thif-live.com

Ini 5 Manfaat Jamur Enoki untuk Tubuh dan Tips Mengolahnya

Cara budi daya jamur enoki
Jamur enoki. Foto: iStock

Daftar Isi
  • Manfaat Jamur Enoki
  • 1. Mencegah Radikal Bebas 2. Menjaga Imun Tubuh 3. Menghambat Pertumbuhan Kanker 4. Melindungi Kesehatan Jantung 5. Meningkatkan Fungsi Otak
  • Tips Mengolah Jamur Enoki
Jakarta -

Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang banyak disukai masyarakat. Biasanya, jamur enoki ditemukan dalam makanan khas Korea, China, dan Jepang.

Dengan teksturnya yang agak renyah dengan batangnya yang panjang dan tipis, membuat jamur enoki paling enak dimakan dalam makanan olahan sup, hot pot, dan tumis.

Ada sejumlah manfaat yang didapat dari mengkonsumsi jamur enoki. Meski begitu, tidak boleh sembarangan dalam mengolahnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, apa saja manfaat jamur enoki bagi tubuh? Simak pembahasannya dalam artikel ini beserta tips mengolahnya.

Manfaat Jamur Enoki

Mengkonsumsi jamur enoki ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dilansir situs Web MD, berikut manfaat jamur enoki untuk tubuh:

ADVERTISEMENT

1. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat yang pertama adalah dapat mencegah radikal bebas. Sebagai informasi, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel tubuh, sehingga menyebabkan penyakit jangka panjang seperti kanker atau diabetes.

Nah, jamur enoki mengandung antioksidan sehingga dapat mencegah radikal bebas serta kerusakan oksidatif yang dapat memicu penyakit kronis.

Jamur enoki juga mengandung vitamin C dan E, mineral selenium, serta senyawa polifenol. Semua kandungan nutrisi tersebut memiliki efek antioksidan yang mampu menjaga sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Menjaga Imun Tubuh

Jamur enoki juga berperan penting dalam menjaga imun tubuh terhadap berbagai infeksi dan penyakit. Hal ini berkat kandungan polisakarida bioaktif, protein FVE, dan protein inaktivasi ribosom yang dapat mengatur sistem kekebalan tubuh.

Jamur enoki juga memiliki sifat antikanker, antialergi, antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi yang dapat melindungi serta meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa jamur enoki mengandung senyawa bioaktif yang dapat membantu melawan kanker. Sebab, jamur ini memiliki senyawa sesquiterpenes dan noresquiterpenes yang mampu menghambat pertumbuhan kanker tenggorokan, hati, payudara, lambung, paru-paru, dan serviks.

Ekstrak jamur enoki juga mengandung fenol seperti asam protocatechuic, p-coumaric, dan asam ellagic. Kandungan tersebut memiliki efek antioksidan yang membantu memperlambat pertumbuhan kanker.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

4. Melindungi Kesehatan Jantung

Kandungan fenol dan polifenol pada jamur enoki dipercaya dapat mencegah kolesterol jahat dan pembentukan penyumbatan di arteri.

Selain itu, jamur enoki juga kaya akan serat, asam linoleat, senyawa lovastatin, dan asam gamma-aminobutyric. Kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Sebagai informasi, tingginya kadar kolesterol jahat dapat memicu masalah jantung seperti aterosklerosis, yakni suatu kondisi ketika kolesterol jahat bereaksi dengan radikal bebas dan teroksidasi. Hal itu dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat jamur enoki yang terakhir adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa polisakarida yang ditemukan pada jamur enoki dapat mengurangi kerusakan oksidatif sekaligus meningkatkan daya ingat.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengungkapkan khasiat jamur enoki terhadap fungsi otak.

Tips Mengolah Jamur Enoki

Agar rasanya nikmat dan dapat memberikan khasiat bagi tubuh, simak tips mengolah jamur enoki dengan benar di bawah ini:

  • Sebelum memasaknya, cuci jamur enoki dengan air dingin untuk menghilangkan kotorannya.
  • Potong batangnya sebelum dimasak (karena bisa menjadi lembek.
  • Biasanya, koki memasak jamur enoki hanya sebentar dalam minyak. Tujuannya untuk mempertahankan rasanya lembut.
  • Untuk mempertahankan tekstur renyahnya, jamur enoki dimasak dalam waktu yang singkat saja.
  • Apabila menginginkan tekstur yang empuk dan kenyal, masak jamur enoki lebih lama.
  • Jangan gunakan jamur enoki mentah sebagai hiasan makanan.

Informasi tambahan, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan orang yang sedang hamil, berusia 65 tahun ke atas, dan yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah untuk tidak makan jamur enoki mentah.

Hal itu dilakukan dalam upaya memahami risiko kontaminasi bakteri listeria pada jamur enoki. Sebab, pada 2020, jamur enoki dikaitkan dengan wabah listeriosis yang menyebabkan infeksi, timbulnya penyakit, dan keracunan makanan.

Selain itu, beberapa orang mungkin alergi terhadap jamur enoki. Jadi, hindari makan jamur enoki kalau kamu termasuk orang yang alergi jamur.



Simak Video "Bedah Resep Masakan Bangka Populer Bersama Chef Eddrian"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat