thif-live.com

5 Manfaat Sehat Jika Rajin Sikat Gigi Sebelum Sarapan

5 Manfaat Sehat Jika Rajin Sikat Gigi Sebelum Sarapan
Foto: Ilustrasi iStock

Jakarta -

Kebiasaan kecil seperti sikat gigi di pagi hari sebelum sarapan rupanya dianjurkan banyak dokter gigi dan ahli kesehatan. Karena bagus untuk kesehatan gigi.

Kebiasaan sarapan saat bangun di pagi hari sebenarnya tidak ada yang salah. Bahkan rutinitas ini bisa menambah energi hingga membuat kerja otak lebih fokus di pagi hari.

Tapi ternyata banyak ahli kesehatan yang berpendapat sebaliknya. Banyak ahli kesehatan yang justru menyarankan orang agar sikat gigi lebih dulu sebelum menyantap sarapan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tips ini viral dibagikan oleh beberapa dokter gigi di Amerika hingga Inggris. Ternyata kebiasaan sikat gigi sebelum sarapan ini memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan gigi.

Dilansir dari Healthline dan berbagai sumber (19/06), berikut beberapa alasan mengapa para ahli menyarankan orang-orang untuk sikat gigi lebih dulu sebelum sarapan.

ADVERTISEMENT

1. Cegah Gigi Berlubang

5 Manfaat Sehat Jika Rajin Sikat Gigi Sebelum Sarapan5 Manfaat Sehat Jika Rajin Sikat Gigi Sebelum Sarapan Foto: Ilustrasi iStock

Sikat gigi sebelum menyantap sarapan bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab gigi berlubang. Semenatra menurut dokter gigi asal Inggris, Richard Marques, ia menjelaskan bahwa sikat gigi setelah makan justru bisa menghancurkan gigi.

Dokter gigi langganan para selebriti ternama ini menyarankan waktu yang paling ideal untuk sikat gigi di pagi hari, sebenarnya sepuluh menit sebelum menyantap sarapan.

Untuk menghindari kerusakan email gigi, atau lapisan paling luar pada gigi yang menjadi pelindung utama.

2. Melindungi Lapisan Gigi

5 Manfaat Sehat Jika Rajin Sikat Gigi Sebelum Sarapan5 Manfaat Sehat Jika Rajin Sikat Gigi Sebelum Sarapan Foto: Ilustrasi iStock

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dokter Karan Raj, dokter dan ahli bedah yang punya lebih dari 4,4 juta followers di TikTok. Dokter Karan terkenal aktif membagikan informasi hingga tips, seputar kesehatan dengan bahasa yang mudah dimengerti banyak orang.

"Kalian wajib sikat gigi sebelum sarapan, bukan setelahnya. Sikat gigi sebelum sarapan ini bisa melindungi lapisan gigi dari kandungan asam yang ada di dalam makanan, apalagi jika kalian minum jus jeruk saat sarapan," tuturnya.

"Pasta gigi juga bisa memancing produksi saliva atau air liur, yang berguna mengurai makanan dan secara alami membasmi bakteri yang ada di dalam mulut," sambungnya. Sementara sikat gigi setelah sarapan justru merusak lapisan gigi.

3. Jangan Langsung Sikat Gigi Usai Sarapan

5 Manfaat Sehat Jika Rajin Sikat Gigi Sebelum Sarapan5 Manfaat Sehat Jika Rajin Sikat Gigi Sebelum Sarapan Foto: Ilustrasi iStock

Jika lupa dan sudah terlanjur makan sebelum sikat gigi di pagi hari. Dokter Richard sama sekali tidak menyarankan untuk langsung sikat gigi, karena efeknya sama bisa merusak lapisan email gigi apalagi jika dilakukan secara terus menerus.

"Jika lupa, sebaiknya tunggu sekitar 30 menit setelah makan sebelum sikat gigi. Karena lapisan email ini sedikit melemah untuk sementara waktu setelah gigi digunakan untuk makan," sambung Dokter Richard.



Simak Video "3 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta yang Buka 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

  • 1. Cegah Gigi Berlubang

  • 2. Melindungi Lapisan Gigi

  • 3. Jangan Langsung Sikat Gigi Usai Sarapan

Tautan Sahabat