thif-live.com

Cegah Jerawatan Nongol Saat Haid dengan Konsumsi 5 Makanan Enak Ini

Makanan pencegah jerawat hormonal
Foto: Getty Images/Dmytro Buianskyi

Jakarta -

Saat menstruasi biasanya hormon menjadi tak seimbang dan memicu jerawat bermunculan. Agar wajah tetap mulus, konsumsi makanan enak ini.

Bagi wanita ada banyak faktor yang dapat memengaruhi tubuhnya tanpa bisa dikendalikan. Apalagi ketika waktu menstruasi datang di mana hormon mulai tak seimbang.

Mulai dari nyeri-nyeri pada bagian tubuh tertentu hingga jerawat yang mulai bermunculan. Sebenarnya jerawat yang datang ketika menstruasi disebabkan sepenuhnya oleh hormon yang sulit dihindari.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tetapi beberapa ahli menyebut ada beberapa asupan makanan yang dapat mengendalikan hormon dan mencegah jerawat menjadi lebih parah. Menunya enak dan bisa dihidangkan sebagai makanan sehari-hari agar terhindari dari breakout.

Baca juga: Canggih! Nenek Petani Durian Pakai Drone untuk Pantau Kebunnya

ADVERTISEMENT

Berikut ini 5 makanan mencegah jerawat hormonal melansir Byrdie:

Makanan pencegah jerawat hormonalMinyak kelapa memiliki kandungan lemak sehat yang baik untuk keseimbangan hormon. Foto: Getty Images/Dmytro Buianskyi

1. Minyak kelapa

Dibandingkan dengan minyak atau sumber emak lain, minyak kelapa memiliki kandungan lemak yang paling sehat. Bukannya memiliki dampak negatif justru lemak sehat pada minyak kelapa baik untuk kulit, jantung, otak hingga hormon.

Menambahkan minyak kelapa ke dalam berbagai makanan menjelang menstruasi dapat membantu mengendalikan hormon. Hasilnya hormon pemicu jerawat tidak akan berkembang terlalu pesat dan lebih mudah ditangani.

Cara mengonsumsi bisa dengan menambahkan minyak kelapa ke dalam tumisan atau menu lainnya. Selain minyak kelapa makanan yang kaya akan lemak sehat lain misalnya salmon dan alpukat.

2. Brokoli

Beberapa sayuran memiliki bentuk yang unik atau dikenal sebagai sayuran silangan. Sayuran yang dimaksud misalnya brokoli, kembang kol, hingga arugula.

Tidak hanya bentuknya yang unik tetapi sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang spesial. Mengonsumsi brokoli dapat mengendalikan meningkatkan testosteron hingga estrogen dan progesteron yang terjadi pada tubuh wanita menjelang menstruasi.

Hormon tersebut yang kemudian juga berdampak pada munculnya jerawat hormonal. Cara konsumsi dapat diolah menjadi tumisan, sup, dan lauk makanan utama untuk dinikmati sehari-hari.

Pilihan makanan enak untuk cegah jerawat hormonal lainnya ada di halaman berikutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat