thif-live.com

Olahan Darah Sapi Ini Jadi Menu Sarapan Favorit di Korea Selatan

Olahan Darah Sapi Ini Jadi Menu Sarapan Favorit di Korea Selatan
Foto: TikTok

Jakarta -

Menu sarapan di Korea Selatan banyak yang unik. Salah satu yang populer menu sarapan yang diolah dari darah sapi yang segar.

Darah hewan adalah bagian yang tidak umum dikonsumsi, namun bukan berarti tidak ada makanan yang terbuat dari darah hewan di dunia. Sejarah justru mencatat darah hewan sejak dulu dikonsumsi di berbagai negara.

Darah hewan dianggap sebagai bahan makanan enak, bernutrisi, dan memiliki sifat menyembuhkan seperti 'obat'. Miranda Brown, seorang profesor di Universitas Michigan, Amerika Serikat mengatakan praktik mengonsumsi darah hewan sangat jamak di China.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak hanya di China, konsumsi darah hewan seperti darah sapi dan babi juga umum di Korea Selatan. Bahkan sampai sekarang salah satu menu sarapan populer di sana terbuat dari darah sapi yang diolah menjadi sup.

Olahan Darah Sapi Ini Jadi Menu Sarapan Favorit di Korea SelatanOlahan Darah Sapi Ini Jadi Menu Sarapan Favorit di Korea Selatan Foto: TikTok

Salah satu akun TikTok @interesting.soul92 (10/07) menyebutkan darah sapi erat kaitannya dengan menu sarapan populer di Korea Selatan. Dalam video berdurasi lebih dari satu menit itu, tampak salah satu restoran yang menjual menu darah sapi.

ADVERTISEMENT

Setiap pagi pemilik resto menyiapkan aneka sayuran rebus seperti tauge hingga sawi putih untuk dijadikan lauk pendamping. Sementara menu utamanya adalah darah hewan sapi yang dikirim langsung dari rumah peternakan dan kondisinya masih segar.

Darah sapi yang bentuknya mengental seperti jelly kemudian direbus sampai matang. Lalu kuah sup diolah dari kaldu sapi yang dicampur dengan berbagai rempah dan bumbu yang menghilangkan rasa amis dari darah sapi.

Olahan Darah Sapi Ini Jadi Menu Sarapan Favorit di Korea SelatanOlahan Darah Sapi Ini Jadi Menu Sarapan Favorit di Korea Selatan Foto: TikTok

Darah sapi direbus dan warnanya menghitam mirip seperti puding yang kenyal. Selanjutnya pemilik resto menyiapkan aneka sayuran rebus itu dengan kuah kaldu sapi yang sudah kental, lalu potongan puding darah sapi.

Menurut yang sudah mencicioi menu ini, aroma dari darah sapinya memang cukup kuat tapi tertolong dengan rempah hingga irisan daun bawang yang menyamarkan rasa amis.

Sseporsi menu puding darah sapi ini harganya juga cukup murah sebagai menu sarapan di Korea Selatan yaitu sekitar 4.000 KRW (Rp 47.000). Cukup terjangkau untuk menu sarapan yang enak dan menghangatkan.

Video pembuatan darah sapi jadi menu sarapan ini berhasil menarik perhatian netizen di TikTok. Dalam waktu singkat, video pembuatan sup darah daging sapi ini sudah ditonton lebih dari 2,7 juta kali dan mendapatkan lebih dari 760 komentar yang beragam.

Ada yang menuturkan bahwa rasa makanan ini enak, ada juga yang bingung mengapa tekstur darah bisa berubah menyerupai jelly bakan mirip seperti potongan hati sapi.

"Waktu kecil suka beli darah kaya gini, ditusuk-tusuk kayak sate, aku pikir hati ayam terus bapakku bilang jangan dibeli lagi. Ternyata itu darah ayam bukan hati ayam. Haram dimakan, sejak itu gak pernah beli lagi sampe sudah kepala empat," ungkap @ca**.

Olahan Darah Sapi Ini Jadi Menu Sarapan Favorit di Korea SelatanOlahan Darah Sapi Ini Jadi Menu Sarapan Favorit di Korea Selatan Foto: TikTok

"Darah hewan yang udah keluar dari tubuh sudah jadi tempat berkumpulnya bakteri, gak bagus ya itu guys," saran @wish**.

"Tidak terima kasih, saya tidak mau coba makanan seperti ini. Saya akan tetap memesan burger keju dengan daging patty double," komen salah satu netizen asal Amerika.

Meski mengundang pro dan kontra, konsumsi darah hewan memang cukup lumrah di beberapa negara. Seperti di Vietnam hingga Thailand. Sementara di dalam agama Islam, hukum makan darah hewan termasuk ke dalam makanan yang haram dan tak boleh dimakan oleh umat Islam.

Baca Juga: Mengapa Makanan Mengandung Darah Haram untuk Muslim? Ini Jawabannya!" selengkapnya



Denmark Tarik Peredaran Mie Samyang Korea

Denmark Tarik Peredaran Mie Samyang Korea


(sob/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat