporsi Dikritik KemahalanBakso di Warung Kaki Lima Rp 40 Ribu Seporsi Dikritik Kemahalan Foto: X/Twitter

"Gara-gara begini jadi banyak orang males makan di warung pinggir jalan. Mending makan langsung di restoran atau resto cepat saji yang udah jelas harganya," kritik @rah**.

Banyak juga netizen yang mengingatkan bahwa wajib hukumnya bertanya tentang harga makanan sebelum memesan di tempat makan yang tak memiliki menu harga.

"Gak bosen-bosen gue ingetin: kalau di tempat (makan) wisata, WAJIB TANYA HARGA sebelum pesan. Kalau pelayannya gak mau jawab atau ngeles 'di sini murah kok, harga kaya biasalah,' mending pindah rumah makan, udah dijamin 100% getok harga," saran @ind***.

Sebelumnya banyak kejadian serupa yang dialami netizen saat makan di warung kaki lima. Salah satunya pengalaman getok harga yang dialami akun foodies @fodiizh di TikTok, ia kecewa makan nasi ulam kaki lima di kawasan Jalan Sabang, Jakarta Pusat yang terlalu mahal.

Baca Juga: Viralkan Kejadian Getok Harga, Foodies Ini Diancam Pemilik Warung" selengkapnya



Kuliner Legendaris Bakso Bandi di Tangerang, Berdiri Sejak 1968

Kuliner Legendaris Bakso Bandi di Tangerang, Berdiri Sejak 1968


(sob/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat