thif-live.com

Minum Teh Earl Grey Ternyata Bisa Bikin Mabuk, Ini Penjelasannya!

5 Fakta Teh Earl Grey, Teh Ikonik Inggris yang Diracik Orang China
Foto: Getty Images/agaliza

Jakarta -

Pecinta teh mungkin menyukai jenis teh earl grey yang memiliki karakteristik unik. Meskipun enak dan bermanfaat, tetapi terlalu banyak meminumnya bisa sebabkan mabuk.

Earl Grey atau teh bergamot merupakan salah satu jenis teh dengan aroma khas. Teh ini terdiri dari daun teh hitam yang digabung dengan buah pohon citrus bergamia.

Selain profil rasa unik, teh earl grey juga menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Teh ini kaya akan kandungan antioksidan. Konsumsi teh earl grey juga mampu menjaga kesehatan jantung, menambah energi, hingga menjaga kesehatan otak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meskipun di Indonesia belum lama populer, tetapi jenis teh ini sudah disukai sejak lama oleh masyarakat Inggris.

Masyarakat Inggris memang terkenal dengan budaya minum teh mereka. Bahkan, saking sangat dinikmati, orang Inggris bisa menghabiskan 100 juta cangkir teh setiap hari, lapor Asosiasi Teh dan Infus Inggris.

ADVERTISEMENT

Earl grey adalah salah satu jenis teh yang biasa dinikmati sore hari. Melansir mirror.co.uk (23/06/2024), diperkirakan seorang ahli teh mandarin China meracik teh earl grey pertama sebagai hadiah untuk Charles Grey, Earl of Grey ke-2 dan Perdana Menteri Inggris dari tahun 1830 hingga 1834.

Begini unggahan sebuah akun di X terkait teh earl greyBegini unggahan sebuah akun di X terkait teh earl grey Foto: X @qikipedia

Namun, tahukah kamu bahwa minum teh earl grey bisa membuat seseorang mabuk? Unggahan akun @qikipedia di X, sebuah akun untuk acara BBC Qi baru-baru ini pun menulis cuitan mengejutkan terkait teh earl grey.

Mereka mengungkap jika minum lebih dari 16 cangkir atau setara dengan 14 liter teh earl grey dalam sehari, bisa menyebabkan kram otot dan penglihatan kabur. Kondisi ini dikenal sebagai 'Earl Grey Intoxication."

Menurut WebMD, keracunan ini kemungkinan besar berasal dari bergamot dalam teh earl grey yang dapat mengganggu saluran kalium, dan menyebabkan sel-sel bereaksi berlebihan terhadap rangsangan. Akhirnya mengakibatkan kejang dan kram otot.

Di dalam teh juga terkandung kafein dalam jumlah besar. Kafein tersebut dapat meningkatkan kecemasan, menyebabkan seseorang kurang tidur dan menjadi penyebab umum depresi.

5 Fakta Teh Earl Grey, Teh Ikonik Inggris yang Diracik Orang ChinaJika dikonsumsi dalam jumlah banyak. teh ini bisa memabukkan. Foto: Getty Images/agaliza

Unggahan informasi ini pun menarik perhatian banyak orang. Pencinta teh meramaikan kolom komentar dengan melontarkan berbagai macam pemikiran.

Seorang netizen mengungkap dirinya memang suka minum teh saat cuaca panas, tetapi menurutnya minum 16 cangkir sangat gila.

Adapun netizen lain yang merasa sangat suka dengan informasi tersebut.

Ia mengungkap, "Pengingat yang bagus bahwa arti harfiah 'mabuk' bukanlah 'mabuk' tetapi karena ada racun telah masuk ke tubuh."

Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi earl grey dengan takaran yang tidak berlebihan.



3 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta yang Buka 24 Jam

3 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta yang Buka 24 Jam


(aqr/adr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat