thif-live.com

Sisa Sushi Disimpan dalam Kulkas dan Dimakan Lagi, Masih Amankah?

Konsumsi sisa sushi apakah aman?
Foto: Getty Images/iStockphoto

Jakarta -

Sushi biasa dikonsumsi dalam kondisi dingin. Karena itu biasa dipajang di cooler atau lemari pendingin. Namun, jika bersisa apakah masih aman dikonsumsi?

Sushi merupakan makanan khas Jepang berupa nasi yang disajikan dengan topping seafood mentah dan segar. Sushi juga bukan termasuk sajian panas, melainkan dingin.

Jadi, menyimpan sushi dalam kulkas memang sebuah keharusan. Apalagi kalau menggunakan topping yang harus tetap dalam kondisi segar, agar aman dimakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kebanyakan orang yang tak bisa menghabiskan sushi sekaligus dan akan menyimpan sisanya dalam kulkas. Namun, apakah kondisi sisa sushi itu masih aman dikonsumsi walau sudah disimpan beberapa hari?

Dilansir dari Tasting Table (3/6), sebenarnya mengonsumsi sisa sushi masih dikatakan aman. Terdapat kondisi tertentu di mana ikan mentah menjadi bahaya untuk sisa sushi itu.

ADVERTISEMENT
Konsumsi sisa sushi apakah aman?Konsumsi sisa sushi apakah aman? Foto: Getty Images/iStockphoto

Kerang dan ikan mentah dapat terkontaminasi parasit dan bakteri, termasuk Salmonella. FDA memperingatkan bahwa mengonsumsi ikan mentah dan makanan laut dapat meningkatkan kemungkinan penyakit bawaan makanan.

Namun, sushi yang disiapkan dengan benar biasanya sangat aman. Dengan ukuran penyimpanan tertentu, sushi dapat dimakan sebagai sisa makanan.

Jadi, umur simpan sushi secara keseluruhan akan bergantung pada bahan yang digunakan, mentah atau dimasak. Contohnya pada jenis sushi nigiri yang menggunakan topping seafood mentah, ada batasan konsumsi yang aman.

Menurut USDA, ikan mentah pada suhu kamar sebaiknya dimakan dalam waktu dua jam. Jika ingin mendinginkan sushi yang berisi ikan mentah, harus mengonsumsinya dalam waktu satu hingga dua hari.

Konsumsi sisa sushi apakah aman?Konsumsi sisa sushi apakah aman? Foto: Getty Images/iStockphoto

Bagaimana dengan varian sushi yang dimasak? Contohnya seperti sushi roll dengan isian gulungan crabstick, tempura, hingga unagi.

Jenis sushi ini juga tak boleh lebih dari 2 jam hanya disimpan dalam kulkas. Kemudian, untuk penyimpanan dalam kulkas berlaku untuk 3-4 hari.

Cara menyimpan sushi dalam kulkas ini juga perlu diperhatikan. Semuanya harus dilakukan agar sushi tetap aman dikonsumsi.

Pedoman FDA menyatakan bahwa ikan mentah harus disimpan rapat dalam bungkus plastik, foil, atau kertas yang mencegah kelembapan. bisa juga menggunakan wadah kedap udara yang tertutup rapat.

Pastikan sushi disimpan di wadahnya sendiri dan tidak tercampur dengan makanan lain. Suhu lemari es untuk menyimpan sushi harus berada pada suhu 4,4 derajat Celcius atau lebih rendah.



Simak Video "Murah Meriah! Makan Sushi di Mal Mulai Rp 10 Ribu per Piring"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat