thif-live.com

Usai Kalap Makan Daging, Coba Konsumsi 5 Minuman Detoks Alami Ini

Ilustrasi daging sapi
Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexRaths

Jakarta -

Banyak orang kalap makan daging saat Idul Adha. Meskipun enak, tetapi jika terlalu banyak bisa berbahaya. Coba atasi dengan konsumsi 5 minuman detoks alami ini!

Pada momen perayaan Idul Adha, banyak masyarakat mengonsumsi hasil daging kurban. Daging tersebut bisa diolah menjadi sejumlah hidangan lezat, mulai dari sate, semur, rendang, sampai rawon.

Meskipun lezat, tetapi kamu harus bisa membatasinya. Jangan sampai kalap karena makan daging terlalu banyak juga bukanlah pilihan baik. Hal ini meningkatkan risiko sejumlah penyakit, mulai dari obesitas, hipertensi, kolesterol, sampai diabetes tipe-2.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir Hello Sehat, risiko kesehatan dari konsumsi daging berasal dari kandungan kalori, lemak trans, dan lemak jenuh tinggi pada daging. Oleh karena itu, setelah mengonsumsinya, dianjurkan mengonsumsi minuman yang bisa mendetoksifikasi atau menjadi penetral.

Detoksifikasi dapat melancarkan pencernaan, membantu menyerap air serta nutrisi dalam usus, hingga mengeluarkan toksin di tubuh.

ADVERTISEMENT

Sejumlah minuman sehat dan sederhana disebut membantu detoksifikasi tubuh secara alami. Merangkum beberapa sumber, berikut 5 minuman sehat untuk detoks alami usai makan daging:

1. Air

Hidrasi Tubuh Tak Hanya dengan Air Mineral, Bisa dengan 2 Minuman IniAir putih merupakan salah satu minuman terbaik usai makan daging. Foto: Getty Images/iStockphoto/YSedova

Air adalah kunci paling sederhana untuk membuang racun berlebihan. Konsumsi air putih akan membantu mengeluarkan racun, mempercepat pencernaan, dan mengurangi kembung.

Lebih disarankan untuk minum air hangat setelah makan daging karena air hangat dapat membantu menenangkan dan mengaktifkan sistem pencernaan.

Air bertindak sebagai pembawa gizi dan zat sisa tubuh. Dengan minum air hangat, itu akan membantu memecah zat gizi menjadi bentuk yang dapat dicerna.

2. Teh hijau

Ilustrasi teh hijauTeh hijau juga kaya akan antioksidan dan ideal diminum usai konsumsi daging. Foto: Getty Images/MARINA BOGACHYOVA

Teh hijau juga terkenal dengan manfaat detoksifikasi tubuh secara alami. Teh hijau kaya akan antioksidan dan ideal untuk dinikmati setelah konsumsi banyak daging.

Beberapa penelitian yang disebut Times of India juga menunjukkan bahwa minum teh hijau bisa sekaligus mengontrol kadar gula darah dan mengekang nafsu makan.

Konsumsi teh hijau juga dapat merangsang produksi enzim pencernaan yang dapat mendorong pemecahan lemak dan mengurangi rasa tidak nyaman di perut.

Daftar minuman sehat lainnya yang bisa dikonsumsi usai makan daging bisa dilihat pada halaman selanjutnya!



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat