thif-live.com

Hari Jamu Nasional, Ini 5 Manfaat Rutin Minum Kunyit Asam

Kunyit Asam
Foto: iStock

Jakarta -

Kunyit asam merupakan salah satu jenis jamu tradisional yang populer. Manfaatnya bagus untuk meredakan nyeri haid hingga membantu menurunkan berat badan.

Di Indonesia, setiap tanggal 27 Mei diperingati sebagai Hari Jamu Nasional. Hari ini bermula sejak jamu ditetapkan sebagai kearifan lokal Indonesia sejak 27 Mei 2008.

Selain itu, jamu juga tercatat sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Kemendikbudristek sejak 2018. Jamu sebagai ramuan dari tumbuhan obat sudah digunakan secara turun temurun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti jamu kunyit asam yang populer karena memiliki segudang manfaat. Berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit AsamKunyit Asam bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Foto: iStock

Jamu kunyit asam terbuat dari rimpang kunyit dan asam Jawa. Keduanya dikemas dengan senyawa penting. Seperti asam Jawa yang mengandung asam amino esensial.

Nutrisi tersebut berperan memproduksi antibodi dan sel-sel dalam sistem imun, sehingga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Begitu juga dengan kunyit yang mengandung kurkumin.

ADVERTISEMENT

Dikutip dari Healthline, kurkumin senyawa yang memberikan warna kuning pada kunyit memiliki efek anti peradangan. Ini bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Meredakan Nyeri Haid

Kurkumin yang terkandung pada kunyit juga dapat meredakan nyeri saat haid. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa studi.

Salah satunya yang berjudul "Effectiveness of turmeric tamarind and warm compression in the dysmenorrhea degression: Non pharmacologic therapy".

Dalam penelitian tersebut, asam kunyit terbukti lebih efektif terhadap penurunan dismenore pada subjek penelitian. Ini membuktikan bahwa terapi kunyit asam memiliki efek dalam penurunan nyeri haid.

Lebih lanjut, peneliti juga menyebutkan bahwa kunyit secara alami mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai analgesik, antipiretik, dan antiinflamasi.

Manfaat jamu kunyit asam ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Kelezatan Nasi Pedas Tempe 'Basi' Khas Desa Jontro"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat