thif-live.com

Susu Almond Belum Tentu Menyehatkan, Ini Kata Ahli Gizi

5 Manfaat Konsumsi Susu Almond, Susu Nabati yang Kaya Nutrisi
Foto: Getty Images/Kritchai Chaibangyang

Jakarta -

Susu almond kini menjadi alternatif populer untuk susu sapi. Apakah beralih sepenuhnya minum susu almond menyehatkan? Begini penjelasan ahli gizi.

Selain susu oat atau gandum, kini banyak orang mengonsumsi susu almond. Alasannya bisa karena untuk kesehatan, lingkungan, atau memang mengalami intoleransi laktosa sehingga tidak bisa minum susu sapi.

Susu almond bahkan sekarang jamak tersedia di kafe dan coffee shop sebagai alternatif susu sapi. Pelanggan bisa mengubah racikan kopi susunya memakai susu almond yang tentunya dengan tambahan harga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari sisi rasa, susu almond juga disukai banyak orang karena menghadirkan rasa gurih khas kacang (nutty) yang khas. Di pasaran, susu ini tersedia dalam pilihan dengan pemanis atau tanpa pemanis.

Apa saja kandungan susu almond?

Mengutip Eat This, Not That! (12/6/2024), kandungan susu almond dan fakta nutrisinya bisa bervariasi, bergantung merek dan jenis yang dibeli di pasaran.

ADVERTISEMENT

Dalam bentuk paling murninya, susu almond hanya mengandung air dan almond. Tidak ada tambahan gula, bahan pengisi, atau bahan lain yang meragukan.

Kelemahannya, susu almond tidak mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin D, E, A, dan kalsium, yang sering ditemukan dalam produk susu lainnya.

Namun tak ada salahnya minum susu almond murni yang hanya mengandung sari almond dan air. Ahli gizi Elizabeth Shaw mengaku sering merekomendasikan susu almond untuk kliennya yang mencari susu rendah kalori untuk dicampur ke smoothies atau kopi.

Perlu diingat susu almond tidak setara dengan susu sapi atau susu nabati lainnya, seperti susu kedelai, dalam hal protein dan kandungan nutrisi secara keseluruhan.

Profil nutrisi susu almond

Ilustrasi Susu AlmondFoto: Getty Images/iStockphoto/sutlafk

Dalam tiap 1 cup (236 ml) susu almond, mengandung sekitar:Kalori: 40
Lemak: 2.5 gram (lemak jenuh: 0.2 gram)
Sodium: 190 mg
Karbohidrat 3.4 gram (serat: 0.5 gram, gula: 2 gram)
Protein: 1 gram

Susu almond murni dibuat dengan cara merendam almond dalam air, mencampurnya, lalu mengalirkan cairan melalui kain tipis untuk membuang bagian yang lebih kental. Proses ini menghasilkan konsistensi sari almond yang encer dan lembut, seperti susu sapi.

Susu almond di pasaran bisa mengandung nutrisi lain jika produsen memfortifikasi produk mereka. Misalnya campuran vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Namun, meskipun fortifikasi susu almond umum dilakukan untuk menambahkan vitamin dan mineral, cara ini tetap tidak bisa membuat kandungan protein dalam susu almond setara dengan susu sapi atau susu kedelai.

Jika ingin menjadikan susu almond bagian dari pola makan bergizi seimbang, maka seseorang harus memperhatikan asupan gizinya secara keseluruhan. Susu almond tidak bisa diandalkan sendirian sebagai sumber protein, vitamin, maupun mineral.

Minum susu almond punya manfaat sehat. Baca halaman selanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat