thif-live.com

10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ilustrasi teh hijau
Ilustrasi teh hijau. Foto: Getty Images/MARINA BOGACHYOVA

Daftar Isi
  • Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan
  • 1. Membantu Menurunkan Besat Badan 2. Mengurangi Kecemasan dan Stres 3. Meningkatkan Fungsi Otak 4. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker 5. Mengurangi Resiko Diabetes 6. Menjaga Kesehatan Jantung 7. Mencegah Osteoporosis 8. Mengurangi Tekanan Darah 9. Menghilangkan Bau Mulut 10. Bagus Untuk Perawatan Kulit
Jakarta -

Teh hijau merupakan minuman tradisional yang memiliki segudang manfaat dan dipercayai sejak dulu. Minuman ini berasal dari daun tumbuhan bernama Camellia Sinensis.

Bahkan beberapa sumber mengatakan teh hijau jadi satu minuman paling sehat di dunia. Teh ini dipercaya mampu membantu mencegah berbagai penyakit, bermanfaat untuk kecantikan, hingga meningkatkan fungsi otak.

Penasaran dengan berbagai khasiatnya, simak 10 manfaat teh hijau pada artikel berikut ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Membantu Menurunkan Besat Badan

Dilansir dari National Institutes of Health, sebuah penelitian pada tahun 2022 menjelaskan bahwa teh hijau dapat meningkatkan metabolisme positif yang efektif dalam memecah lemak. Ini membuat pembakaran lemak lebih optimal.

Sehingga, sangat bagus untuk menambahkan teh hijau dalam daftar diet untuk mengurangi berat badan. Walaupun demikian, untuk mencapai pengurangan berat badan hingga ideal tetap disarankan untuk mengimbanginya dengan pola makan sehat dan olahraga secara teratur.

ADVERTISEMENT

2. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Teh mengandung asam amino yang disebut L-teanin yang dapat mengurangi kecemasan dan stres, dengan membantu tubuh kita lebih rileks. Sementara itu melansir dari Health, teh hijau memiliki salah satu konsentrasi L-teanin tertinggi dibandingkan dengan teh hitam, oolong, dan putih.

Penelitian telah menemukan bahwa suplementasi 200-400 miligram L-teanin setiap hari membantu mengurangi kecemasan dan stres. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan bahwa, orang yang mengkonsumsi 200 miligram L-teanin sehari selama empat minggu mengalami peningkatan yang lebih besar dalam kecemasan, depresi, dan masalah tidur.

Sebagai gambaran, setiap satu cangkir teh hijau mengandung 8-30 milligram L-teanin.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Pelemahan fungsi otak dapat menyebabkan penurunan kognitif yang berdampak pada penyakit neurodegeneratif, seperti alzheimer, parkinson, dan berbagai penyakit demensia lainnya.

Melansir dari Healthline, mengacu pada sebuah penelitian pada 2017 mengatakan penurunan fungsi otak dapat dicegah dengan kandungan yang ada dalam teh hijau seperti kafein dan L-teanin. Ini tentu bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit seperti yang telah disebutkan.

4. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Mengutip dari Medical News Today, di negara-negara dengan konsumsi teh hijau yang tinggi, beberapa tingkat kanker cenderung lebih rendah.

Walaupun belum ada bukti penelitian menyeluruh yang menyebutkan teh hijau dapat mencegah resiko kanker,penelitian telah mengaitkan minum teh hijau dengan peluang lebih rendah untuk mengembangkan beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru atau kanker ovarium.

5. Mengurangi Resiko Diabetes

Seberapa jauh teh hijau efektif dalam mengurangi resiko diabetes memang belum terbukti secara pasti dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Akan tetapi melansir goodFOOD, polifenol teh yang terkandung dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat enzim pencernaan seperti laktase dan menunda penyerapan glukosa (gula) di dalam usus.

Berdasarkan pernyataan tersebut, para peneliti mengkaitkan bahwa asupan polifenol yang konsisten dari teh hijau dapat sama efektifnya dengan beberapa obat dalam mengurangi risiko diabetes.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang menargetkan radikal bebas dan melindungi kesehatan jantung. Ini dapat membantu mencegah penyakit seperti gagal jantung, stroke, penyakit jantung, dan hipertensi.

Selain itu kandungan polifenol dalam teh hijau dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi epitel, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

7. Mencegah Osteoporosis

Bukti-bukti menunjukkan bahwa konsentrasi antioksidan yang tinggi dalam teh hijau dapat meningkatkan pembentukan tulang dan melindungi terhadap kehilangan massa tulang.

Karena khasiatnya tersebut, teh hijau terbukti bisa mencegah osteoporosis, sebuah penyakit tulang yang meningkatkan risiko patah tulang panggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan.

8. Mengurangi Tekanan Darah

Khasiat selanjutnya yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi teh hijau adalah menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke karena merusak lapisan pembuluh darah.

Hal tersebut bisa meningkatkan risiko penumpukan plak. Akibatnya, pembuluh darah menyempit, membatasi aliran darah ke jantung dan otak.

Sementara itu antioksidan yang tinggi pada teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan, dan memperlebar pembuluh darah, serta mendukung aliran darah yang sehat.

9. Menghilangkan Bau Mulut

Manfaat mengkonsumsi teh hijau selanjutnya adalah mampu menghilangkan bau mulut. Teh hijau mengandung tanin yang memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa mencegah pembentukan bakteri pada mulut.

Selain bisa mengatasi bau, teh hijau juga bisa mencegah karies gigi dan pembentukan plak pada gigi. Oleh karena tak heran jika banyak orang yang menggunakan teh hijau sebagai obat kumur tradisional.

10. Bagus Untuk Perawatan Kulit

Siapa sangka selain memberikan manfaat melalui minuman yang dikonsumsi dalam tubuh, teh hijau juga ternyata sangat bagus untuk perawatan kulit.

Kandungan yang tinggi akan antioksidan, anti-inflamasi, kafein dan L-teanin membuat teh hijau sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Melansir dari situs Nivea, berkat kandungannya teh hijau berkhasiat untuk mengurangi jerawat, mencerahkan kulit, mengurangi mata bengkak, menghilangkan iritasi dan kemerahan, hingga melawan penuaan dini.



Simak Video "Melawan Dampak Buruk Polusi Udara dengan Teh Hijau"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/khq)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat