thif-live.com

Sering Minum Kopi? Agar Gigi Tak Kuning Lakukan Tips Mudah Ini

Tips minum kopi tanpa takut gigi kuning
Foto: Getty Images/ChristopherBernard

Jakarta -

Minum kopi bisa memberikan efek samping pada area mulut. Nafas jadi berbau hingga meninggalkan noda kekuningan pada gigi. Ikuti tips ini untuk mencegahnya.

Kopi tidak hanya mengandung kafein, tetapi juga ada tanin. Tanin merupakan senyawa alami yang ditemukan dalam makanan dan minuman seperti teh, kopi, cokelat, dan wine.

Menurut ahli kopi Stewart, tanin itulah yang bisa menodai gigi. Tak hanya itu, sifat asam pada kopi juga bisa mengikis enamel gigi. Sedangkan kandungan kafeinnya bisa mengurangi produksi air liur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, sebenarnya, efek samping dari minum kopi tersebut dapat diatasi dengan beberapa tips dari ahli kopi. Dikutip dari Well and Good (31/06/23) berikut tipsnya:

1. Sikat gigi sebelum minum kopi

5 Manfaat Sehat Jika Rajin Sikat Gigi Sebelum SarapanSikat gigi sebelum minum kopi. Foto: Ilustrasi iStock

Cara termudah untuk mencegah dampak buruk kopi pada kesehatan mulut adalah dengan sikat gigi sebelum minum kopi bukan setelahnya.

ADVERTISEMENT

Meskipun ini terdengar berlawanan dengan kebiasaan kita, tetapi ada penjelasan ilmiahnya. Kopi memiliki sifat asam.

Menyikat gigi setelah makan dan minum apapun yang bersifat asam, maka akan melemahkan enamel gigi. Selain itu, juga bisa menyebabkan noda.

"Jika dilakukan sesekali kemungkinan besar tidak menyebabkan abrasi mikro, tetapi jika dilakukan rutin, ini bisa menyebabkan enamel gigi akan terkikis seiring berjalannya waktu," tutur ahli kopi Stewart.

2. Tunggu 30 menit setelah minum kopi

Meskipun ahli kopi Stewart menyarankan untuk sikat gigi sebelum minum kopi, tetapi ia juga memberikan tips bagi yang ingin sikat gigi setelah minum kopi.

Pasalnya, terkadang banyak orang yang tak nyaman dengan aroma mulut usai minum kopi, sehingga memutuskan untuk sikat gigi. Tipsnya adalah jangan langsung sikat gigi.

Stewart menyarankan untuk menunggu 30 menit setelah minum kopi baru sikat gigi. "Mulut Anda memiliki waktu 30 menit, di mana air liur akan menetralkan keasaman," tutur Stewart.

Tips minum kopi agar gigi tak kuning ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "Kopi Kethip, Kebun Angker yang Disulap Jadi Angkringan"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat