thif-live.com

Kenali 4 Perbedaan Ekstrak Kopi Populer, Jangan Sampai Salah!

Kenali 4 Perbedaan Ekstrak Kopi Populer, Jangan Sampai Salah!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Francesco Marzovillo

Jakarta -

Berbagai racikan kopi pasti menggunakan ekstrak kopi sebagai bahan utamanya. Ternyata ada beberapa jenis ekstrak kopi yang berbeda-beda. Kenali perbedaannya!

Ada banyak racikan kopi yang dapat dipesan di papan menu pada kafe. Mulai dari cappucino, latte, caramel macchiato, hingga berbagai menu-menu rahasia yang tak tertulis secara gamblang.

Tetapi dari semua menu tersebut ada satu bahan yang sama, yaitu ekstrak kopi. Ekstrak kopi tidak hanya sekadar espresso yang pahit dan kental tetapi ada banyak jenisnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Masing-masing jenis ekstrak kopi digunakan berdasarkan pesanan pelanggan dan minuman yang hendak disajikan. Agar tak salah saat memesan, kenali perbedaan ekstrak kopi yang berpengaruh pada hasil racikannya.

Baca juga: Ada Kode Sakral '86' di Dapur Restoran, Apa Artinya?

ADVERTISEMENT

Berikut ini 4 jenis ekstrak kopi melansir beberapa sumber:

Kenali 4 Perbedaan Ekstrak Kopi Populer, Jangan Sampai Salah!Espresso mengekstraksi 15 gram kopi dengan 30 mililiter air. Foto: Getty Images/iStockphoto/Francesco Marzovillo

1. Espresso

Mengutip Two Chimps Coffee, espresso dapat diartikan sebagai ekstrak kopi yang membutuhkan tekanan tinggi. Bubuk kopi akan diseduh dengan tekanan tinggi hingga menghasilkan ekstrak dan creamy di bagian atasnya.

Kunci utama pada pembuatan espresso adalah air panas, tekanan tinggi, dan kopi bubuk yang sangat halus. Pada pembuatan espresso dibutuhkan rasio atau perbandingan antara kopi dan air 1:2.

Artinya untuk 15 gram bubuk kopi akan membutuhkan 30 gram air pada proses ekstraksinya. Espresso umumnya digunakan untuk racikan cappucino, affogato, americano, dan lainnya.

2. Ristretto

Secara harfiah ristretto berasal dari bahasa Italia yang berarti 'restricted' atau terbatas. Ristretto memiliki rasa pahit yang tidak sepekat espresso jika dicampurkan ke dalam segelas kopi.

Untuk menyeduh ristretto dibutuhkan waktu hanya 15 detik. Perbandingan antara kopi dan airnya juga hanya 1:1 artinya, 15 gram kopi untuk 15 mililiter air.

Proses ristretto menghentikan penyeduhan pada detik ke 15 atau setengah jalan dari pembuatan espresso. Hasilnya rasa manis alami dari kopi yang akan masuk ke dalam cangkir tanpa membawa rasa pahitnya.

Perbedaanlungo dandoppio ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Belajar Merajut Sambil Nongkrong di BSD Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat