thif-live.com

10 Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan, Bisa untuk Pewarna Makanan Juga!

manfaat dari teh bunga telang
Foto: Getty Images/iStockphoto

Daftar Isi
  • Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan
  • 1. Kaya Akan Antioksidan 2. Meningkatkan Kualitas Penglihatan 3. Menstabilkan Kadar Gula Darah 4. Melindungi Kesehatan Kulit 5. Bantu Memperkuat Rambut 6. Meningkatkan Fungsi Otak 7. Menjaga Kesehatan Jantung 8. Dukung Penurunan Berat Badan 9. Bantu Mengobati Masalah Pencernaan 10. Baik untuk Kesehatan Pernapasan
  • Cara Mengolah Bunga Telang
Jakarta -

Bunga telang atau dikenal dengan Butterfly Pea Flower merupakan tanaman asli Asia. Tanaman ini mudah ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Bunga telang sering dijadikan teh herbal karena diyakini punya berbagai manfaat bagi kesehatan.

Bunga telang memiliki warna biru keunguan yang mencolok. Ketika diseduh, warna yang dihasilkan juga demikian. Sehingga bunga ini juga sering dijadikan pewarna alami untuk makanan. Temukan khasiat bunga telang untuk kesehatan di bawah ini.

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Dilansir situs The Qi dan Healthline, bunga telang berkhasiat untuk mata, kulit, jantung, hingga otak. Berikut penjelasan manfaat bunga telang bagi kesehatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Kaya Akan Antioksidan

Bunga telang kaya akan antosianin, salah satu kelompok antioksidan, yaitu delphinidin. Senyawa ini bertanggung jawab atas warna biru keunguan dari bunga telang. Antioksidan diketahui melindungi dari radikal bebas penyebab stres oksidatif dan pemicu penyakit tertentu.

Lebih khusus pada delphinidin, penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini bisa melindungi dari peroksidasi lipid yakni proses yang merusak membran sel, mendorong penuaan, dan menyebabkan pembentukan karsinogenik malondialdehyde (MDA).

ADVERTISEMENT

2. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Bunga telang memang dikenal bagus untuk kesehatan mata. Antosianinnya terbukti meningkatkan aliran darah ke mata sehingga bisa menjaga mata dari potensi kerusakan.

Senyawa ini juga dapat membantu mengobati glaukoma, kerusakan retina, penglihatan kabur, dan mata lelah.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Gula darah tubuh bisa stabil dengan mengkonsumsi teh bunga telang. Studi menemukan kadar antioksidan meningkat serta kadar gula darah dan insulin menurun pada peserta yang meminum minuman ekstrak bunga telang.

Sifat antioksidan bunga telang juga bermanfaat dalam melindungi dari kerusakan sel dan mengurangi risiko diabetes.

4. Melindungi Kesehatan Kulit

Selain digunakan untuk minuman dan makanan, bunga telang juga punya khasiat bagus bila dipakai secara topikal. Menurut penelitian, hidrasi kulit meningkat hingga 70 persen setelah ekstrak bunga ini diaplikasikan.

Di samping antioksidan, hal ini lantaran bunga telang mengandung polifenol dan flavonoid yang mendorong produksi kolagen serta elastin secara alami.

Bunga ini juga memiliki sifat antiglikasi yang dikenal memperlambat penuaan kulit dan antiinflamasi yang baik dalam mengatasi iritasi kulit, kemerahan, serta alergi.

5. Bantu Memperkuat Rambut

Bukan hanya kulit, bunga telang bagus untuk kesehatan rambut. Lagi-lagi, antosianinnya bantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Dengan begitu, folikel rambut akan menguat, rambut tumbuh subur, hingga mengurangi pertumbuhan uban.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Efek baik bunga telang bagi kesehatan otak berkat senyawa asetilkolinnya. Senyawa ini dapat meningkatkan daya ingat, mencegah kehilangan ingatan, serta bantu relaksasi pikiran sehingga kecemasan, stres, dan depresi bisa berkurang.

Studi menunjukkan teh bunga telang yang diminum dapat mengurangi gejala maag akibat stres dan membantu menjaga fungsi otak.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi teh telang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Menurut penelitian, tekanan darah dapat menurun karena sifat vasorelaksasi yang dikandung bunga ini. Ini bantu melebarkan pembuluh darah agar aliran darah meningkat.

Di sisi lain, bunga telang memiliki efek antitrombotik yang dapat cegah pembentukan bekuan darah, salah satu faktor risiko stroke.

8. Dukung Penurunan Berat Badan

Beberapa studi bahkan menemukan bahwa bunga telang bisa bantu menurunkan berat badan lho.

Minuman ekstrak bunga ini dapat memperlambat pembentukan sel lemak dan senyawa antioksidan yang disebut ternatinnya bisa menghalangi sintesis lemak dalam tubuh.

9. Bantu Mengobati Masalah Pencernaan

Bunga telang memiliki sifat antiinflamasi yang berkhasiat untuk menenangkan otot perut, mengurangi mual, dan gangguan pencernaan.

Selain itu, sifat anthelmintiknya bantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya di dalam sistem pencernaan. Ini juga mendorong aliran empedu dari hati sehingga bertindak sebagai pencahar.

10. Baik untuk Kesehatan Pernapasan

Bunga telang dikenal juga sebagai pengobatan umum bagi penyakit pernapasan. Sifat antiinflamasinya lagi-lagi bantu mengurangi iritasi pada paru-paru dan saluran pernapasan lain.

Sifat antiinflamasinya pula sangat baik untuk meredakan pilek dan batuk. Studi menemukan, bunga telang dianggap bisa menjadi alternatif terapi untuk mengobati asma dan alergi.

Cara Mengolah Bunga Telang

Dengan sederet khasiatnya, akan sangat disayangkan jika bunga telang tidak dimanfaatkan. Untuk mengambil manfaatnya, bunga ini dapat diolah menjadi teh herbal. Cara mengolahnya pun mudah.

Berikut cara mengolah bunga telah menjadi teh herbal atau teh biru:

  • Siapkan 1 sendok teh (4 gram) bunga telang kering
  • Air panas segelas atau sebanyak 240 ml
  • Rendam bunga telang kering dalam air panas selama 10-15 menit
  • Setelah itu, saring bunga keringnya.

Teh bunga telang kemudian dapat disajikan. Untuk menambah rasanya, madu dan perasan lemon atau jeruk nipis bisa ditambahkan.

Selain itu, air bunga yang berwarna biru keunguan mencolok juga bisa dijadikan pewarna alami untuk mempercantik warna makanan.

Karena khasiatnya juga, ekstrak bunga telang juga sering ditemukan dalam produk kosmetik, seperti hair mist, toner, serta masker wajah.

Nah, itu tadi sederet manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh, mata, hingga kulit dan rambut.



Kreasi IRT Polman dalam Pembuatan Arem-arem Bunga Telang

Kreasi IRT Polman dalam Pembuatan Arem-arem Bunga Telang


(azn/inf)

Terkini Lainnya

  • Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

  • 1. Kaya Akan Antioksidan

  • 2. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

  • 3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

  • 4. Melindungi Kesehatan Kulit

  • 5. Bantu Memperkuat Rambut

  • 6. Meningkatkan Fungsi Otak

  • 7. Menjaga Kesehatan Jantung

  • 8. Dukung Penurunan Berat Badan

  • 9. Bantu Mengobati Masalah Pencernaan

  • 10. Baik untuk Kesehatan Pernapasan

  • Cara Mengolah Bunga Telang

  • Selain Warnanya Cantik, Teh Bunga Telang Juga Berkhaisat untuk Tubuh

Tautan Sahabat