thif-live.com

11 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Bisa Bikin Awet Muda Loh!

Buah Naga
Foto: Getty Images/iStockphoto/KOEUTH PHEAP

Jakarta -

Buah naga merupakan buah tropis dengan penampilan yang unik. Buah naga memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis, perpaduan dari buah kiwi dan pir. Nama dan bentuk buah ini mengingatkan kita pada hewan bernapas api yang biasanya muncul dalam cerita rakyat. Tidak hanya memiliki tampilan yang unik dan warna yang cerah, buah naga juga memiliki banyak nutrisi.

Dilansir PharmEasy, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga yakni, vitamin C, E, magnesium, dan zat besi. Selain mengandung banyak nutrisi, buah naga juga mengandung banyak senyawa yang bermanfaat bagi tubuh, seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin.

Buah yang luar biasa ini sarat dengan manfaat kesehatan yang dapat mengatasi berbagai kondisi kesehatan.Berikut ini 11 manfaat buah naga yang baik bagi kesehatan tubuh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

11 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

1. Baik Bagi Kesehatan Usus

Buah naga memiliki senyawa prebiotik yang sangat baik dan bagus untuk meningkatkan kesehatan usus. Buah ini juga diketahui dapat memperbaiki gejala radang usus. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi lebih banyak prebiotik dalam tubuh kamu dapat mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan dan diare.

Prebiotik juga dapat mencegah atau mengurangi risiko kanker usus besar. Prebiotik membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Oleh karena itu, prebiotik dalam buah naga dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri sehat dalam sistem pencernaan kita.

ADVERTISEMENT

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Buah naga mengandung serat dalam jumlah tinggi yang menjaga kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Konsumsi buah ini secara teratur dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah konsekuensi medis lebih lanjut di kalangan penderita diabetes.

Oleh karena itu, buah naga sering direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita gula karena membantu mengontrol dan mencegah peningkatan kadar gula pada penderita diabetes.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Buah naga mengandung zat anti-kanker yang dapat mengurangi risiko kanker. Sumber vitamin C yang tinggi memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang mencegah kamu terkena penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga mengandung vitamin C dan karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih kamu dari kerusakan. Sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk menyerang dan menghancurkan zat-zat berbahaya. Namun, sel darah putih sangat sensitif terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Yang perlu kamu lakukan adalah mengonsumsi buah ini setiap hari agar tetap terjaga kesehatannya.

5. Meningkatkan Kadar Zat Besi

Buah naga adalah salah satu buah segar yang mengandung zat besi. Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga berperan penting dalam memecah makanan menjadi energi. Sayangnya, banyak orang tidak mendapatkan cukup zat besi.

Dilansir National Library of Medicine, diperkirakan 30% dari populasi dunia kekurangan zat besi, menjadikannya sebagai kekurangan nutrisi yang paling umum terjadi di seluruh dunia.

Untuk mengatasi kadar zat besi yang rendah, penting untuk mengonsumsi berbagai makanan kaya zat besi. Sumber zat besi yang kaya termasuk pada makanan-makanan berikut, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan sereal. Buah naga dapat menjadi pilihan lain yang bagus, karena satu porsi buah naga mengandung 8% dari asupan harian yang direkomendasikan.

6. Sumber Magnesium yang Baik

Dilansir melalui Pubmed Central, buah naga mengandung lebih banyak magnesium daripada kebanyakan buah lainnya, yakni sebanyak 18%. Rata-rata, tubuh mengandung 24g magnesium, atau sekitar satu ons. Meskipun jumlahnya terlihat kecil, mineral ini ada di setiap sel tubuh kamu dan berperan dalam lebih dari 600 reaksi kimia penting di dalam tubuh kamu.

Sebagai contoh, mineral ini berperan dalam reaksi yang dibutuhkan untuk pemecahan makanan menjadi energi, kontraksi otot, pembentukan tulang, dan bahkan pembuatan DNA. Magnesium juga memiliki fungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, magnesium dapat mendukung kesehatan tulang.

7. Baik untuk Kesehatan Jantung

Buah naga dengan daging buah yang berwarna merah mengandung betalain. Betalain merupakan zat yang memberikan warna merah di dalam buah. Betalain memiliki kegunaan untuk mengurangi kolesterol jahat.

Tidak hanya buahnya, biji buah naga juga mengandung banyak manfaat. Biji pada buah naga kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 9 yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

8. Mencegah Penuaan dan Membuat Awet Muda

Penuaan yang lebih cepat dapat disebabkan oleh stres, polusi, dan faktor-faktor lain seperti pola makan yang buruk. Kandungan vitamin C pada buah naga membantu untuk membuat kulit lebih cerah bercahaya. Selain itu, kandungan antioksidan pada buah naga dapat mengobati sunburn, kulit kering dan berjerawat.

Selain itu, antioksidan mampu menghambat penuaan dini. Oleh karena itu, mengonsumsi buah naga secara teratur dapat membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan terlihat lebih awet muda.

9. Membuat Rambut Sehat

Rambut tebal, hitam dan berkilau menjadi impian setiap wanita. Sumber nutrisi tinggi yang ada pada buah naga dapat membantu mengurangi kerusakan rambut yang disebabkan oleh pewarna rambut. Selain itu, dapat memperbaiki tekstur rambut menjadi lembut dan berkilau.

10. Baik Bagi Kesehatan Mata

Buah naga mengandung beta-karoten. Beta-karoten merupakan pigmen yang memberi warna pada buah. Beta-karoten mempunyai manfaat untuk mencegah masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.

10. Membantu Kesehatan Kandungan

Buah ini mengandung vitamin B, folat dan zat besi yang membuatnya menjadi buah yang ideal untuk ibu hamil. Vitamin B dan folat mencegah bayi terlahir cacat dan membantu meningkatkan energi selama kehamilan. Kandungan kalsiumnya bermanfaat untuk perkembangan tulang janin. Kandungan magnesiumnya membantu melawan komplikasi pasca menopause pada wanita.

11. Baik Bagi Kesehatan Tulang

Buah naga juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Buah naga mengandung 18% magnesium yang berperan besar dalam membangun tulang menjadi lebih kuat. Kesehatan tulang yang baik sangat diperlukan untuk mencegah berbagai kondisi seperti nyeri sendi atau bahkan cedera.

Berdasarkan manfaat-manfaat buah naga yang sudah disebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwa buah naga merupakan buah yang kaya akan manfaat. Dengan mengonsumsi buah naga setiap hari, akan membantu kamu meningkatkan kesehatan diri.



Simak Video "Icip-icip Buah Salju di Kintamani"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat