thif-live.com

10 Buah Tinggi Kalori yang Perlu Diwaspadai Saat Diet Menurunkan BB

Buah-buahan
Foto: Shutterstock

Daftar Isi
  • Buah Tinggi Kalori
  • 1. Pisang 2. Alpukat 3. Kelapa 4. Mangga 5. Pir 6. Bluberi 7. Kurma 8. Buah Ara 9. Kismis 10. Aprikot
Jakarta -

Ketika sedang diet untuk menurunkan berat badan, biasanya orang akan menghindari makanan tak sehat dan beralih ke makanan bergizi seperti buah-buahan. Karena buah umumnya kaya akan serat, vitamin, dan mineral penting.

Akan tetapi, beberapa buah perlu diwaspadai lantaran dapat menggagalkan diet jika asupannya tidak dikontrol. Hal ini karena buah-buah ini mengandung kalori tinggi. Lantas, apa saja buah tinggi kalori yang perlu diperhatikan?

Buah Tinggi Kalori

Dikutip dari Healthline dan MedicineNet, berikut sejumlah buah tinggi kalori yang sehat dan bernutrisi tapi bisa gagalkan diet turunkan berat badan apabila dikonsumsi berlebihan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Pisang

Pisang termasuk buah bergizi yang tinggi kalori dan karbohidrat. Satu buah pisang berukuran 118 gram (g) memiliki 105 kal, karbohidrat 27 g, protein 1 g, lemak 0,4 g, dan serat 3 g.

Selain itu, pisang mengandung banyak mikronutrien lain. Dan pisang khususnya pisang hijau atau pisang yang belum matang juga mengandung pati resisten tinggi.

ADVERTISEMENT

Kalau orang diet ingin konsumsi pisang, pisang hijau dapat dipilih. Hal ini karena kandungan gula jenis pisang ini lebih rendah dan pati resistennya baik untuk pencernaan lantaran tak dapat dipecah oleh enzim lambung. Sehingga membuat seseorang dapat kenyang lebih lama.

2. Alpukat

Alpukat mengandung tinggi kalori. Daging alpukat berukuran 100 gram mengandung sekitar 161 kal. Di sisi lain, buah ini kaya akan lemak sehat dan nutrisi seperti serat, folat, potasium, vitamin K, C, B5, dan B6.

Kalori tinggi alpukat sebenarnya cocok untuk dikonsumsi orang diet. Karena buah ini dapat membuat kenyang lebih lama dan menurunkan kadar kolesterol "jahat". Namun, pediet sebaiknya konsumsi alpukat sewajarnya agar asupan kalori tidak berlebih.

3. Kelapa

Kelapa memiliki air dan daging yang segar. Akan tetapi, daging kelapa ternyata tinggi kalori lho. Sekitar 28 gram daging buah ini mengandung 99 kalori. Kelapa juga menyimpan lemak tinggi, karbohidrat, dan mineral penting seperti fosfor dan tembaga.

Kalau ingin makan daging kelapa saat diet, batasi porsi konsumsinya mengingat buah ini tinggi kalori. Pediet juga dapat meminum airnya yang penuh manfaat, antara lain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, menjaga daya tahan tubuh, hingga mencegah risiko penyakit jantung.

4. Mangga

Mangga berukuran 165 gram memiliki kisaran 99 kalori. Kalori tinggi buah ini sebagian besar berasal dari kandungan karbohidratnya. Selain itu, mangga mengandung protein 1,4 g, lemak 0,6 g, folat, serta mineral tembaga, vitamin C, B, A, dan E.

Buah mangga juga tinggi serat yang dapat mengenyangkan perut lebih lama. Buah ini pun dapat dijadikan camilan atau dibuat smoothie. Namun lagi-lagi, pastikan konsumsi mangga secukupnya saja. Sebaiknya tidak makan buah ini lebih dari 220 kal.

5. Pir

Pir juga termasuk buah bergizi yang tinggi kalori dan karbohidrat. Satu buah pir berukuran 178 gram memiliki 101 kalori.

Di sisi lain, indeks glikemik buah ini relatif rendah dan serat larutnya sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Meski pir tergolong baik untuk orang diet, tapi kalorinya cukup tinggi sehingga perlu dibatasi konsumsinya jika ingin mengemil buah ini.

6. Bluberi

Di antara jenis buah beri, bluberi sangatlah sehat. Buah ini kaya antioksidan, tapi memiliki kalori yang banyak. Sekitar 148 gram bluberi mengandung 84 kal.

Orang diet boleh-boleh saja makan buah ini untuk camilan atau dijadikan smoothie, salad, atau dicampur yogurt. Namun, sebaiknya konsumsi secukupnya karena bluberi tinggi kalori.

7. Kurma

Kurma yang diedarkan biasanya dalam bentuk kering dan manis. Buah ini tergolong tinggi kalori dengan 66,5 kal per 24 gramnya. Selain itu, buah kurma kaya akan nutrisi penting seperti tembaga, mangan, zat besi, dan vitamin B6.

Akan tetapi, buah kering seperti kurma biasanya mengandung gula alami yang tinggi. Oleh sebab itu, orang diet sebaiknya makan buah ini sewajarnya saja.

8. Buah Ara

Buah ara, buah tin, atau figs dalam bahasa Inggrisnya ada yang berbentuk kering atau segar. Buah ara kering biasanya dikonsumsi bersama oat dan yogurt.

Akan tetapi, buah ara kering termasuk tinggi kalori lho. Sekitar 28 gram buah ara kering mengandung 70 kalori dan menyediakan sejumlah nutrisi lain seperti kalsium dan kalium.

Jika ingin menikmati buah ini dalam bentuk keringnya, usahakan tidak terlalu berlebihan ya. Karena buah ara kering juga mengandung gula cukup tinggi.

9. Kismis

Kismis atau buah anggur yang dikeringkan juga biasanya sangat manis. Orang diet sebaiknya makan buah kering ini secukupnya saja lantaran kandungan gulanya yang tinggi.

Walaupun buah kering ini juga menyediakan nutrisi, seperti kalium, zat besi, mineral tembaga, mangan, magnesium, dan vitamin B. Namun kismis tergolong buah tinggi kalori dengan 85 kal per 28 gramnya. Jadi, hindari konsumsi kismis berlebihan ya.

10. Aprikot

Buah aprikot dapat dinikmati dalam bentuk kering maupun segar. Untuk kondisi keringnya, buah ini termasuk tinggi kalori. Sekitar 28 gram aprikot kering memiliki 67 kalori.

Meski aprikot kering menjadi sumber beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata, buah ini mungkin tidak terlalu bagus untuk orang diet lantaran kandungan gulanya yang tinggi.

Nah, itu tadi sederet buah tinggi kalori yang dapat menggagalkan diet penurunan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.

Kalau ingin ngemil, cukup konsumsi buah-buah tersebut dalam porsi sewajarnya. Sebaliknya, buah-buah di atas justru akan cocok bagi orang yang ingin menambah berat badan.



Simak Video "Kelezatan Nasi Pedas Tempe 'Basi' Khas Desa Jontro"
[Gambas:Video 20detik]
(azn/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat