thif-live.com

Tak Hanya Makan Seblak, 5 Kebiasaan Ini Juga Picu Asam Lambung Naik

Tips makan sahur untuk penderita asam lambung
Foto: iStock

Jakarta -

Asam lambung tak hanya dipicu makan asam dan pedas, tapi juga beberapa kebiasaan sehari-hari. Karenanya kenali 5 kebiasaan berikut agar terhindar dari efek serangan asam lambung yang naik.

Pada dasarnya, hampir setiap orang pasti pernah mengalami naiknya asam lambung. Namun, saat asam lambung naik secara menerus, kondisi itu kemudian dikenal dengan istilah gastroesophageal reflux disease (GERD).

Beberapa kebiasaan buruk sehari-hari ternyata memicu peningkatan asam lambung. Kondisi ini ditandai dengan naiknya kembali cairan dari lambung ke arah saluran pencernaan atas atau kerongkongan. Akibatnya, dada bisa terasa sesak, sensasi globus atau ada yang mengganjal di tenggorokan, hingga regurgitasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makanan pedas dan yang mengandung asam disebut-sebut sebagai biang kerok naiknya asam lambung. Padahal, pemicu asam lambung naik bukan cuma makanan.

Naiknya asam lambung boleh jadi masalah yang kompleks. Pasalnya, ada banyak faktor yang jadi penyebab asam lambung naik.

ADVERTISEMENT

Berikut beberapa kebiasaan penyebab asam lambung naik, merangkum berbagai sumber:

1. Makan tak terkendali

Tidur Siang Setelah Makan Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?Foto: Getty Images/iStockphoto/zorandimzr


Perut yang terasa sangat kenyang bisa membuat begah dan memicu naiknya asam lambung.

Pasalnya, lambung akan semakin melebar dan menekan katup esofagus bawah saat seseorang makan berlebihan. Akibatnya, timbul sensasi tak mengenakkan di bagian ulu hati ke atas.

2. Makan buru-buru

Makan itu harus dinikmati, maka tak perlu diburu-buru. Kebiasaan makan terlalu cepat bisa membuat sistem pencernaan tidak berfungsi maksimal. Dengan begitu, Anda bisa saja mengalami asam lambung naik.

3. Rebahan usai makan

Tidur Siang Setelah Makan Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?Foto: Getty Images/iStockphoto/zorandimzr


Makan memang sering kali bikin tubuh lelah. Namun, Anda tak disarankan langsung merebahkan tubuh setelah makan.

Berbaring membuat posisi lambung dan kerongkongan menjadi sejajar. Posisi ini sangat mudah membuat cairan di lambung mengalir ke kerongkongan.

Usahakan untuk tetap dalam posisi tegak setelah makan. Tunggu 2-3 jam setelah makan jika ingin berbaring.

4. Pakai baju ketat

Siapa sangka jika batu ketat pun bisa memicu naiknya asam lambung? Baju ketat, terutama yang menekan area perut, bisa memicu asam lambung berbalik ke atas.

Akibatnya, cairan dari makanan yang dimakan sebelumnya akan kembali ke kerongkongan dan memicu sejumlah gejala.

5. Memelihara stress

Young asian female adult woman having a sandwich while super busy working from home late at night she is working hard to finish her project tonightFoto: Getty Images/travelism

Stres jadi salah satu penyebab utama asam lambung naik. Beberapa orang bahkan melaporkan bahwa lambungnya akan bergejolak saat stres melanda.

Dalam jangka panjang, stres bisa memperburuk gangguan pada lambung.

Lambung sendiri memang dikenal saling berkaitan dengan kondisi psikis. Lambung bahkan disebut-sebut sebagai 'otak kedua'.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul: 5 Kebiasaan Penyebab Asam Lambung Naik, Bukan Cuma Makan Seblak

(adr/adr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat