thif-live.com

Dokter Ini Larang Orang Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Sembarangan

Dokter Ini Larang Orang Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Sembarangan
Foto: Ilustrasi iStock

Jakarta -

Banyak orang konsumsi makanan kedaluwarsa karena dianggap masih aman. Padahal tak semua makanan bisa dikonsumsi usai tanggal kedaluwarsa.

Banyak makanan yang disebut aman dikonsumsi meski sudah melewati masa kedaluwarsa, yang biasa dikenal dengan sebutan 'expiry date' atau 'best before'. Sebenarnya hal ini tak sepenuhnya salah, karena memang ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi meski sudah lewat tanggal kedaluwarsa.

Dilansir dari Mirror UK (03/05), baru-baru ini Dokter Karan Raj yang sering membagikan informasi kesehatan di TikTok menjelaskan tentang larangan konsumsi makanan kedaluwarsa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebelum kalian membuang produk makanan, pastikan kalian sudah melihat label keamanan pangan dengan benar," jelas spesialis bedah tersebut.

Dokter Ini Larang Orang Konsumsi Makanan Kedaluwarsa SembaranganDokter Karan Raj Foto: TikTok

Menurut Dokter Raj, di setiap produk makanan biasanya memiliki banyak istilah untuk tanggal kedaluwarsa. Pertama ada kode tanggal produksi, tanggal makanan dalam kondisi terbaik atau best before, hingga tanggal kedaluwarsa.

ADVERTISEMENT

"Sebenarnya tanggal-tanggal ini bukan standard dari keamanan makanan tersebut. Kebanyakan produk makanan menambahkan tanggal sebagai anjuran bahwa makanan itu tersebut dalam kondisi terbaik atau rasa terbaik sebelum tanggal tertera. Tapi jenis makanan kalengan yang sudah kedaluwarsa selama disimpan dalam tempat yang sejuk dan kering itu masih aman dikonsumsi 2-5 tahun dari tanggal kedaluwarsa," lanjut Dokter Raj.

Sementara untuk beras, menurutnya masa penyimpanannya bisa sampai lima tahun selama berat diletakan di dalam wadah yang kering.

Dokter Ini Larang Orang Konsumsi Makanan Kedaluwarsa SembaranganDokter Ini Larang Orang Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Sembarangan Foto: Ilustrasi iStock

"Tapi tak semua makanan kedaluwarsa aman untuk dimakan, terutama untuk susu bayi. Jangan pernah gunakan susu bayi setelah tanggal kedaluwarsanya. Begitu juga untuk produk susu, daging sampai jus sebaiknya tidak dikonsumsi setelah tanggal kedaluwarsanya lewat," ungkapnya.

Di akhir video Dokter Raj meminta orang-orang untuk mengandalkan insting mereka saat memilih makanan. Jika makanan kedaluwarsa dinilai masih dalam kondisi yang baik dan tidak ada aroma aneh, maka makanan tersebut aman untuk dimakan.

Dokter Ini Larang Orang Konsumsi Makanan Kedaluwarsa SembaranganDokter Ini Larang Orang Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Sembarangan Foto: Ilustrasi iStock

Tapi jika makanannya sudah berubah warna, ditumbuhi jamur, sampai memiliki aroma yang tak sedap sebaiknya produk makanan itu langsung dibuang dan tidak dikonsumsi.


Selain beras dan makanan kaleng, ada beberapa jenis makanan lainnya yang dinilai aman untuk dikonsumsi meski sudah lewat tanggal kedaluwarsa. Salah satunya ada keju dan mentega, sereal, selai kacang, keripik, kue kering hingga biskuit.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi Meski Lewat Tanggal Kadaluarsa" selengkapnya



Simak Video "Awas! Makanan Tanpa Label Kedaluwarsa Masih Beredar di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat