thif-live.com

5 Khasiat Sehat Minum Air Kelapa, Sehatkan Tulang dan Cegah Diabetes

5 Khasiat Sehat Minum Air Kelapa, Sehatkan Tulang dan Cegah Diabetes
Foto: Getty Images/Narong KHUEANKAEW

Jakarta -

Sebagai tumbuhan yang subur di Indonesia, ternyata kelapa punya banyak khasiat. Jika rutin mengonsumsi air kelapa dapat memproleh khasiat ini pada tubuh.

Sebagai negara tropis, Indonesia diberkahi dengan kesuburan tanahnya. Salah satunya seperti suburnya pohon kelapa yang banyak ditemukan di pesisir pantai.

Mulai dari daun, dahan, buah, hingga hampir seluruh bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Apalagi buah kelapa memiliki air yang berkhasiat untuk kesehatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada banyak nutrisi dan mineral di dalam air kelapa yang telah terbukti secara klinis. Jika dikonsumsi secara rutin air kelapa dapat membantu menyehatkan tulang hingga mencegah diabetes.

Baca juga: 10 Penyajian Sushi Paling Mahal di Dunia, Mau Cicip?

ADVERTISEMENT

Berikut ini 5 manfaat rutin konsumsi air kelapa menurut Eating Well:

5 Khasiat Sehat Minum Air Kelapa, Sehatkan Tulang dan Cegah DiabetesKonsumsi air kelapa dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang. Foto: Getty Images/Narong KHUEANKAEW

1. Menggantikan elektrolit

Air kelapa bahkan sampai diandalkan oleh ahli gizi atlet untuk sebagai minuman alami untuk dikonsumsi saat berolahraga. Alasannya karena air kelapa memiliki kandungan berbagai elektrolit seperti potasium, sodium, magnesium, dan kalsium.

Mineral-mineral tersebut ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi kontraksi otot, transmisi saraf, hingga mengendalikan keseimbangan cairan di dalam tubuh. Selain itu khasiat konsumsi air kelapa juga dapat membantu mencegah dehidrasi.

Elektrolit yang hilang melalui keringat akan digantikan dengan asupan elektrolit baru dari konsumsi air kelapa. Hannah Van Ark, ahli gizi sekaligus pendiri Plant Forward Nutritionist menyebut gejala dehidrasi seperti muntah dan diare juga bisa ditangani dengan konsumsi air kelapa.

2. Menurunkan tekanan darah

Pada orang dewasa, akibat stres maupun aktivitas fisik yang dilakukan, dapat berdampak pada tekanan darah. Apalagi ketika tekanan darah tinggi dan sulit untuk diatasi.

Salah satu yang berdampak besar meningkatkan tekanan darah juga datang dari asupan sodium atau garam yang berlebih. Konsumsi air kelapa secara rutin dapat membantu menurunkan kadar sodium dan melancarkan aliran darah.

Hannah mengatakan cukup mengonsumsi 1 cangkir atau sekitar 128 mililiter air kelapa setiap hari untuk mengendalikan tekanan darah. Lebih lanjut Hannah juga menyebut jumlahnya mirip dengan mengonsumsi 1 buah pisang berukuran sedang.

Manfaat kesehatan yang lebih lengkap ada di halaman berikutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat