thif-live.com

Tedak Siten Azura Anak Atta dan Aurel, Ini Makna Melewati Tujuh Jadah

Tedak Siten memiliki prosesi melewati tujuh jadah dengan maknanya
Foto: Instagram @aurelie.hermansyah

Jakarta -

Atta dan Aurel menggelar Tedak Siten, prosesi adat saat pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki. Salah satunya ada prosesi melewati tujuh jadah.

Keluarga Atta dan Aurel kembali menggelar upacara adat dari tanah Jawa, yaitu Tedak Siten. Tedak artinya turun, sementara siten artinya tanah. Upacara ini diselenggarakan untuk merayakan seorang anak yang belajar menginjakkan kakinya.

Rangkaian upacara adat ini juga dilakukan untuk anaknya yang ke-2, yaitu Azura Humaira Nur Atta. Acara ini berlangsung, kemarin (8/7) dan dihadiri seluruh anggota keluarga besar Atta dan Aurel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tedak Siten memiliki prosesi melewati tujuh jadah dengan maknanyaTedak Siten memiliki prosesi melewati tujuh jadah dengan maknanya Foto: Instagram @aurelie.hermansyah / iStock

Pada upacara adat Tedak Siten, terdiri atas beberapa prosesi. Di antaranya ada beberapa urutan prosesi, yaitu membersihkan kaki anak, melewati tujuh jadah, naik tangga, masuk ke kurungan, memandikan anak, dan menyebar udhik-udhik, seperti dikutip dari detikJogja (19/2/2024).

Salah satu prosesinya adalah Melewati Tujuh Jadah. Jadah ini adalah makanan khas Jawa yang terbuat dari beras ketan. Dalam prosesi ini, jadah tersebut diberikan warna merah, putih, hijau, kuning, biru, merah muda, dan ungu.

ADVERTISEMENT

Ternyata, prosesi melewati tujuh jadah ini memiliki makna tersendiri. Apa saja maknanya?

Warna yang beragam pada jadah ini menggambarkan berbagai rintangan hidup yang nantinya harus dihadapi anak. Lalu, tujuh memiliki simbol pitulungan atau pertolongan, diambil dari bahasa Jawa yaitu pitu.

Tedak Siten memiliki prosesi melewati tujuh jadah dengan maknanyaIlustrasi Tedak Siten Foto iStock

Masing-masing warna jadah ini memiliki makna tersendiri. Jadah berwarna merah berarti berani yang mengharapkan agar anak berani dalam melangkah dalam kehidupan.

Jadah berwarna kuning artinya kekuatan lahir batin. Lalu, ada warna putih yang berarti kesucian hati dan pikiran, biru berarti ketenangan jiwa.

Lalu, warna hijau berarti kesuburan, merah muda berarti cinta dan kasih sayang. Serta warna ungu yang memiliki arti kesempurnaan atau puncak.

Saat melangkahi setiap jadah itu, Azura dibantu oleh kedua orang tuanya. Ameena, sang kakak juga tampak gemas mengikutinya.



Pizza Viral dengan Topping Melimpah Dijual di Perumahan Mewah

Pizza Viral dengan Topping Melimpah Dijual di Perumahan Mewah


(yms/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat