thif-live.com

4 Tips Minum Kopi Agar Dapat Manfaat Maksimal Kafein

minum kopi
Foto: Getty Images/Pheelings Media

Jakarta -

Kafein menjadi salah satu kandungan pada kopi yang memberikan manfaat sehat. Agar manfaat kafein bisa maksimal, ikuti beberapa tips minum kopi ini.

Kafein merupakan senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal. Senyawa ini lah yang memberi rasa pahit pada kopi dan berperan sebagai obat perangsang psikoaktif.

Senyawa yang disebut stimulan ini dapat berdampak positif dan juga negatif, tergantung bagaimana cara mengonsumsinya, termasuk waktu yang tepat untuk mengonsumsi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari Otten Coffee (03/05/24) berikut cara memaksimalkan efek kafein pada kopi.

1. Atlet tidak boleh minum kopi

Berhenti Minum Kopi Sebabkan 5 Efek Samping pada Tubuh IniAtleet tidak boleh minum kopi. Foto: Ilustrasi Getty Images/AntonioGuillem

Meskipun kafein dapat mendorong energi, tetapi ini tidak disarankan dikonsumsi untuk para atlet. Karenanya Komite Olimpiade Internasional 2024 melarang penggunaan kafein, termasuk minum kopi kepada setiap atlet yang akan bertanding.

Itu karena kafein dianggap semacam doping yang bisa mencurangi sportivitas atlet itu sendiri. Alasan ini masuk akal mengingat efek dari kafein yang timbul setelah minum kopi.

ADVERTISEMENT

2. Sebelum ujian bisa minum kopi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nature Neuroscience pada 2014 menemukan bahwa manfaat kafein pada kopi bisa meningkatkan daya ingat dalam jangka panjang.

Karenanya, peneliti dari Johns Hopkins University menyarankan untuk minum kopi sebelum menjalani ujian. Hal ini terbukti pada 200 partisipan yang terlibat dalam penelitian.

Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa 200 mg kafein bisa membantu meningkatkan daya ingat selama lebih dari 24 jam. Peneliti mengatakan bahwa minum kopi akan sangat baik dilakukan ketika menghadapi kegiatan yang membutuhkan kinerja otak.

Cara memaksimalkan efek kafein ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Belajar Merajut Sambil Nongkrong di BSD Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat