thif-live.com

5 Makanan Murah Meriah yang Ampuh Cegah Dehidrasi

5 Makanan Murah Meriah yang Ampuh Cegah Dehidrasi
Foto: Getty Images/rebeccafondren

Jakarta -

Cuaca panas terik akhir-akhr ini bisa membuat tubuh cepat kekurangan cairan. Agar tak alami dehidrasi konsumsi lima makanan murah meriah ini.

Jika sering beraktivitas di luar ruangan, sorotan panasnya akan terasa begitu terik. Udara panas akan membuat tubuh cepat leleh dan kekurangan cairan tubuh.

Saat inilah kebutuhan hidrasi tubuh harus diperhatikan agar tidak menimbulkan gejala dehidrasi. Cara menghidrasi tubuh tidak hanya bisa dilakukan dengan banyak minum, tetapi juga mengonsumsi makanan yang tepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada beberapa makanan yang kaya kandungan airnya cocok untuk dikonsumsi guna mencegah dehidrasi. Beberapa yang direkomendasikan oleh ahli gizi ini juga murah meriah dan mudah didapat.

Baca juga: Nyeleneh! Es Krim Bawang Bombay Viral Ini Ramai Dihujat

ADVERTISEMENT

Berikut ini 5 makanan murah meriah yang ampuh cegah dehidrasi dilansir dari Health:

5 Makanan Murah Meriah yang Ampuh Cegah DehidrasiTimun mengandung 95% air dari berat totalnya. Foto: Getty Images/rebeccafondren

1. Timun

Bukan rahasia lagi jika timun menjadi salah satu makanan yang kaya akan kandungan airnya. Dalam sebuah timun dapat memberikan asupan air sebanyak 95% dari berat totalnya.

Sementara itu kadar kalori dalam timun juga sangat rendah sehingga tidak perlu dikhawatirkan bagi pelaku diet sehat. Ahli gizi menyarankan setidaknya konsumsi sebanyak 280 gram timun jika ingin terhindar dari dehidrasi.

Ketika menikmati timun yang segar tubuh tak hanya menerima asupan air tetapi juga vitamin K yang kadarnya mencakup 40% dari kebutuhan harian. Di Indonesia sendiri timun banyak disajikan sebagai pelengkap makanan seperti lalapan.

2. Seledri

Renyah dan menyegarkan, begitu penjelasan yang cocok untuk seledri. Seledri awamnya digunakan hanya bagian daunnya saja untuk dimanfaatkan sebagai garnish atau penghias makanan.

Padahal batang seledri memiliki kandungan serat dan air yang sangat tinggi. Konsumsi seledri bersamaan dengan batangnya dapat memberikan asupan antioksidan yang kuat sekaligus kandungan air yang melimpah.

Nutrisi seledri yang kaya juga disarankan oleh para ahli gizi dan dokter untuk dikonsumsi sebagai terapi alami. Seledri terbukti dapat mengatasi gejala gangguan jantung hingga diabetes.

Makanan yang tak kalah menyegarkan lainnya ada di halaman berikutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat