thif-live.com

Makan Nasi Bikin Gemuk dan Berat Badan Naik, Apa Benar?

5 Tips Konsumsi Nasi Putih yang Aman untuk Penderita Diabetes
Foto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

Jakarta -

Banyak orang menghindari konsumsi nasi saat diet, karena dianggap dapat menaikkan berat badan. Namun, anggapan tersebut dinilai salah oleh beberapa ahli.

Nasi merupakan makanan pokok di beberapa negara. Makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi ini ditakuti oleh beberapa orang. Apalagi mereka yang melakukan diet.

Dilansir dari Food NDTV (20/5), ternyata anggapan nasi tak baik untuk diet ini adalah mitos. Hal ini dijelaskan oleh pelatih kebugaran, Simran dalam videonya di Instagram.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Simran menjelaskan bahwa nasi tidak secara langsung dikaitkan dengan penambahan berat badan. Namun, jika mengonsumsi nasi secara berlebihan yang menyebabkan penambahan berat badan.

Hot cooked rice with steam rising.nasi putih Foto: Getty Images/iStockphoto/motosuke_moku

Pelatih kebugaran ini juga menjelaskan cara menikmati nasi tanpa rasa bersalah. "Pertama-tama minumlah segelas air 10-12 menit sebelum duduk untuk makan siang atau makan malam," ujarnya dalam video.

ADVERTISEMENT

Simran juga mengatakan kalau mengonsumsi nasi putih ini harus dilanjutkan dengan mengonsumsi salad atau sayuran lainnya. "Ikuti kontrol porsi dengan nasi dan konsumsi lebih banyak dal (olahan kacang)," jelasnya.

Selain itu, Simran juga memberikan tips penting dalam mengonsumsi nasi saat diet. "Penting untuk makan secara perlahan dan menikmati makanan itu di setiap gigitan," ujarnya.

"Hindari menonton TV atau telepon sambil makan, ini akan mencegah makan berlebihan," lanjut Simran.

Simran juga mengungkapkan bahwa makan nasi tidak akan menyebabkan diabetes. Atur porsinya dan jangan makan berlebihan. Pastikan juga untuk mengubah pola hidup lebih aktif.

"Berfokuslah untuk aktif, gerakkan tubuh, makan makanan seimbang, dan berhenti merasa takut dengan segala sesuatu yang dilihat di internet," kata Simran.

Annelie Vogt von Heselholt, selaku ahli diet juga menjelaskan kalau nasi tak buruk dikonsumsi saat diet. "Nasi, terutama nasi merah kaya serat, mangan, selenium, zat besi, magnesium, zinc, dan vitamin B. Serat secara khusus dapat membantu melancarkan pencernaan dan membantu rasa kenyang lebih lama," ungkapnya seperti dikutip dari Men's Health (22/7/2023).



Rekomendasi 3 Menu Signature Nasi Uduk Ibu Sidar di Palmerah

Rekomendasi 3 Menu Signature Nasi Uduk Ibu Sidar di Palmerah


(yms/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat